Follow Us

Mesin Perang China Sasar Pasar Eropa, Serbia Kini Jadi Pelanggan Utama Senjata Buatan Beijing

Seto Ajinugroho - Selasa, 04 Agustus 2020 | 20:13
Mesin Perang China Sasar Pasar Eropa, Serbia Kini Jadi Pelanggan Utama Beijing
Xinhua/Li Gang

Mesin Perang China Sasar Pasar Eropa, Serbia Kini Jadi Pelanggan Utama Beijing

Sosok.ID - Sudah berkali-kali dibahas jika militer China kuat karena indutsri pertahanan mereka yang bisa memproduksi segala kebutuhan tentaranya secara mandiri.

Jika ditilik sekarang, China hanya akan membeli senjata dari negara luar di sektor tertentu.

Hampir 90 persen semua senjata militer China diproduksi di dalam negeri.

Sisanya beli namun dengan proses alih teknologi agar bisa dijiplak dan selanjutnya buat sendiri.

Baca Juga: Jumawa Lawan Negara dengan Militer Pas-pasan, China Beri Opsi Bunuh Diri pada India atas Konflik di Perbatasan, Nasib Negeri Bollywood di Ambang Kekalahan

Serbia membeli sistem pertahanan rudal darat-ke-udara jarak menengah generasi baru dari China, tanda baru yang memperdalam kerjasama antara Beijing dan Beograd.

Pembelian sistem pertahanan rudal FK-3 dari China termasuk dalam laporan tahunan perusahaan senjata milik Pemerintah Serbia, Jugoimport SDPR, yang diajukan ke Badan Registrasi Bisnis pekan lalu dan dilihat oleh Reuters.

Jugoimport SDPR mengatakan, pihaknya membuat 163 kesepakatan impor dengan 31 negara dengan total nilai US$ 620,3 juta pada 2019. Pembelian senjata termasuk drone bersenjata dari China dan pembelian pertama yang diketahui di Eropa untuk FK-3.

"Bagian terbesar dari impor terkait dengan modernisasi pesawat MIG-29, pengadaan sistem drone, (dan) sistem pertahanan udara FK-3," kata Jugoimport SDPR seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Ogah Salah Pilih Mertua, Kekayaan Ibu Nagita Slavina Tak Bisa Diragukan, Raffi Ahmad Merengek Pinjam Rumah 3 Lantai Lengkap dengan Lift dan Basement

China memandang Serbia sebagai bagian dari inisiatif One Belt, One Road, yang bertujuan membuka hubungan perdagangan luar negeri baru untuk perusahaan-perusahaan negeri tembok raksasa.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest