Follow Us

Bikin Kantong Jebol, Menengok Pembuatan Pesawat Baru Kepresidenan AS Seharga Rp 2,5 Triliun Lebih

Seto Ajinugroho - Rabu, 06 Mei 2020 | 19:13
Bikin Kantong Jebol, Menengok Pembuatan Pesawat Kepresidenan AS Seharga Rp 2,5 Triliun Lebih
whitehouse.gov

Bikin Kantong Jebol, Menengok Pembuatan Pesawat Kepresidenan AS Seharga Rp 2,5 Triliun Lebih

Sosok.ID - Presiden, dalam tugas sehari-harinya membutuhkan mobilitas tinggi.

Mobilitas itu harus didukung dengan perangkat memadai termasuk sarana transportasi.

Sebagai contoh presiden Indonesia Jokowi yang kerap hilir mudik melaksanakan tugas kenegaraan baik didalam dan luar negeri.

Dalam melaksanakan tugas itulah presiden Jokowi dibekali pesawat kepresidenan seharga Rp 840 miliar agar mobilitasnya tetap lancar.

Baca Juga: Bukan Sulap Bukan Sihir, Anjing yang Sejak Lahir Berbulu Hitam Ini Tiba-tiba Berubah Warna Menjadi Putih, Terungkap Penyebabnya

Mahal? memang. Tapi biaya itu belum seberapa jika menilik harga pesawat kepresidenan Amerika Serikat (AS) atau yang dikenal sebagai Air Force One.

Mengutip Defense News, Rabu (6/5/2020) manufaktur pesawat dunia, Boeing, harus merogoh kocek lebih dalam untuk membiayai pembuatan pesawat Air Force One baru untuk presiden AS.

Boeing harus mengeluarkan dana tambahan senilai 168 juta dolar AS atau setara Rp 2,5 triliun untuk membuat Air Force One generasi terbaru.

Pembuatan pesawat ini sendiri sejatinya sudah dimulai sejak Februari 2020 lalu di fasilitas Boeing, San Antonio, Texas.

Baca Juga: Janjian Kencan di Hotel Bareng Pria dari Dunia Maya, Wanita Ini Syok Dapati Selingkuhannya adalah Mertua Sendiri, Niat Kabur malah Kepergok Suami yang Rupanya Membuntuti

Pembengkakan biaya ini disinyalir dari resesi global akibat virus corona.

Meski demikian, Chief Financial Officer Boeing Greg Smith pada Jumat 1 Mei 2020 mengatakan program pembuatan Air Force One baru ini tetap akan sesuai jadwal yang akan rampung pada 2024.

Source : Defense News.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest