Follow Us

Amerika Bakal Sebar Militernya ke Asia Tenggara untuk Bendung Manuver China

Seto Ajinugroho - Kamis, 03 September 2020 | 15:13
US Navy Kembali Kerahkan Carrier Battle Group untuk Tantang Perang China di Pasifik
defensenews

US Navy Kembali Kerahkan Carrier Battle Group untuk Tantang Perang China di Pasifik

Sosok.ID - Manuver militer China saat ini sudah membuat Amerika Serikat (AS) khawatir.

Pasalnya AS hanya menumpuk kekuatan mereka di Asia Timur.

Pasukan AS saat ini terkonsentrasi di Asia Timur Laut.

Karena itu, negeri Paman Sam ingin menyebar posisinya, merespons tantangan keamanan yang berkembang, termasuk dari China.

Baca Juga: Tak Manusiawi, Viral Pejabat China Gunakan Punggung Warga Lokal Kiribati Untuk Turun dari Pesawat, Begini Penjelasannya!

"Kami sangat terkonsentrasi di Asia Timur Laut," kata David Helvey, Asisten Menteri Pertahanan AS untuk urusan Indo-Pasifik, seperti dilansir Yonhap, mengutip situs Departemen Pertahanan AS pada Senin (1/9).

"Mungkin, masa depan akan lebih sedikit tentang pangkalan dan lebih banyak tentang tempat, mampu beroperasi di berbagai lokasi, yang memberi kami fleksibilitas dan kelincahan untuk menanggapi berbagai ancaman dan tantangan yang berbeda," ungkap dia.

Komentarnya muncul ketika AS mendorong "fleksibilitas strategis" yang lebih besar untuk pasukannya yang ditempatkan di seluruh dunia. Ini di tengah spekulasi Washington bisa mempertimbangkan untuk menarik beberapa pasukannya keluar dari Korea Selatan.

Baca Juga: Disebut-sebut Dijatuhi Talak Oleh Suaminya di Hari ke- 47 Pernikahannya, Psikolog Ini Sempat Lihat Kondisi Istri Rizki D'Academy: Masih Ada Masalah...

Menteri Pertahanan AS Mark Esper sebelumnya mengatakan, dia ingin lebih banyak menempatkan pasukan di berbagai tempat. Sebab, itu memberi AS fleksibilitas strategis yang lebih besar dalam menanggapi tantangan di seluruh dunia.

Hubungan dengan China

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest