Ketahuan! Armada China Masuki ALKI I Indonesia, F-16 TNI AU Langsung Intersep Fregat Jiangkai II Class PLA Navy di Riau

Ketahuan! Armada China Masuki ALKI I Indonesia, F-16 TNI AU Langsung Intersep Fregat Jiangkai II Class PLA Navy di Riau tni-au.mil.id
Ketahuan! Armada China Masuki ALKI I Indonesia, F-16 TNI AU Langsung Intersep Fregat Jiangkai II Class PLA Navy di Riau

Sosok.ID - Pandemi corona tidak menyurutkan niat militer China untuk tetap menggelar armada perangnya di lautan pasifik.

Beberapa negara yang bersinggungan dengan China mengenai tumpang tindih wilayah laut seperti Vietnam, Malaysia, Brunei, Filipina dan Taiwan mulai siaga penuh.

Indonesia juga siapa penuh walau tak ada wilayah lautnya yang diklaim oleh China.

Meski demikian wilayah ALKI I (Alur Laut Kepulauan Indonesia) I kerap dilalui oleh berbagai macam kapal niaga maupun perang.

Baca Juga: Patroli Udara F-16 TNI AU Pergoki Ada Dua Kapal Asing Melintasi ALKI I, Type 903A Milik PLA Navy China?

Mengutip laman resmi tni-au.mil.id, pada Rabu (6/5/2020) lalu, dua jet tempur F-16 diterbangkan untuk melakukan patroli udara di wilayah ALKI I.

"Ini bukan merupakan alasan untuk menurunkan kesiapsiagaan di bidang pertahanan, TNI AU selalu siap dalam melaksanakan tugasnya, yaitu menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional," ujar Ronny Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M. seperti dikutip dari laman resmi tni-au.mil.id, Kamis (14/5/2020).

Benar saja saat F-16 sudah berada di lokasi, mereka memergoki beberapa kapal.

Mengutip dari unggahan akun instagram @lanud_roesmin_nurjadin pada 6 Mei 2020, nampak pada slide pertama seperti kapal tanker.

Baca Juga: Mbah Mijan Kembali Beri Peringatan, Matahari Kini Lebih Terik 10 Kali Lipat

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR