Tak Sembarangan, Ternyata Sapi Kurban dari Presiden Jokowi Dapatkan Perlakuan Cukup Menghebohkan, Dijaga 6 Orang Demi Hewan Kurban Tak Rasakan Hal Ini!

Senin, 19 Juli 2021 | 15:41
Kompas.com via dokumentasi Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Potret Sapi kurban dari Presiden Jokowi.

Sosok.ID - Hari Raya Kurban atau Idul Adha 2021 bakal sebentar lagi disambut masyarakat muslim di seluruh dunia.

Bahkan di Indonesia sudah mulai heboh termasuk sejumlah publik figur yang tengah menyiapkan hewan kurban mereka di hari raya Idul Adha.

Selain para artis seperti Raffi Ahmad dan Atta Halilintar, ternyata sosok orang nomor satu di Indonesia juga ikut dalam semarak Hari raya Kurban.

Bahkan tak main-main, Presiden Jokowi memiliki cara unik untuk merawat hewan kurban menjelang hari raya.

Baca Juga: Parah, Youtuber Ini Lakukan Prank Daging Kurban Isi Sampah, Mengaku Orang Baik karena Laukan Hal Ini

Ya, Presdien Jokowi diketahui berkurban seekor sapi berbobot 1,2 ton di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya jelang Hari Raya Idul Adha 2021.

Sapi kurban tersebut bahkan sampai dijaga oleh 6 petugas secara bergilir selama 24 jam bukan karena tanpa alasan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi diketahui membeli sapi jenis Limousin tersebut dari peternak asal Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, bernama Dandy Narindra Wibowo.

Melansir dari TribunJateng.com, sapi kurban dari Presiden Jokowi itu diketahui tiba di Surabaya, pada Minggu (18/7/2021).

Baca Juga: Kurbankan 10 Sapi dan 7 Kambing Sampai Harus Sewa Lapangan untuk Menyembelihnya, Raffi Ahmad Ogah Lancang Saingi Jokowi Meski Masih Sanggup Beli Hewan Kurban Lagi: Tidak Boleh Lebih dari Presiden

Selain berbobot 1,2 ton, sapi tersebut juga memiliki lingkar dada 235 centimeter, panjang badan 194 centimeter, tinggi gumba 154 centimeter, dan lebar pinggul 71 centimeter.

Rencananya sapi tersebut akan disembelih pada H+1 Hari Raya Idul Adha, yakni pada Rabu (21/7/2021).

Daging kurban tersebut nantinya akan dibagikan ke rumah warga guna menghindari kerumunan selama PPKM Darurat.

Selama 3 hari dirawat di halaman masjid, terdapat 6 petugas khusus yang ditugaskan untuk mengawasi sapi tersebut.

Baca Juga: Darah Segar Ditenggak Layaknya Es Teh, Heboh Video Pria Garut Tadahi Darah Sapi Kurban Pakai Gelas Lalu Diminum Mentah-mentah, Disebut Depresi Gegara Ditinggal Istri

Menurut Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Helmy Muhammad Noor, selain mengawasi keenam petugas tersebut juga bertugas membuat sapi agar merasa nyaman sebelum disembelih.

"Secara bergantian, mereka akan menjaga sapi selama 24 jam," kata Helmy yang dikutip Grid.ID dari TribunJateng.com, Minggu (18/7/2021).

"Tugasnya bagaimana sapi merasa nyaman dan bahagia sebelum disembelih," imbuhnya.

Mengutip dari Kompas.com, selain menugaskan 6 petugas khusus, pihak Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya juga menerapkan cara khusus agar para sapi kurban tidak stres.

Baca Juga: Masih Menggenggam Golok, Ustaz Ini Tiba-tiba Lemas Lalu Meninggal Dunia di Tengah Proses Menyembelih Sapi Kurban

Helmy mengatakan, selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, pihak Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menutup total gerbang masjid.

"Selama PPKM darurat pintu gerbang masjid ditutup total," kata Helmy yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com, Minggu (18/7/2021).

Baca Juga: Terlanjur Koar-Koar Seantero Kampung Bakal Sumbang 10 Kambing Kurban, Pria Ini Akhirnya Gigit Jari dan Tanggung Malu Hewan Kurban Tak Kunjung Datang Gegara Hal Ini!

Hal tersebut dilakukan agar para sapi kurban di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya tidak stres ketika hendak disembelih pada Hari Raya Idul Adha mendatang.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Grid.ID, Tribunjateng.com

Baca Lainnya