Bukan Hanya Film, Ternyata Tentara AS Juga Punya Rambo Asli Saat Perang Vietnam, Punya Julukan Mad Dog Tapi Akhir Hidupnya Menyedihkan!

Selasa, 13 Juli 2021 | 16:27
kolase Intisari

Bukan Hanya Film, Ternyata Tentara AS Juga Punya Rambo Asli Saat Perang Vietnam, Punya Julukan Mad Dog Tapi Akhir Hidupnya Menyedihkan!

Sosok.ID– Jerry ‘Mad Dog’ Shriver, adalah salah satu pasukan khusus yang dimiliki AS yang hanya dibekali enam revolver, senapan gergaji, dan senapan mesin reguler saat Perang Vietnam.

Saat itu pasukan khusus ini cukup disegani dengan memiliki motto ‘Untuk membebaskan yang tertindas’.

Sudah bukan rahasia lagi, perang vietnam bermula dari konflik rumit yang sudah terjadi 40 tahun lamanya.

Amerika terlibat dalam sembilan tahun terakhir perang dan akhirnya evakuasi massal yang memalukan dari personel Amerika ke luar negeri pada tahun 1973.

Baca Juga: Mulai Berani? Taiwan Desak AS Hancurkan China untuk Hentikan Invasi, Ketakutan Perang Sangat Kencang

Diperkirakan selama perang, korban pasukan Amerika berjumlah sekitar 58.000 tewas dan lebih dari 300.000 orang terluka, serta kehilangan hampir 10.000 pesawat dan helikopter.

Pertempuran ini memang tidak terlalu konvensional lantaran memang masih menggunakan perang darat yang menjadi jalan utamanya.

Banyak pria luar biasa dan pemberani yang bertugas di Vietnam seperti Sersan Senjata Carlos Hathcock, Kapten John 'Rip' Ripley, Sersan Ed Eaton, dan Kapten John McCain.

Di antara para pahlawan yang gagah berani ini adalah Jerry “Mad Dog” Shriver dari Pasukan Khusus ke-5 AS.

Baca Juga: Auto Bikin China Kebakaran Jenggot, AS Setujui Jual F-16 hingga 2 Paket Rudal ke Filipina di Tengah Konflik Laut China Selatan

Dia lahir pada 24 September 1941, di De Funiak Springs, sebuah kota resor kecil di Florida.

Sedikit yang diketahui tentang masa kecil Shriver dan ceritanya dimulai ketika dia bergabung dengan Angkatan Darat di usia muda.

Dia tiba di Vietnam pada tahun 1966, setelah naik pangkat menjadi Sersan Kelas Satu.

Dia akhirnya memimpin satu peleton di Pasukan Khusus ke-5 dengan MACV-SOG (Komando Bantuan Militer, Kelompok Studi dan Observasi Vietnam) yang merupakan satuan tugas tidak konvensional yang ditugaskan untuk melaksanakan misi rahasia di seluruh teater Asia Tenggara selama Vietnam perang.

Tim ini melakukan penetrasi yang dalam di belakang garis musuh dan kemudian melakukan pengintaian strategis dan tugas larangan yang sangat berbahaya.

Baca Juga: Kisah Operasi 'Terbodoh' Militer AS, Bukannya Musuh Jepang malah Dikira Lawan Hantu sampai Tembaki Teman Sendiri Saking Jiwa Tentaranya Terguncang

Banyak dari apa yang dilakukan Shriver dengan MACV-SOG mungkin tidak pernah diketahui karena mereka adalah misi yang sangat rahasia, seringkali di negara-negara yang seharusnya tidak mereka masuki.

Namun penghargaan yang diberikan kepadanya adalah cerminan dari keberanian dan dedikasinya terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Dia menerima dua Bintang Perak, tiga Medali Penghargaan Angkatan Darat untuk Keberanian, tujuh Bintang Perunggu, satu Hati Ungu, satu Medali Udara, dan Medali Prajurit selama hidupnya yang singkat.

Begitulah reputasinya sehingga ‘Hanoi Hanna’ memberinya julukan ‘Anjing Gila’ dan pemerintah Vietnam Utara tampak sangat takut padanya sehingga mereka menawarkan hadiah sebesar $10.000 (setara dengan $70.000 pada tahun 2018) jika seseorang bisa membunuhnya.

Pemenang Medal of Honor, Letnan Jim Flemming, yang pernah bertugas bersama Shriver dalam beberapa misi, menyimpulkan dia sebagai ‘Pejuang penyendiri klasik.’

Pada tur tugasnya yang ketiga, Shriver bermasalah dan anti-sosial, dia mulai banyak minum dan mengalami sulit tidur.

Baca Juga: Menahbiskan Diri Sebagai Militer Terkuat di Dunia Hingga Buat Seluruh Dunia Ketar-ketir, Ternyata Militer Amerika Butuh Proyek Rahasia Ini Untuk Bisa Kalah dari China

Bahkan disebutkan dia tidur dengan M3A1 (Grease Gun) Suppressed Sub-machine Gun di bawah bantalnya.

Tetapi kebanyakan orang yang bertugas bersamanya mengakui bahwa dia seorang prajurit yang berani, berdedikasi, dan berkomitmen, yang akan melakukan apa saja untuk pasukannya.

Pada tahun 1969, Kamboja semakin menjadi basis operasi untuk unit Tentara Rakyat Vietnam (PAVN).

Elemen logistik Divisi Infanteri PAVN ke-7 berbasis di salah satu daerah di tenggara Kamboja yang dikenal sebagai 'Kail Ikan' di Provinsi Kampong Cham.

Kail Ikan sangat penting bagi PAVN karena hanya 50 mil (lebih dari 80 kilometer) dari Saigon dan ada desas-desus bahwa pangkalan itu adalah salah satu markas besar politik dan militer Viet-Cong. Ini kemudian terbukti palsu.

Militer Amerika merasa sangat terancam dengan perkembangan ini sehingga pada tanggal 18 Maret 1969, pangkalan PAVN di Fish-hook menjadi sasaran sejumlah besar pengebom B-52 Stratofortress raksasa.

Baca Juga: Secara Rahasia Kunjungi Negara Musuh China Ini, Tak Disangka Identitas Pejabat Amerika yang Kunjungi Taiwan Ini Dipastikan Bikin China Kepanasan Ingin Menyerang Taiwan

Kemudian pada tanggal 24 April 1969, B-52 melakukan dua sorti lagi: yang pertama pada tengah malam diikuti oleh yang kedua pada pukul 04:00 pagi.

Kemudian pada pagi itu, peleton kapak Shriver ditugaskan untuk melakukan pengawasan pasca-serangan terhadap lokasi yang dibom menggunakan empat helikopter.

Saat Shriver menaiki helikopter Huey di Quan Loi pada hari yang menentukan itu, dia meminta seorang rekan untuk ‘Jaga anakku.’

Pernyataan Shriver itu mengacu pada Klaus, anjing gembala Jerman kesayangannya.

Anjing pertamanya, Adolf, telah melarikan diri dari kamp dan dimakan oleh penduduk setempat. Tidak diragukan lagi dia khawatir ini bisa terjadi lagi.

Shriver terkenal karena membawa persenjataan sebanyak mungkin ke medan perang.

Hari itu dia dikatakan membawa revolver .38, otomatis .45, senapan mesin ringan UZI 9mm, dan memiliki pisau scuba diving besar yang diikatkan di kakinya. Dia juga dikenal membawa .357 magnum.

Sayang, misinya salah. Tak lama setelah mereka mendarat, mereka mendapat tembakan senapan mesin dari posisi PAVN yang dijaga ketat.

Shriver memperkirakan satu peletonnya menghadapi antara tiga hingga enam peleton tentara Vietnam Utara dalam serangkaian bunker dan parit.

Shriver bergerak maju dengan seorang tentara Vietnam Selatan untuk menilai situasi. Dia memasuki garis pohon saat dia bergerak ke atas.

Itulah terakhir kali dia atau prajurit yang menyertainya terlihat.

Baca Juga: Faktanya Meskipun Indonesia Berang Dengan China yang Main Nyelonong dan Mancing Ikan Sesuka Hati, Bagi Indonesia Amerika Adalah Pemancing Kerusuhan Sebenarnya, Ini Sebabnya

Shriver tetap berhubungan untuk beberapa waktu setelahnya, tetapi dia tampak terluka beberapa kali sebelum transmisi akhirnya berhenti.

Sementara itu, baku tembak berkecamuk, dan peleton Amerika menemukan diri mereka terjepit dan memakan banyak korban.

Helikopter tempur dan A1E Skyraiders datang untuk membantu mereka, tetapi situasinya begitu mengerikan sehingga peleton meminta ekstraksi segera.

Setelah tujuh jam pertempuran, helikopter AS bisa masuk dan mengevakuasi orang-orang Amerika yang selamat.

Seluruh episode ini dipandang sebagai bencana yang tak terduga.

Dari 18 anggota peleton Hatchet, dua dipastikan tewas, sepuluh terluka dan enam, termasuk Shriver, terdaftar sebagai MIA.

Hanoi Hanna terdengar kemudian hari itu untuk membual bahwa mereka telah menangkap ‘Mad Dog’ Shriver.

SOFREP

Pasukan Khusus AS Jerry ‘Mad Dog’ Shriver, saat Perang Vietnam.

Baca Juga: Belum Juga Resmi Jadi Presiden AS, Joe Biden Langsung Kibarkan Bendera Perang Lawan China Gegara Senggol Jepang, Ini Alasannya!Dalam siaran radio lain, Hanoi Hanna mengklaim mereka memiliki telinga Shriver, yang dianggap menyiratkan bahwa dia sekarang sudah mati dan mereka memiliki tubuhnya.

Pada tanggal 1 Mei 1970, daerah Fish-hook diserang oleh Tentara Republik Vietnam (ARVN) yang didukung oleh Satuan Tugas Amerika.

Tidak ada jejak struktur komando musuh penting yang pernah ditemukan di sana.

Tapi itu masih merupakan kemenangan yang signifikan bagi Amerika karena mereka menemukan dan menetralisir basis logistik besar dengan hampir 200 bunker penyimpanan yang berisi lebih dari 1.200 senjata individu, sekitar 200 senjata yang dilayani kru, 30 ton beras, dan sejumlah besar amunisi dan bahan peledak.

Pada tanggal 12 Juni 1970, sebuah tim dari US Grave Registration Unit tiba di lokasi pertempuran untuk mencari tujuh tentara yang hilang selama pertempuran, termasuk Shriver.

Meskipun mereka menemukan dua mayat, keduanya ternyata bukan Shriver.

Faktanya, tidak ada jejak dia atau peralatannya yang pernah ditemukan.

Shriver kurang dari tiga minggu lagi untuk menyelesaikan tur tugas ketiganya.

Dia baru berusia 27 tahun ketika dia resmi terdaftar sebagai MIA (Missing In Action).

Pada tahun 1974, Sekretaris Angkatan Darat saat itu memberi Shriver 'Penemuan Dugaan Kematian,' dan arsipnya ditutup secara permanen.

Nama Shriver selamanya diabadikan di 'The Wall' (The Vietnam Veterans Memorial di Washington D.C.) di Panel 26W, Baris 41. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : intisari-online.com

Baca Lainnya