Follow Us

Bukannya Bikin Sejahtera, Ladang Minyak di Negara Miskin Justru Jadi Kutukan, Lembaga Timor Leste Ini Ungkap Fakta Mengejutkan, 'Lebih Baik Tidak Pernah Ditemukan'

Afif Khoirul M - Selasa, 13 Oktober 2020 | 19:35
Minyak bumi hanya jadi kutukan bagi negara miskin.
Kolase/Kontan

Minyak bumi hanya jadi kutukan bagi negara miskin.

Sosok.ID - Bagi Timor Leste minyak merupakan aset yang sangat berharga karena menjadi satu-satunya penopang ekonomi negara tersebut.

Di seluruh dunia, dan banyak negara, termasuk Timor Leste, minyak dan gas memberikan kekayaan luar biasa bagi sebagian warga negaranya.

Tetapi banyak negara dengan kekayaan minyak berlimpah, justru mengalami kerugian daripada keuntungan.

Ini berlaku bagi negara yang tidak memiliki pemerintahan yang mapan, tradisi demokrasi yang usang, dan dasar ekonomi yang rapuh.

Baca Juga: Irit Bicara Sejak Jadi Menhan, Prabowo Sebut Ada Bahaya dari 'Orang Dalam': Jadi Salah Kalau Menhan Harus Banyak Bicara

Mengutip lembaga penelitian Timor Leste La'o Hamutuk, banyak orang seluruh dunia, seperti Venezuela, hingga Nigeria atau mungkin Timor Leste, sebaiknya tidak pernah menemukan minyak.

Minyak di negara miskin, lebih sering tidak menguntungkan sebagian besar rakyatnya sendiri.

Uang yang dihasilkan hanya akan diembat beberapa orang, dan mengarah pada kebijakan yang salah atau tidak berkelanjutan.

Industri inyak dapat merusak lingkungan, dan seringkali berakhir pada pelanggaran HAM, dan ini terjadi pada banyak cara.

Halaman Selanjutnya...............

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest