Kapal Induk China Shandong Harus Ekstra Waspada Karena Lawannya Ialah Task Force Terkuat AS USS Gerald R Ford

Kapal Induk China Shandong Harus Ekstra Waspada Karena Lawannya Ialah Task Force Terkuat AS USS Gerald R Ford Navy Recognition
Kapal Induk China Shandong Harus Ekstra Waspada Karena Lawannya Ialah Task Force Terkuat AS USS Gerald R Ford

Sosok.ID - China mengerahkan kapal induk kedua mereka Shandong untuk menghalau armada US Navy.

Namun China harus ekstra waspada karena rupanya US Navy mengerahkan kapal induk USS Gerald R Ford untuk menjadi ujung tombak armadanya.

Lantas kenapa China harus waspada? sebab USS Gerald R Ford yang tergabung dalam Armada ke-7 Amerika Serikat (AS) merupakan Task Force terkuat saat ini di dunia.

Militer AS terus melakukan tes komando dan kontrol ketika USS Gerald R Ford beroperasi di perairan Atlantik selama melakukan serangkaian uji coba selama satu setengah tahun ke depan.

Baca Juga: Peduli Setan dengan Larangan AS, Rusia Nyatakan Siap Pasok Apapun Kebutuhan Persenjataan Bagi Indonesia, Termasuk Su-35

"Kami ingin membuat Ford mulai melakukan beberapa interaksi dasar dengan kapal perang lainnya," kata Laksamana Muda Craig Clapperton, Komandan Carrier Strike Group 12, dalam konferensi pers, Senin (1/6), seperti dilansir Defenseone.

"Kami akan melakukan beberapa hal dasar untuk membangun sistem pertempuran terpadu," ujar dia.

Itu berarti, AS akan mengsinergikan USS Gerald R Ford secara elektronik dengan kapal induk lain, kapal perusak, kapal penjelajah, pesawat tempur, dan markas besar darat di seluruh dunia.

Mengutip Kompas.com, USS Gerald R Ford memulai uji coba pelayaran sejak Juli 2017 setelah menjalani proses konstruksi selama delapan tahun. Ini adalah kapal induk dengan klasifikasi "supercarrier" dengan bobot lebih dari 100.000 ton.

Baca Juga: Kemarahan Luhut Saat Disebut Utang Negara Bertambah: Saya Tentara Walau Bukan Lulusan Ekonomi, Saya Bisa Jawab Itu!

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR