Follow Us

Jika Jadi Dibeli TNI, Iver Huitfeldt Class Bakal Jadi Lawan Berat Fregat AL China

Tata Lugas Nastiti - Minggu, 05 Januari 2020 | 12:15
Iver Huitfeldt Class, Calon Kapal Perang Raksasa milik Indonesia
Defense Media Network

Iver Huitfeldt Class, Calon Kapal Perang Raksasa milik Indonesia

Sosok.ID - Hubungan antara Indonesia dan China terkait batas ZEE di perairan Natuna Indonesia dikabarkan semakin memanas.

Semua berawal ketika ada kapal coast guard China yang berjaga di perairan Natuna dan dianggap telah melanggar ZEE Indonesia serta kedaulatan di perairan Natuna.

Tak ayal, hubungan antara Indonesia dan China pun akhir-akhir ini dikabarkan memanas.

Dikutip dari Kompas.com, Panglima Komondo Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Morgono bahkan telah menggelar apel operasi pengamanan Laut Natuna.

Baca Juga: Pantas Kapal China Getol Bolak-balik, Rupanya Peraiaran Natuna Simpan 'Harta Karun' Bernilai Fantastis Selain Sumber Daya Ikan dan Alam yang Indah

Ada 600 personel TNI dan lima unit kapal perang yang ikut dalam apel pengamanan Laut Natuna ini.

Bicara soal kapal perang, Indonesia rupanya memiliki beberapa kapal perang yang mumpuni, salah satunya adalah Fregat Van Speijk milik TNI AL.

Namun semakin menuanya fregat Van Speijk di jajaran kapal perang Indonesia membuat TNI AL mulai memikirkan calon penggantinya.

Rencananya Van Speijk class yakni KRI Slamet Riyadi, KRI Yos Sudarso, KRI Ahmad Yani, KRI Oswald Siahaan, KRI Karel Satsuit Tubun dan KRI Abdul Halim Perdanakusuma akan segera dipurna tugaskan secara bertahap pada tahun 2024.

Baca Juga: Lina Tiba-tiba Cerita Tentang Surga dan Melihat Air Terjun, Rizky Febian Ungkap Firasat Tak Baik Sebelum Mantan Istri Sule Menghembuskan Napas Terakhirnya

Maklum, keenam kapal itu sudah aktif sejak tahun 1967.

Jika dipurna tugaskan maka mau tak mau harus ada penggantinya.

Source : GridHot.ID

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest