Follow Us

Bersikukuh Tak Bakal Perang dengan India karena Bentrokan Berdarah di Galwan, Tapi Mengapa China Siagakan 2 Senjata Nuklir di Perbatasan Himalaya?

Dwi Nur Mashitoh - Kamis, 18 Juni 2020 | 14:35
Sebuah foto yang memperlihatkan pasukan PLA setelah konon menjatuhkan beberapa tentara India dalam pertempuran jarak dekat di daerah perbatasan Danau Pangong dengan India, diedarkan di antara situs web militer Cina pada hari Minggu.
SCMP

Sebuah foto yang memperlihatkan pasukan PLA setelah konon menjatuhkan beberapa tentara India dalam pertempuran jarak dekat di daerah perbatasan Danau Pangong dengan India, diedarkan di antara situs web militer Cina pada hari Minggu.

Sosok.ID - China menegaskan tak akan berperang dengan India akibat insiden bentrokan berdarah di Himalaya.

Tetapi, China juga tak bakal mundur dari lokasi bentrok yang berada di perbatasan kedua negara itu.

Malahan, melansir dari The Sun, China telah menyiagakan dua senjata nuklir di lokasi bentrok yang menewasakan 20 prajurit India itu.

The Global Times, surat kabar Partai Komunis yang berkuasa dan memiliki sirkulasi 1,5 juta, menerbitkan editorial yang berapi-api dan menyalahkan India.

Baca Juga: Ditutupi karena Xi Jinping Malu, Intelijen AS malah Beberkan 'Kekalahan' PLA dalam Eskalasi Galwan, Korban Tewas Militer China Lebih Dari Tentara India

Hal itu seolah menegaskan bahwa Beijing tak akan mundur dari konfrontasi dan mengatakan "kesenjangan antara kekuatan China dan India sudah jelas".

Surat kabar yang berjuluk corong tanpa filter dari para penguasa China itu menyalahkan "kesombongan dan kecerobohan India" atas ketegangan yang baru saja terjadi.

Ditambahkan, China juga tidak akan "tunduk pada ancaman dari New Delhi" atas sengketa perbatasan yang berujung kematian prajurit pada Senin (15/6/2020) lalu.

"China tidak ingin mengubah masalah perbatasan dengan India menjadi konfrontasi. Ini adalah itikad baik dan pengekangan dari Cina," kata laporan dalam surat kabar itu.

Baca Juga: Kobarkan Semangat Pertempuran! India Meradang 20 Tentaranya Tewas di Tangan Militer China

"Tapi China yakin dengan situasi di perbatasan. Bukan hanya tidak akan menimbulkan konflik tetapi juga tidak ada konflik."

Peringatan keras datang ketika India dilaporkan telah menyiagakan kapal perang dan jet tempurnya di tengah pertikaian.

Source : The Sun

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest