AS Makin Nekat Beri Bantuan ke Taiwan, Buat China Siaga Perang Tapi Gagal Terobos Barikade Pertahanan Taipei Gegara Hal Ini!

Rabu, 10 November 2021 | 16:31
USNI News

(Ilustrasi) AS Makin Nekat Beri Bantuan ke Taiwan, Buat China Siaga Perang Tapi Gagal Terobos Barikade Pertahanan Taipei Gegara Hal Ini!

Sosok.ID - Militer China dikejutkan dengan kedatangan delegasi Kongres AS ke Taiwan beberapa waktu ini.

Hal itupun menimbulkan kegeraman pihak China lantaran AS dirasa melecehkan Tiongkok dengan nekat melakukan kegiatan tersebut.

Tak sampai di situ saja, Tiongkok langsung bertindak dengan mengerahkan militernya untuk patroli siap tempur di Selat Taiwan.

Sejumlah kapal perang dan jet tempur dikabarkan wara-wiri di perairan cukup panas tersebut pada Selasa (9/11/2021).

Baca Juga: Negara Taiwan, Terancam Jadi Kuburan akibat Perang China

Seorang juru bicara militer China mengatakan, patroli yang mereka lakukan merupakan respons atas tindakan yang salah dari “negara yang bersangkutan” tentang masalah Taiwan.

Pada Selasa, beberapa outlet media Taiwan melaporkan beberapa anggota DPR AS dan Senat AS tiba di Taipei dengan pesawat militer AS.

Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang mengatakan kepada wartawan pada Rabu (10/11/2021) bahwa hubungan Taiwan-AS sangatlah penting.

Akibat pertemuan yang dirasa cukup memperlihatkan keinginan AS untuk menimbulkan peperangan di kawasan tersebut cukup jadi sorotan.

Baca Juga: Militer AS dan China Berlomba Berjalan Menuju Perang Taiwan

Hal itupun sangat dikecam oleh pihak China lantaran bisa memperburuk komunikasi antara mereka dengan Taiwan yang kini tengah tak baik.

Setali tiga uang, kondisi tersebut membuat militer China diminta semakin siaga dengan kemungkinan perang yang bisa saja terjadi kapan saja.

Bahkan disebutkan bahwa China sebenarnya telah merencanakan penyerangan pada wilayah Taiwan.

Namun ternyata Taiwan tak tinggal diam dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Juga: Terobos Zona Udaranya, Taiwan Langsung Acak-acak Jet Tempur China

Pihak Taiwan disebut-sebut telah bergerak lebih cepat dengan memblokade pelabuhan dan bandara kunci di Taiwan.

Hal tersebut disampaikan Kementerian Pertahanan Taiwan berdasarkan asesmen terbaru mereka mengenai ancaman terbaru dari “Negeri Panda” sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (9/11/2021).

Dalam laporan yang dikeluarkan setiap dua tahun sekali, Kementerian Pertahanan Taiwan pada Selasa menyampaikan bahwa China telah mengampanyekan perang "zona abu-abu".

Baca Juga: Asia Tenggara Bakal Memanas, Menhan Singapura Khawatirkan Campur Tangan AS pada Polemik China dan Taiwan hanya Memperluas Konflik

Upaya tersebut dilakukan oleh Taiwan untuk menjaga kedaulatan negara mereka yang getol ingin digabungkan lagi oleh Xi Jinping di bawah kekuasannya.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berjanji untuk mempertahankan kebebasan serta demokrasinya. Tsai juga menjadikan penguatan pertahanan Taiwan sebagai prioritasnya.

Dia berjanji untuk memproduksi lebih banyak senjata dari dalam negeri dan membeli lebih banyak perlengkapan militer dari AS.

(*)

Baca Juga: Nasib China di Ujung Tanduk, Tak Hanya AS dan Sekutu, Kini Musuh Tiongkok Bertambah Jika Ingin Kuasai Taiwan!

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com, Reuters

Baca Lainnya