Rudal Exocet MM40 Block-3 TNI AL, Miliki Daya Jangkau 180 Km Dapat Hancurkan Sasaran Baik di Darat Maupun Laut

Rudal Exocet MM 40 Block-3 Milik TNI AL, Senjata Mematikan Berdaya Ledak Tinggi Penjaga Benteng Laut Indonesia
Rudal Exocet MM 40 Block-3 Milik TNI AL, Senjata Mematikan Berdaya Ledak Tinggi Penjaga Benteng Laut Indonesia

Sosok.ID - Baru-baru ini sebuah video diunggah oleh Pusat Penerangan TNI yang menggambarkan kehebatan Alutsista milik Indonesia.

Hal tersebut ditunjukkan untuk memperlihatkan bagaimana kesiapan TNI dalam hal persenjataan demi menjaga kedaulatan Indonesia apabila ada serangan dari luar.

Terdapat beberapa senjata yang dikatakan memiliki keistimewaannya sendiri-sendiri termasuk rudal Exocet milik TNI Angkata Laut (AL).

Latihan Gabungan (Latgab) TNI Yudha Dharma 2019 hari Sabtu (7/9/19) menunjukkan bagaimana kehebatan persenjataan TNI AL.

Baca Juga: Cerita Herman Sarens, Mantan Panglima TNI yang Kepalanya Nyaris Bolong Gegara Ditodong Pistol oleh Soeharto: Kalau Meledak, Mati Gue!

Video yang diunggah di Instagram @puspentni menunjukan penembakan rudal anti kapal Exocet berjenis MM 40 Block-3 di Laut Jawa.

Video tembakan rudal dari kapal perang TNI AL KRI Sultan Iskandar Muda itu diunggah akun instagram @puspentni.

Penembakan rudal tersebut dilakukan di Laut Jawa dengan sasaran sejauh 74 km dan target dapat dikenai secara telak.

"Sasaran yang berhasil ditembak oleh KRI Sultan Iskandar Muda-367 dengan jarak sejauh 40 nautical mile atau lebih kurang 74 km," tulis Puspen TNI seperti dikutip dari @puspentni.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

KOGASLAGAB TNI BERHASIL HANCURKAN MUSUH DENGAN PELURU KENDALI EXOCET MM 40 BLOCK-3 . Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab) TNI dengan unsurnya KRI Sultan Iskandar Muda-367 berhasil dan sukses menembakkan Peluru Kendali Exocet MM 40 BLOCK-3 dan tepat mengenai sasaran kapal musuh, pada serial Latihan Gabungan (Latgab) TNI Yudha Dharma tahun 2019, Sabtu (7/9) di Peraian Laut Jawa. . Keberhasilan penembakan unsur TNI AL Kogaslagab ini merupakan bentuk Operasi Pemutusan Garis Perhubungan Laut Lawan sehingga medan laut dapat dikuasai sepenuhnya dan unsur-unsur laut lainnya dapat melaksanakan manuvra operasi selanjutnya. Sasaran yang berhasil ditembak oleh KRI Sultan Iskandar Muda-367 dengan jarak sejauh 40 Nautical Mile atau lebih kurang 74 km. . Peluru Kendali EXOCET MM 40 BLOCK-3 yang ditembakkan ini merupakan senjata strategis TNI AL yang memiliki kemampuan dalam menyerang kapal permukaan (Anti-Ship Missile), serta mampu menyerang kapal sasaran untuk Coastline or Littoral Attack Mission. . Keberhasilan penembakan senjata strategis unsur-unsur laut dalam Latgab TNI ini, disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Korsahli Kasal, Aspam Kasal, Asops Kasal, Aslog Kasal, Pangkoarmada I selaku Pangkogaslagab, Pangkoarmada II selaku Pangkogasgabfib, Dankormar dan Para Kadis terkait yang onboard di KRI I Gusti Ngurah Rai-332 sebagai Kapal Markas. . Pada Latgab TNI tahun 2019, TNI AL mengerahkan puluhan Alutsista yang terdiri dari 23 unsur KRI, 14 Pesawat Udara, 139 material tempur Marinir, serta melibatkan 4.242 prajurit TNI AL yang akan melaksanakan pendaratan pasukan di Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur. Puncak Latgab akan dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 12 September 2019, yang rencananya akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

A post shared by Puspen TNI (@puspentni) on

Baca Juga: Klaim dapat Perintah Tuhan, Sosok Misterius Berjubah Putih Khotbah Agar Pedagang Pasar Jangan Jualan di Hari Minggu, Libur Saja

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR