Terancam Hadapi Hukuman yang Sama dengan Suaminya, Sosok Putri Candrawathi Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J, Pasal 340 Membayanginya

Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:51
kolase via tribun network

Patra M Zen, kuasa hukum yang ngaku kena 'prank' Putri Candrawathi, Istri Irjen Ferdy Sambo

Sosok.ID -Sosok Putri Candrawathi, istri eks-Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, ditetapkan sebagai tersangka baru dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Joshua Hutabarat atau Brigadir J.

Ditetapkannya Putri Candrawathi sebagai tersangka disampaikan Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jumat (19/8/2022).

"Penyidik telah menetapkan saudari PC (Putri Candrawathi) sebagai tersangka," kata Agung, dikutip dari tayangan live KompasTV.

Sebelumnya, Putri Candrawathi dianggap sebagai saksi kunci dalam kasus pembunuhan Brigadir J karena dia bersama Brigadir J sejak berada di Magelang, Jawa Tengah, sampai pulang ke Jakarta.

Putri juga ada di lokasi kejadian ketika Brigadir J dieksekusi di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022).

Melansir tribunnews.com, keinginan dari pihak Brigadir J sudah terpenuhi dengan ditetapkannya Putri Candrawathi sebagai tersangka.

Sebelumnya, kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak, mendesak agar Polri segera menetapkan Putri Candrawathi sebagai tersangka.

Putri Candrawathi, kata Kamaruddin, dianggap telah melakukan kebohongan dalam kasus tewasnya Brigadir J.

"Kita minta supaya orang-orang yang terus menggali kebohongan untuk menutup kebohohongan itu segera tersangka, demi kepastian hukum dan keadilan."

"Salah satu di antaranya itu, ibu Putri (Candrawathi)," kata Kamaruddin, dikutip Tribunnews.com dari KompasTV.

Kamaruddin Simanjuntak sendiri telah melaporkan Putri Candrawathi ke kepolisian, terkait laporan palsu dugaan pelecehan seksual.

Putri Candrawathi juga dilaporkan selain karena laporan palsu juga karena empat hal lain, dan gugatan perdata perbuatan melawan hukum.

"Secara resmi sudah dilaporkan saya melapornya atas nama saya, (Pasal) 340, 338, 351."

"Tapi akan ada empat laporan lagi, ditambah gugatan perdata perbuatan melawan hukum," kata Kamaruddin Simanjuntak, dikutip Tribunnews.com dari Kompas TV, Kamis (18/8/2022).

Saat ini sudah ada lima orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Brigadir J.

Mereka adalah Putri Candrawathi, Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer atau Bharada E, Brigadir Ricky Rizal atau Brigadir RR, dan asisten rumah tangga (ART) Sambo bernama Kuat Maruf.

Kuasa hukum Putri Candrawathi merasa kena prank

Patra M Zen, kuasa hukum Putri Candrawathi, mengaku sudah dibohongi terkait dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J.

"Saya pun diberikan informasi yang keliru. Kalau bahasa sekarang ya kena prank lah," kata Patra dalam acara Rosi KompasTV, Kamis (18/8/2022).

Patra mengaku tahu dirinya dibohongi setelah Bareskrim Polri hentikan penyelidikan dugaan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi, setelah tidak ditemukan unsur pidana.

Patra mengatakan ia mengandalkan rasa saling percaya dengan Putri sebagai kuasa hukum istri Irjen Ferdy Sambo.

“Belakangan baru tahu kan karena kan unsur pelecehan seksualnya kan enggak ada,” sambungnya.

Dirinya kemudian menceritakan awal mula mendapatkan informasi mengenai dugaan pelecehan yang dilakukan mendiang Brigadir J terhadap Putri Candrawathi.

Setelah ditetapkan sebagai pengacara Putri Candrawathi, Patra membaca berkas perkara dugaan pelecehan tersebut.

“Pertama saya tahu, saya membaca berkas, setelah membaca berkas itu, saya enggak tanya lagi karena saya sudah langsung percaya pada waktu itu,” kata Patra.

Patra juga mengakui bahwa dia tidak mengikuti proses pendampingan terhadap Putri Candrawathi karena dia baru ditunjuk sebagai kuasa hukum per tanggal 24 Juli 2022.

Rosi kemudian mempertanyakan sikap Patra yang begitu menggebu-gebu mengatakan adanya pelecehan seksual.

“Kasus ini sedang berjalan, kebenaran materielnya pun, yang mana yang benarnya nanti, itu baru kita tahu di muka persidangan,” tegas Patra.

Baca Juga: Resmi! Putri Candrawathi Tersangka Pembunuhan Brigadir J, Total 5 Tersangka!

Editor : May N

Baca Lainnya