Follow Us

Perbatasan China-India Makin Membara, China Kerahkan Jet Tempur J-20 Sedangkan India Kerahkan Rafale, Mana yang Bakal Menang?

Tatik Ariyani - Kamis, 20 Agustus 2020 | 13:35
Ilustrasi jet tempur J-20 China
Tangkapan layar SCMP

Ilustrasi jet tempur J-20 China

Sosok.ID - Ketegangan China dan India tetap tinggi di daerah perbatasan sejak Juni, ketika pasukan kedua negara melakukan bentrokan perbatasan terburuk dalam beberapa dekade di dekat Lembah Galwan antara Aksai Chin dan Ladakh.

Meski kedua negara sempat mencari upaya untuk meredakan ketegangan, namun semuanya gagal.

Ketegangan malah semakin meningkat, apalagi China yang berambisi untu menegaskan kekuatannya dengan menyebarkan video latihan tempur dengan peralatan tempur canggih di daerah perbatasan.

Namun, tidak jelas kapan dan di mana latihan itu terjadi.

Baca Juga: Menyusul UEA yang Sudi Khianati Palestina dan Berdamai dengan Israel, Ini 5 Negara yang Disebut Bakal Ikut Berdamai Juga, Salah Satunya Menggiurkan!

China dan India juga dilaporkan telah mengirim jet tempur paling canggih mereka ke pangkalan udara di dekat wilayah perbatasan yang disengketakan di Himalaya, mengutip SCMP, Rabu (19/8/2020).

Itu adalah tempat di mana perselisihan kedua negara terus berlanjut.

Menurut laporan Forbes pada hari Senin yang mengutip citra satelit komersial, dua jet tempur siluman J-20 China telah muncul di pangkalan udara Hotan di wilayah Xinjiang barat jauh.

Pangkalan udara tersebut adalah yang terdekat di China - sekitar 320 km - ke wilayah Aksai Chin yang disengketakan.

Halaman selanjutnya...

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest