Follow Us

Kalah Telak dari China, Timor Leste Terang-terangan Pilih Berpaling Ke China untuk Garap Mega Proyek Ini, Media Australia Ungkit Bantuan Mereka Lebih Banyak Ketimbang China

Afif Khoirul M - Kamis, 10 September 2020 | 17:35
Bendera Timor Leste
Grid.id

Bendera Timor Leste

Sosojk.ID - Seperti yang banyak diketahui, Timor Leste mungkin memiliki hubungan spesial dengan Australia, semenjak melepaskan diri dari Indonesia.

Timor Leste kerap sekali mendapat banyak bantuan dari negeri Kangguru, dan menjalin kerja sama antara dua negara tersebut.

Akan tetapi semenjak Australia terungkap hanya memanfaatkan Timor Leste, negara itu mulai berpaling dari Australia dan mencari bantuan sang naga.

Media Australia The Sydney Morning Herald juga terus menyoroti mesranya hubungan Timor Leste China yang kian berkembang.

Baca Juga: Pantas Saja Israel Kekeh Larang AS Jual Jet Tempur F-35 ke UEA, Rupanya Hal Itu Bisa Bikin Posisi Israel dalam Bahaya

Tahun lalu alat berat China bernilai jutaan dollar dan setidaknya 20 pekerja China terlihat melaksanakan proyek infrastruktur di Timor Leste.

The Sydney Morning Herald dan The Age, mengunjungi dua dari lima kamp yang menampung setidaknya 500 pekerja Tiongkok dan 1000 penduduk setempat selama tahap pertama.

Tahap itu merupakan bagian dari pebangunan jalan tol empat jalur, yang membentang sepanjang 165 kilometer dari Suai ke Beaco.

Jalan Tol itu konon katanya, adalah bagian dari proyek Tasi Mane, megaproyek pembangunan di Bumi Lorosae.

Baca Selengkapnya

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest