Follow Us

Penuh Tipu Muslihat, Inilah Maksud Terselubung Menlu China Kunjungi Perbatasan India-China di Tibet Menurut Pengamat

Tatik Ariyani - Senin, 17 Agustus 2020 | 17:35
(ilustrasi) Dataran Tinggi Tibet
Pixabay

(ilustrasi) Dataran Tinggi Tibet

Sosok.ID - Meski telah berlangsung selama tiga bulan, konflik perbatasan China-India belum menemui jalan penyelesaian.

Negosiasi diplomatik dan lima putaran pembicaraan militer telah gagal untuk memecahkan kebuntuan atas sengketa perbatasan yang telah berlangsung lama.

Bahkan konflik telah berkembang menjadi perselisihan yang luas dan semakin pahit mengenai perdagangan, teknologi, investasi, dan geopolitik.

Namun, di tengah pertikaian tersebut, Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan kunjungan langka ke Tibet pada hari Jumat.

Baca Juga: Super Tegang, Targetkan Wilayah Kerajaan Arab Saudi, Koalisi Arab Tembak Jatuh 2 Rudal Balistik dan Pesawat Tak Berawak, 'Kami Mengutuk Keras Kejadian Ini!'

Melansir South China Morning Post, Minggu (16/8/2020), rangkaian kunjungan itu termasuk perjalanan ke perbatasan yang disengketakan dengan India.

Meskipun pernyataan singkat yang dikeluarkan oleh kementerian luar negeri pada hari Sabtu tidak menyebutkan India, perjalanan perbatasan Wang digambarkan oleh pengamat China sebagai isyarat yang tidak biasa dan simbolis.

Wang, yang merupakan perwakilan khusus China dalam pembicaraan perbatasan dengan India, mengatakan keamanan dan stabilitas Tibet sangat penting bagi pembangunan China secara keseluruhan, menurut pernyataan kementerian luar negeri.

Ia juga mendesak para diplomat untuk bekerja dengan pejabat lokal untuk melindungi keamanan nasional dalam menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia pasca-virus corona.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest