Follow Us

Persiapan untuk Pendaratan Amfibi Menguasai Taiwan, China Gelar Latihan Militer Selama 2 Bulan

Seto Ajinugroho - Jumat, 15 Mei 2020 | 18:00
Persiapan untuk Pendaratan Amfibi Menguasai Taiwan, China Gelar Latihan Militer Selama 2 Bulan
Burkitt, Janet, CTR, DIMOC JCCC

Persiapan untuk Pendaratan Amfibi Menguasai Taiwan, China Gelar Latihan Militer Selama 2 Bulan

Sosok.ID - Hubungan China-Taiwan kali ini benar-benar mendidih.

Sumber ketegangan ini tak lain karena bakal dilantiknya presiden Taiwan penentang China Tsai Ing-wen pada pekan depan.

Terlebih Amerika Serikat (AS) juga sudah melayarkan kapal perusaknya USS McCampbell di Selat Taiwan untuk melindungi proses pelantikan Tsai Ing-wen.

Namun China langsung membalasnya dengan hal yang tak terduga.

Baca Juga: Humas BPJS Kesehatan Mengenai Kenaikan Iuran : Ini Merupakan Salah Satu Wujud Gotong Royong

China pada hari Kamis memulai serangkaian latihan militer selama dua setengah bulan di pantai utara.

Mengutip People's Daily, sejumlah analis menilai, latihan tersebut lebih merupakan periode reguler pelatihan internal yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan menguji senjata pertahanan udara canggihnya, daripada menargetkan Pulau Taiwan seperti beberapa laporan oleh Taiwan.

Dari Kamis hingga 31 Juli, jika membaca pemberitahuan pembatasan navigasi yang dikeluarkan Administrasi Keselamatan Maritim yang dirilis di situs resminya pada hari Senin, penembakan langsung akan dilakukan di wilayah laut timur laut di Tangshan, Provinsi Hebei, China Utara.

Menurut koordinat dan deskripsi yang diberikan dalam pemberitahuan tersebut, zona terbatas adalah area berbentuk kipas dengan radius 25 kilometer, totalnya sekitar 525 kilometer persegi, mencakup beberapa wilayah daratan pantai tetapi sebagian besar wilayah laut.

Baca Juga: Apes! Gegara Emak-emak Positif Corona Pilih Berobat ke 'Wong Pintar' dan Ogah Isolasi di RS, Mbah Dukun dan Para Pasiennya Auto jadi ODP

Semua kapal dan personel yang tidak terkait harus menghentikan semua aktivitas di daerah ini selama periode ini dan mengungsi ke zona aman terlebih dahulu untuk menghindari kecelakaan, kata pemberitahuan itu.

Global Times memberitakan, militer Tiongkok belum mengumumkan perincian latihan. Kondisi inilah yang kemudian memicu spekulasi mengenai latihan tersebut.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest