Follow Us

'Belanda Harusnya Tahu Diri', Keluarga Korban Pembantaian Westerling Meradang, Raja Willem Mohon Maaf pada Indonesia di Hadapan Jokowi

Rifka Amalia - Rabu, 11 Maret 2020 | 13:15
Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020).
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa

Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (10/3/2020).

Sosok.ID - Sepekan sebelum Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti datang ke Indonesia, Abdul Halik putra Becce Beta, terbang ke Jakarta.

Pria berusia 82 tahun itu bergegas bertolak dari Bulukumba, Sulawesi Selatan untuk bertemu duta besar Belanda di Jakarta.

Halik tak terima dengan kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Tanah Air.

Sebagai keluarga korban pembantaian di masa lalu, ia datang untuk melakukan penolakan atas rencana kunjungan itu.

Melansir Kompas.com, Ayah Abdul Halik, Becce Beta merupakan korban pembantaian yang dieksekusi pasukan tentara pimpinan Raymond Westerling karena dianggap pro-kemerdekaan tahun 1947.

Baca Juga: 11 Maret 1966: Serta Merta Soeharto Buat Soekarno Murka Hingga Lempar Asbak, Apa Kebeneran Dibalik Lahirnya Supersemar?

Halik menolak kunjungan, terlebih saat ia mendengar Raja dan Ratu Belanda hendak berkunjung ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

"Pemerintah Belanda harusnya tahu diri, memikirkan apa yang pernah dilakukan oleh tentara itu atas perintah neneknya. Itu harus disadari," ujar Halik.

"Kami sebenarnya tidak setuju (mereka datang) sebelum Raja Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, melakukan permohonan maaf secara umum, dan menyelesaikan tuntutan kami." tambahnya.

Adapun Raja Willem dan Ratu Maxima tiba di Jakarta pada Senin (9/3).

Terhitung dari tanggal 9 sampai 13 Maret, keduanya akan berada di Indonesia.

Baca Juga: Kisah Soekarno Ditodong Pistol untuk Memaksanya Tandatangani Supersemar

Halaman Selanjutnya

1. Ziarah di TMP Kalibata
1 2 3 4

Source : Kompas.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest