Follow Us

Baru Kemarin Sepakat Gencatan Senjata, China Balik Gemakan Klaim Atas Lembah Galwan, India Sebut Tuntutan Tiongkok Tak Berdasar

Tata Lugas Nastiti - Kamis, 25 Juni 2020 | 12:13
Pasukan India dan China
https://www.afternoonvoice.com/

Pasukan India dan China

Sosok.ID - Akhir-akhir ini ketegangan antara India dengan China menyedot perhatian dunia internasiaonal.

Perseteruan antara India dan China ini ditengarai oleh konflik antar pasukan militer di perbatasan wilayah.

Akibatnya, konflik itu memakan korban dari masing-masing prajurit.

Baca Juga: Tabrakan Kapal Penghancur USS Decatur dan Lanzhou di Laut China Selatan Diklaim adalah Sebuah Kesengajaan, Ahli Beri Peringatan Keras, Sebut Ketegangan AS-Tiongkok Semakin Memuncak

Bahkan, konflik itu digadang-gadang akan memicu perang nuklir di antara kedua negara.

Namun, kini potensi pecah perang itu telah berakhir, karena India dan China telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata.

Melansir dari The Sun, komandan militer dari masing-masing pihak telah menarik pasukannya dari wilayah Ladakh di Himalaya Barat.

Baca Juga: Perkara Rubah Nama Pulau Bikin Sensitif, China Disebut Berniat Kirim Serangan Besar-besaran ke Jepang Hingga Sepakat Bersekutu dengan Taiwan

Setelah sebelumnya, 500 tentara berkelahi dalam pertempuran teritorial yang sengit.

Kendati demikian, belum ada seminggu sepakat lakukan gencatan senjata, China kembali gemakan klaim atas wilayah Lembah Galwan.

Saat para diplomat India dan China sepakat untuk mengimplementasikan pemahaman tentang meredakan ketegangan di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) di Ladakh, Kementerian Pertahanan Tiongkok menggemakan klaim Beijing atas Lembah Galwan.

"China memiliki kedaulatan atas wilayah Lembah Galwan dan pasukan perbatasan China telah berpatroli dan bertugas di wilayah ini selama bertahun-tahun," katanya seperti yang dikutip The Indian Express.

Source : Kontan

Editor : Sosok

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest