Follow Us

Kisah di Balik Bahan Pembuatan Bendera Merah Putih Buatan Fatmawati

Dok Grid - Jumat, 18 Agustus 2023 | 09:50
Soekarno saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.
Wikipedia

Soekarno saat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945.

Sosok.ID - Berdirinya Indonesia sebagai sebuah bangsa bukanlah suatu perkara yang mudah dan tak memiliki arti serta pengorbanan.

Namun dibalik Berdirinya Negara yang memiliki ribuan pulau ini terdapat sederet kisah kepahlawanan yang menjadi pondasi berdirinya bangsa ini.

Dalam hal proses pembacaan proklamasi kemerdekaan, sudah sangat banyak tokoh yang berjasa dan peristiwa-peristiwa penting yang patut dijadikan pembelajaran.

Dibalik jasa perjuangan para pahlawan ternyata proklamasi kemerdekaan Indonesia menyimpan beberapa fakta-fakta menarik yang tidak diketahui banyak orang.

Baca Juga: Ibu Negara Pertama Republik Indonesia, Penjahit Bendera Sang Saka Merah Putih, Begini Kisahnya Mendukung Ir Soekarno Sebelum Proklamasi Kemerdekaan

Salah satunya adalah sejarah bendera kebangsaan Indonesia Merah Putih yang dikibarkan untuk pertama kalinya ketika Proklamasi dikumandangkan pada 17 Agustus 1945.

Ternyata tersimpan cerita menarik terkait asal usul bahan Bendera Pusaka Merah Putih yang dijahit oleh Ibu negara Fatmawati.

Melansir dari Historia.ID dan sumber pelengkap, konon kain berwarna merah yang dijadikan bendera tersebut berasal dari warung tenda soto yang dibeli seharga Rp 500 sen.

Menurut cerita sebenarnya, Ibu Fat, panggilan akrab istri Presiden Soekarno ini, sudah membuat bendera Merah Putih sebelum 16 Agustus 1945.

Namun, lantaran dianggap kekecilan, karena panjangnya hanya 50 centimeter, dia pun berencana membuat kembali bendera tersebut.

Namun, saat membuka lemari pakaiannya, Ibu Fat hanya menemukan selembar kain putih bersih bahan seprai dan tak punya kain berwarna merah sama sekali.

Source : hot.grid.id

Editor : Tata Lugas Nastiti

Latest