Follow Us

Muak Tinggal di Bumi? Ada Kabar Baik, Ilmuwan Temukan Lahan yang Cocok untuk Bangun Pemukiman di Mars

Rifka Amalia - Jumat, 15 Mei 2020 | 19:15
Sosok planet Mars sebagaimana diteropong oleh NASA dengan teleskop antariksa Hubble pada 2003
NASA

Sosok.ID - Dewasa ini, publik seringkali melontarkan guyonan tentang bosan hidup di bumi.

Terkadang, saat berseteru di sosial media dan lelah dengan angkuhnya manusia bumi, netizen akan berseloroh untuk pindah dari planet ini.

Namun, adakah planet lain yang mungkin untuk dihuni manusia?

Ilmuwan dunia telah melakukan penelitian tentang adanya tanda-tanda kehidupan di planet lain, yakni Mars.

Baca Juga: Kisah Bocah Indonesia yang Dipenjara di Suriah Lantaran Orang Tuanya Ikut ISIS Hingga Tewas Akibat Roket, Yusuf: Saya Tak Tahu Mau ke Mana

Meski belum 100 persen dapat dibuktikan, klaim terbaru ilmuwan menyebut adanya tanda-tanda air di planet merah.

Molekul biologis juga dianggap sebagai tanda lain terkait kehidupan lawas di planet ke empat dalam tata surya ini.

Curiosity Mars, wahana antariksa NASA telah menemukan molekul biologis yang diyakini tim ahli astrobiologi sebagai bukti adanya kehidupan kuno di Mars.

Klaim ini mengarah pada temuan meteorit yang dikenal sebagai Allan Hills 84001, yang mengandung bahan-bahan organik ke bentuk nitrogen, dikutip dari Daily Star.

Baca Juga: Astronom dan Fisikawan Kerepotan Cari Dunia Baru di Alam Semesta, Pemagang 17 Tahun Menemukannya Hanya dalam Waktu 3 Hari Saja!

Hal itu memberi harapan tentang kemungkinan lingkungan di Mars mengandung unsur tanah dan air.

Ilmuwan memaparkan, salah satu bahaya tinggal di Mars yakni adanya paparan radiasi kosmik yang mematikan.

Source : Kompas.com, Daily Star, Live Science