Follow Us

Penyebab Banyak nya Kecelakaan Maut yang Terjadi di KM 90 Tol Cipularang, Polisi Sebut Adanya Blackspot

Dwi Nur Mashitoh - Rabu, 04 September 2019 | 06:45
Menguak Mitos Tol Cipularang Km 97, Merupakan Poros Gaib dan Sering Meminta Tumbal Korban Kecelakaan!
Kompas.com

Menguak Mitos Tol Cipularang Km 97, Merupakan Poros Gaib dan Sering Meminta Tumbal Korban Kecelakaan!

Sosok.ID - Blackspot disebut-sebut sebagai penyebab terjadinya kecelakaan di Tol Cipularang, terutama di KM 100 hingga KM 90.

Hal itu dikatakan langsung oleh Kanitlaka Satlantas Polres Purwakarta Iptu Asep Kusmana, seperti dilansir dari Tribun Jabar.

Seperti yang terjadi pada kecelakaan di KM 96 pada Jumat (28/6/2019) pagi lalu.

Pada kecelakaan tersebut sopir diduga mengantuk, yang mengakibatkan dua korban meninggal dunia dan tiga penumpang lainnya luka-luka.

Dan kini, yang terbaru adalah kecelakaan beruntun yang terjadi pada Senin (2/9/2019) yang melibatkan 21 kendaraan di KM 91.

Baca Juga: Fakta Seputar Kecelakaan Beruntun Tol Cipularang, dari Kronologi, Identitas Salah Satu Korban, Hingga Avanza Terbang

Asep mengatakan di sekitar lokasi itu memiliki beberapa faktor penyebab kecelakaan. Kecelakaan terjadi disebabkan faktor human error maupun faktor geometrik jalannya.

"Di lokasi blackspot Cipularang itu menjadi titik lelah pengemudi, kemudian kontur jalannya turunan, tanjakan dan dikombinasi dengan banyak tikungan," kata Asep kepada Tribun Jabar saat ditemui di Mapolres Purwakarta, Ciseureuh, Purwakarta.

Mengantuk atau kelelahan saat mengemudi sangatlah fatal sekaligus meningkatkan kemungkinan kecelakaan.

Asep menjelaskan bahwa selain faktor jalan dan kendaraan, kecelakaan yang fatal terjadi karena pengemudi mengalami Microsleep.

Microsleep adalah tidur sementara secara mendadak dalam beberapa detik yang biasanya terjadi karena kelelahan atau kebosanan.

Source : Tribun Jabar

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest