Follow Us

Kisah Mileva Maric, Ilmuwan Wanita Cerdas yang Tak Diakui Adalah Sosok Dibalik Albert Einstein Jadi Orang Paling Jenius Sampai Sekarang

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Jumat, 12 Juni 2020 | 18:13
(Albert Einstein dan Mileva Maric)
Nature

(Albert Einstein dan Mileva Maric)

Sosok.ID - Mileva Einstein-Maric adalah istri pertama fisikawan pemenang Hadiah Nobel Albert Einstein.

Istri fisikawan pemenang Hadiah Nobel Albert Einstein yang lahir pada 1875 di Titel, Austria-Hongaria (sekarang Serbia).

Mileva Einstein-Maric dikenal sebagai istri pertama Albert Einstein, salah satu pemikir ilmiah terbesar abad kedua puluh.

Maric berasal dari keluarga keturunan Serbia yang cukup makmur.

Karena berpendidikan baik, ia diizinkan menghadiri sekolah khusus anak lelaki di Zagreb saat remaja.

Baca Juga: Bantah Makar dalam Diskusi Pemecatan Jokowi, Dosen UGM Singgung Aparat Negara hingga Buzzer Mungkin Dalang Dibalik Teror Pembunuhan

Maric unggul dalam bidang matematika dan fisika yang membuatnya kemudian bisa pergi ke Swiss untuk melanjutkan studinya.

Setelah menyelesaikan studinya di tahun 1896, Maric mendaftar di Universitas Zurich.

Dia hanya tinggal di sana sebentar, pindah ke Sekolah Politeknik Zurich (kemudian Institut Federal Swiss atau Teknologi atau ETH).

Di antara teman-temannya di universitas adalah Albert Einstein, yang kemudian menjadi teman berbagi kecintaan pada sains.

Maric akhirnya berhasil lulus dengan baik dari sekolah tersebut dan kemudian menghabiskan satu semester di Heidelberg, Jerman.

Source : Instagram, biography.com, National Geographic

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest