Follow Us

Babak Baru Konfrontasi Amerika - China, Sungai Mekong Jadi Arena Baku Hantam Selanjutnya

Seto Ajinugroho - Sabtu, 25 Juli 2020 | 21:13
Babak Baru Konfrontasi Amerika - China, Sungai Mekong Jadi Arena Baku Hantam Selanjutnya
China MILITARY

Babak Baru Konfrontasi Amerika - China, Sungai Mekong Jadi Arena Baku Hantam Selanjutnya

Sosok.ID - Nampaknya Perang Dunia III sedang 'dirancang' Amerika Serikat (AS) dan China.

Dimana-mana di segala lini, Beijing-Washington saling sikut.

Jika sampai bentrokan bersenjata terjadi maka akan banyak negara terseret kedalam ranah pertempuran.

Kini sungai Mekong jadi arena baru keduanya.

Baca Juga: Dibagi Link Biru dari Saudara, Pria Ini Syok Temukan Tunangannya sedang 'Icikiwir' dengan Cowok Lain, Pamitnya Belajar malah Part Time Bintang Film Dewasa

Setelah Hong Kong dan Laut China Selatan, Sungai Mekong bakal menjadi arena baru dalam persaingan antara Amerika Serikat (AS) dengan China.

Para aktivis lingkungan dan sejumlah pejabat mengatakan, China menyalip AS dalam pengeluaran dan pengaruhnya terhadap negara-negara hilir berkat kekuasaannya atas perairan Sungai Mekong.

Reuters melaporkan, ini adalah konfrontasi di mana pemerintahan Donald Trump yang mempertahankan dana untuk program lingkungan dan pengembangan saat era Barack Obama di hulu Mekong Bawah, mulai kehilangan arah.

Konflik kedua negara baru-baru ini pindah ke ranah sains. Pemerintah AS dan China masing-masing menggembar-gemborkan laporan yang berbeda tentang apakah 11 bendungan China di sungai merugikan negara-negara di hilir.

Baca Juga: Niatnya Hanya Cari Bocah 2 Tahun yang Hilang di Pasar, Polisi Justru Temukan Markas Penculik Tempat 23 Anak Dijadikan Budak oleh Tiga Wanita

Bendungan-bendungan China telah memberinya kendali luas atas perairan yang mengalir ke Laos, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan Vietnam, yang telah lama bergantung pada sungai untuk pertanian, perikanan, dan semakin banyak untuk tenaga air di Laos.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest