Follow Us

Bentrokan India-China di Perbatasan Berpotensi Jadi Awal Peperangan Besar Asia Timur Raya Jilid II

Seto Ajinugroho - Selasa, 23 Juni 2020 | 12:42
Bentrokan India-China di Perbatasan Berpotensi Jadi Awal Peperangan Besar Asia Timur Raya Jilid II
Xinhua

Bentrokan India-China di Perbatasan Berpotensi Jadi Awal Peperangan Besar Asia Timur Raya Jilid II

Sosok.ID - Ketika Kekaisaran Jepang menyulut perang dengan Amerika Serikat (AS) tahun 1945, tak ada yang menyangka banyak negara di Asia yang kena getahnya.

Bahkan Papua Nugini yang tak ada urusannya pun dengan perang yang dijuluki Asia Timur Raya itu malah jadi arena laga kedua pihak.

Kali ini potensi peperangan besar bisa terjadi lagi dengan China sebagai aktor utamanya menggantikan Kekaisaran Jepang masa lalu.

Pakar politik internasional menilai, pertempuran yang terjadi antara India dengan China di perbatasan pada pekan lalu bisa merembet ke Laut China Selatan.

Baca Juga: Sedih Anaknya Sudah Lama Tak Mabuk, Seorang Ibu Bawakan Lem untuk Diisap di Dalam Sel, Polisi: Alasannya Kasihan

Menurut Profesor Kent E. Calder, Direktur Pusat Studi Asia Timur Reischauer di SAIS, bentrokan perbatasan India-China dapat memberikan konsekuensi global yang lebih luas serta memperburuk hubungan AS-China.

Mengutip The Sunday Guardian, Calder mengatakan bahwa pakar dunia prihatin tentang potensi konflik antara dua negara raksasa bersenjata nuklir (India dan China). Akan tetapi, mereka menilai prospek untuk peningkatan eskalasi lebih lanjut antar keduanya sangat rendah.

Calder menjelaskan, karena China dan India merupakan dua kekuatan global dan dua negara terpadat di dunia, bentrokan yang terjadi secara alami memiliki beberapa implikasi internasional.

"Ini meresahkan pasar keuangan, khususnya di Asia sendiri, yang selalu peka terhadap risiko. Implikasinya terbatas, bagaimanapun, oleh lokasi yang relatif terpencil di Lembah Galwan di tengah-tengah Ladakh, dan fakta bahwa persenjataan normal tidak digunakan," paparnya kepada The Sunday Guardian.

Baca Juga: Detik-detik Gagahnya Prajurit TNI Kibarkan Bendera PBB, Sengaja Gantung Senjata Demi Cegah Perang Tank Markava Israel di Perbatasan Lebanon

Dia menambahkan, jika ada peningkatan konflik yang signifikan, semisal dengan penggunaan persenjataan yang lebih kuat, atau wabah paralel di sepanjang bagian lain dari garis gencatan senjata Sino-India yang panjang, dampaknya terhadap global tidak diragukan lagi akan sangat signifikan.

Saat ditanyakan apakah bentrokan di perbatasan Ladakh akan merembet ke Laut China Selatan, Calder menjawab bahwa dia telah melihat ketegasan China yang lebih besar di Laut Cina Selatan seperti saat melawan atas Malaysia dan Vietnam, dan di Hong Kong dengan Hukum Keamanan Nasional.

Source : kontan

Editor : Sosok

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest