Follow Us

Sama-sama Merdeka di Bulan Agustus, Inilah 4 Perbedaan Menarik Antara Kemerdekaan Indonesia dan Malaysia

Dok Grid - Jumat, 18 Agustus 2023 | 09:38
(kiri) momen serah terima kekuasaan dari Inggris kepada Federasi Malaysia, (kanan) momen pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia
kolase Arsip Nasional Malaysia | wikipedia

(kiri) momen serah terima kekuasaan dari Inggris kepada Federasi Malaysia, (kanan) momen pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia

Sosok.ID - Menurut KBBI, kemerdekaan berasal dari kata merdeka yang artinya bebas, baik dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya.

Kemerdekaan dalam KBBI diartikan sebagai keadaan berdiri sendiri atau kebebasan.

Sebuah bangsa yang merdeka memiliki arti bahwa bangsa tersebut telah menjadi satu negara yang utuh dan berdaulat atas nasibnya sendiri.

Dalam meraih kemerdekaan, Indonesia dan negara tetangga Malaysia memiliki perbedaan yang sangat jelas, walaupun meraih kemerdekaan di bulan yang sama, Bulan Agustus.

Berikut ini empat perbedaan kemerdekaan yang diraih Indonesia dan Malaysia :

1. Indonesia merdeka melalui pembacaan teks proklamasi kemerdekaan, Malaysia merdeka dengan serah terima kekuasaan dari Kerajaan Inggris kepada Federasi Malaysia

Kemerdekaan Indonesia diperingati pada tanggal 17 Agustus, penetapan hari kemerdekaan Indonesia berasal dari tanggal dimana pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dikumandangkan oleh Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945.

Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan tersebut adalah sebagai pertanda lahirnya negara Indonesia.

Sementara itu, Malaysia memperingati hari kemerdekaan pada tanggal 31 Agustus.

Baca Juga: WR Supratman, Biola dan Lagu Indonesia Raya, Sejarah di Balik Terciptanya Lagu Kebangsaan Indonesia

Penetapan tanggal 31 Agustus merujuk dari penyerahan kekuasaan wilayah semenanjung Malaya dari Kerajaan Inggris kepada Federasi Malaysia pada tanggal 31 Agustus 1957.

2. Indonesia memerdekakan diri tanpa persiapan yang matang, sebaliknya Malaysia melakukan persiapan matang untuk menyambut upacara serah terima kekuasaan dari Inggris.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com, KBBI, hot.grid.id, Sosok.id

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest