Follow Us

John Lie, si 'Hantu Selat Malaka' yang Menolak Gentar Ditodong Pasukan Belanda Saat Selundupkan Senjata untuk Ibu Pertiwi

Tata Lugas Nastiti - Selasa, 06 Agustus 2019 | 15:36
John Lie, si 'Hantu Selat Malaka' yang Menolak Gentar Ditodong  Belanda Saat Selundupkan Senjata untuk Ibu Pertiwi
Tribunnews.com/Dokumentasi Dispenal TNI

John Lie, si 'Hantu Selat Malaka' yang Menolak Gentar Ditodong Belanda Saat Selundupkan Senjata untuk Ibu Pertiwi

Sosok.ID - Mungkin nama John Lie sebagai salah satu pahlawan nasional masih asing ditelinga publik Tanah Air.

Kendati jasa-jasanya selama masa pergerakan kemerdekaan nyaris terlupakan, John Lie merupakan salah satu pahlawan nasional yang patut disegani.

Bila bukan karena perjuangan John Lie yang tak gentar saat ditodong pasukan Belanda, Ibu Pertiwi mungkin akan kesulitan meraih kemerdekaan.

Baca Juga: Lancar Baca Alquran dan Bercita-cita Ingin Jadi Kopassus, Taruna Akmil Bule, Enzo Zenz Allie Sukses Curi Perhatian Panglima TNI

Dilansir Sosok.ID dari Kompas.com, Selasa (6/8/2019), John Lie merupakan salah satu pahlawan nasional yang berasal dari etnis Tionghoa.

Pria dengan nama lengkap Jahja Daniel Dharma ini adalah penyelundup senjata ulung untuk pejuang Ibu Pertiwi.

Saking pandainya berdalih dari armada laut Belanda yang berpatroli di laut Indonesia, John Lie sampai mendapatkan julukan sebagai 'Hantu Selat Malaka'.

Baca Juga: Niat Ingin Melindungi dengan Sengaja Kunci Pintu Mobil, Seorang Kakek Nangis Pasrah Saksikan Cucunya Tewas Dilahap Api

John Lie bergabung dengan Angkatan Laut Republi Indonesia (ALRI) pada tahun 1946 setelah dirinya bersama dengan puluhan rekannya di pelayaran KPM (Koninlijk Paketvaart Maatschapij) kembali ke Tanah Air pasca kekalahan Jepang pada Agustus 1945.

Sebelum bergabung dengan ALRI, rupanya John Lie mempelajari sistem pembersihan ranjau laut dari Royal Navy milik Belanda di Pelabuhan Singapura.

John Lie juga mempelajari dengan baik gerak-gerik pergerakan armada laut Belanda yang berpatroli di laut Indonesia.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest