Follow Us

Video Bentrokan Tentara China vs India yang Diduga Terjadi di Lembah Galwan Mendadak Viral di Media Sosial, Ahli Sebut Beijing Sengaja Sebar Rekaman Insiden Pertempuran Sengit untuk Kepentingan Ini

Dwi Nur Mashitoh - Kamis, 10 September 2020 | 17:00
Video pertempuran sengit tentara India vs China mendadak viral, ahli sebut Beijing sengaja sebar rekaman itu untuk suatu hal.
Weibo via South China Morning Post

Video pertempuran sengit tentara India vs China mendadak viral, ahli sebut Beijing sengaja sebar rekaman itu untuk suatu hal.

Sosok.ID - Belakangan video pertempuran sengit antara tentara India vs China menjadi viral di media sosial Tiongkok.

Video viral itu menunjukkan masing-masing pasukan saling menyerang di dekat sungai yang tampaknya merupakan perbatasan yang tengah disengketakan kedua negara itu.

Sebelumnya, bentrokan terjadi di Lembah Galwan di wilayah Ladakh, India yang menewaskan seditikitnya 20 tentara Negeri Bollywood.

Namun Beijing menolak mengatakan berapa banyak pasukannya yang tewas dalam insiden tersebut.

Baca Juga: China dan India Kini Saling Tuding Soal Penyebab Bentrokan Berdarah di Perbatasan Himalaya, Masing-masing Ngotot Tuduh Lawannya Telah Kobarkan Api Perang

Dilansir Sosok.ID dari South China Morning Post, sumber militer China mengatakan video yang pertama kali beredar di dunia maya pada Selasa malam itu asli dan diambil "beberaa bulan lalu".

Sumber yang enggan menyebutkan namanya itu mengatakan dalam rekaman para pasukan terlihat menahan diri, dengan tidak menggunakan senjata api.

Dalam rekaman nampak tentara China bersenjatakan perisai anti huru hara dan tongkat.

Beberapa tentara India membawa senapan api di punggungnya tapi tidak melepaskan tembakan.

Baca Juga: Bersikukuh Tak Bakal Perang dengan India karena Bentrokan Berdarah di Galwan, Tapi Mengapa China Siagakan 2 Senjata Nuklir di Perbatasan Himalaya?

Tanda air dalam video yang telah ditonton jutaan kali menunjukkan bahwa insiden itu direkam menggunakan ponsel buatan China.

Menurut seorang analis militer, yang juga enggan menyebutkan namanya, bentrokan yang terekam dalam video itu mungkin bukan insiden yang terjadi pada 15 Juni lalu, melainkan peristiwa sebelumnya yang terjadi di sepanjang Sungai Galwan pada bulan Mei.

Source : South China Morning Post

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest