Follow Us

China Siaga Tempur, PLA Navy Usir Kapal Perusak AS dari Pulau Paracel

Seto Ajinugroho - Kamis, 30 April 2020 | 14:00
China Siaga Tempur, PLA Navy Usir Kapal Perusak AS dari Pulau Paracel
Xinhua/Li Ziheng

China Siaga Tempur, PLA Navy Usir Kapal Perusak AS dari Pulau Paracel

Sosok.ID - The People's Liberation Army Navy (PLA Navy) alias angkatan laut China tiba-tiba mengeluarkan pernyataan mengejutkan.

PLA Navy menyatakan jika mereka berhasil mengusir kapal perusak Amerika Serikat (AS) USS Barry (DDG-52).

Militer China mengklaim jika kapal perusak AS tersebut diusir dari kawasan rantai Pulau Paracel di Laut China Selatan (LCS).

Mengutip SCMP, Kamis (30/4/2020) Li Huamin selaku juru bicara Komando Teater Selatan The People's Liberation Army mengatakan pengusiran kapal perusak AS dilakukan karena mereka melakukan tindakan provokatif.

Baca Juga: Malam-malam Kabur Lompati Jendela Tapi Tak Sadar Terekam CCTV Hingga Viral, Pasien Positif Corona di Lombok Ini Disebut Sering Pakai Hadis Sebagai Senjata Bantah Petugas Medis

"Tindakan provokatif dari pihak AS telah secara serius melanggar kedaulatan dan kepentingan keamanan nasional China, serta sengaja meningkatkan risiko keamanan regional dan dapat dengan mudah memicu insiden buruk yang tidak terduga," ujar Li Huamin.

"Freedom of Navigation (FONOP) USS Barry yang selama ini didengungkan US Navy tak sesuai dengan situasi saat ini ketika dunia memerangi pandemi corona apalagi perdamaian dan stabilitas regional," tambahnya.

Meski demikian China tak merilis unsur tempur apa yang mereka kirimkan untuk mengusir USS Barry dari alur Pulau Paracel.

Menanggapi pernyataan China ini, seorang pejabat US Navy seperti dikutip dari USNI News menjelaskan jika tak ada kendala apapun mengenai FONOP USS Barry.

Baca Juga: Masih 20 Tahun Tapi Sudah Punya Harta 40 Kali Lipat Lebih Banyak dari Kekayaan Ronaldo dan Messi, Inilah Pesepak Bola Terkaya di Dunia yang Berasal dari Keluarga Sultan

Operasi USS Barry pun berjalan sesuai rencana tanpa halangan di sekitar Pulau Paracel.

AS sendiri dengan melayarkan USS Barry di Pulau Paracel tentu bermaksud menguji kesiapsiagaan Beijing dalam menangani kapal perangnya.

Source : scmp, USNI News

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest