Follow Us

Keras, Amerika Bakal Tutup Semua Pusat Budaya di Negaranya yang Lekat dengan China

Seto Ajinugroho - Jumat, 04 September 2020 | 06:13
Keras, Amerika Bakal Tutup Semua Pusat Budaya di Negaranya yang Lekat dengan China
China Daily

Keras, Amerika Bakal Tutup Semua Pusat Budaya di Negaranya yang Lekat dengan China

Sosok.ID - Rupanya negara Amerika Serikat (AS) benar-benar melawan China habis-habisan.

Kali ini pemerintah AS akan menutup pusat budaya di negaranya yang lekat dengan China.

Tentu langkah ini menimbulkan pro-kontra bagi masyarakat AS.

Semua ini berawal dari ketegangan kedua negara.

Baca Juga: Tak Manusiawi, Viral Pejabat China Gunakan Punggung Warga Lokal Kiribati Untuk Turun dari Pesawat, Begini Penjelasannya!

Ketegangan hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan China masih berlanjut. Amerika Serikat ( AS) berencana akan menutup semua pusat budaya Institut Konfusius China di semua universitas AS, pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo pada Selasa (2/9/2020) kepada Lou Dobbs di acara Fox Business Network, menurut laporan dari Reuters pada hari yang sama.

"Saya pikir semua orang datang akan mendapati risiko yang dikaitkan dengan mereka (institut konfisius China)," kata Pompeo.

Politisi Partai Republik ini menuduh lembaga yang didanai pemerintah China, seperti Institut Konfusius China, bekerja untuk merekrut "mata-mata dan kolaborator" di perguruan tinggi AS.

Baca Juga: Disebut-sebut Dijatuhi Talak Oleh Suaminya di Hari ke- 47 Pernikahannya, Psikolog Ini Sempat Lihat Kondisi Istri Rizki D'Academy: Masih Ada Masalah...

"Saya pikir lembaga-lembaga ini dapat melihat itu (potensi perekrutan), dan saya berharap kita akan menutup semuanya sebelum akhir tahun ini," ucapnya.

Bulan lalu, Pompeo melabeli lembaga pusat yang mengelola Institut Konfusius di AS sebagai "entitas yang meningkatkan propaganda global dan pengaruh jahat Beijing", serta mengharuskannya mendaftar sebagai misi asing.

Source : kontan

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest