Follow Us

Bella Galhos, Pemberontak Timor Leste yang Lolos dari Maut Ketika Invasi Indonesia, Berhasil Jadi Agen Ganda Menyusup sebagai Tentara Indonesia

Khaerunisa - Senin, 12 Oktober 2020 | 05:35
(ilustrasi) Invasi Timor Leste atau Timor Timur oleh Indonesia
Tribunnews

(ilustrasi) Invasi Timor Leste atau Timor Timur oleh Indonesia

Sosok.ID - Selama 24 tahun, Timor Leste menjadi bagian wilayah Indonesia setelah invasi oleh tentara Indonesia dilakukan terhadap Bumi Lorosae.

Selama periode pendudukan Indonesia, yaitu tahun 1975 hingga 1999 itu pula masih terjadi pertumpahan darah, karena perlawanan rakyat Timor Leste pro kemerdekaan terus dilakukan.

Dalam masa-masa itu, warga Timor Leste pun berada di tengah perang yang mengerikan.

Sebuah kisah kelam dimiliki Bella Galhos, pemberontak Timor Leste yang berhasil lolos dari maut ketika kampung halamannya diinvasi Indonesia.

Baca Juga: Bak Diperkosa Negara-Negara Besar, Arsip Rahasia Inggris Ini Bocorkan Negara-negara yang Terlibat Dalam Penghancuran Timor Leste, Australia yang Bertingkah Sok Pahlawan Aslinya Sama Saja

Bella Galhos memiliki kisah yang tak biasa. Ia rupanya berhasil selamat dengan menyusup sebagai tentara Indonesia.

Ia melarikan diri dari Timor Leste dan menyebarkan cerita tentang apa yang terjadi di kampung halamannya.

Galhos menganggap dirinya beruntung, ia mengungkapkan ada banyak orang Timor Leste yang tidak bisa berbicara tentang apa yang dialaminya.

Juli 1999, kepada The Japan Times, Bella Galhos mengungkapkan 'ucapan selamat tingga'nya pada kehidupan berbahaya yang dijalaninya.

HALAMAN SELANJUTNYA>>>

Editor : Intisari Online

Latest