Follow Us

Terkait Batalnya Pembelian Jet Tempur Su-35 Indonesia, Rusia Meradang dan Akhirnya Angkat Bicara

Seto Ajinugroho - Selasa, 17 Maret 2020 | 18:15
Terkait Batalnya Pembelian Jet Tempur Su-35 Indonesia, Rusia Akhirnya Angkat Bicara
rosoboronexport

Terkait Batalnya Pembelian Jet Tempur Su-35 Indonesia, Rusia Akhirnya Angkat Bicara

Sosok.ID - Tersiar kabar mengejutkan jika Indonesia membatalkan pembelian 11 unit jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia.

Kabar pembatalan pembelian ini ditenggarai tekanan dari Amerika Serikat (AS) yang melarang Indonesia membeli segala piranti militer dari Rusia.

Mengutip Bloomberg, hal ini dilontarkan oleh seorang pejabat AS yang tak mau disebutkan namanya dimana Paman Sam enggan Indonesia punya jet tempur yang dijuluki Super Flanker tersebut.

Bahkan Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva sudah tahu lebih dulu jika AS memang sengaja menghalang-halangi Indonesia untuk membeli alutsista dari negaranya.

Baca Juga: Melihat Kemampuan Menakjubkan Jet Tempur Siluman F-35 Lightning II, Calon Pengganti Su-35 Indonesia

"Bukan rahasia bahwa Amerika Serikat memberikan tekanan yang tidak disembunyikan pada negara-negara yang berniat membeli peralatan pertahanan Rusia."

"Tujuannya jelas - untuk membuat negara-negara ini menolak untuk mendapatkan senjata dari Rusia dan beralih ke Washington. Tentu saja persaingan tidak adil yang melanggar aturan dan norma bisnis yang transparan dan sah," kata Lyudmila.

Lantas belum lama ini mengutip dari janes.com, Selasa (17/3/2020) direktur Layanan Federal Rusia untuk Militer -Teknis Kerjasama (FSVTS) Dmitry Shugayev angkat bicara mengenai kabar ini.

Shugayev yang diwawancarai saluran berita Russia 24 menegaskan jika status pembelian 11 unit Su-35 Indonesia masih aktif dan sesuai rencana.

Baca Juga: Su-35 Terancam Batal Dibeli, Amerika Serikat Harus Tawarkan Jet Tempur Mematikan Sebagai Gantinya untuk Diakuisisi Indonesia

Ia juga membantah kabar mengenai pembatalan pembelian Su-35 tersebut.

"Tidak ada pembatalan resmi dari pembeli (Indonesia) untuk Su-35," kata Shugayev.

Source : Bloomberg, janes

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest