Seperti Olok-olok Militer China, Kapal Induk AS Semakin Nekat Gelar Latihan Besar-besaran di Laut China Selatan, Begini Formasi Perangnya!

Minggu, 16 Agustus 2020 | 07:13
FB US PACIFIC FLEET

Ilustrasi kapal induk. Seperti Olok-olok Militer China, Kapal Induk AS Semakin Nekat Gelar Latihan Besar-besaran di Laut China Selatan, Begini Formasi Perangnya!

Sosok.ID - Ketegangan konflik seperti sedang ditabuh oleh militer Amerika Serikat pada lawannya, China.

Bahkan secara tersirat, militer AS mulai menantang China di tengah laut China Selatan.

Padahal China sebelumnya telah memperingatkan AS untuk tidak semena-mena dan nekat tebar konflik di tengah pandemi.

Namun ternyata apa yang diungkap oleh pemerintah China seperti tak digubris oleh pihak AS yang nekat gelar latihan di wilayah sengketa.

Baca Juga: Pembom Nuklir China Kembali Dikerahkan untuk Takut-takuti Amerika

Sekarang perang pun tinggal menunggu meletus baik dari pihak China maupun dari pihak AS sendiri.

Kapal Induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) kembali menggelar latihan perang di Laut China Selatan yang disengketakan pada hari Jumat (14/8).

Latihan perang itu dilakukan di tengah ketegangan AS dengan China yang menantang kehadiran militer AS di kawasan.

Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan mengatakan, latihan perang itu dipimpin kapal induk USS Ronald Reagen.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri AS Temukan Bukti, Rusia Sewa Pembunuh Bayaran Untuk Kacaukan Pasukan Amerika Serikat

Dalam latihan ini, USS Ronald Reagen melakukan latihan operasi penerbangan dan latihan stabilitas maritim kelas atas.

Komandan Angkatan Laut AS, Joshua Fagan, mengatakan, latihan itu dilakukan untuk meningkatkan integrasi dengan mitra AS di kawasan.

“Integrasi dengan mitra bersama kami sangat penting untuk memastikan daya tanggap dan mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ujar Joshua, di atas kapal USS Ronald Reagen, seperti dilansir Reuters, Sabtu (15/8).

Baca Juga: PLA Kerahkan Senjata Anti-Pesawat hingga Kendaraan Lapis Baja Demi Halau Cuaca Ekstrim di Hari Perang, Lawan AS atau Taiwan?

Latihan angkatan laut AS itu terjadi di tengah makin memanasnya hubungan AS-Tiongkok.

Washington mengkritik respons Beijing atas respons virus corona yang justru dimanfaatkan untuk mendorong klaim teritorial China di Laut China Selatan dan tempat lain, di saat negara lain tengah sibuk menghadapi pandemi.

AS telah lama menentang klaim teritorial China yang luas di Laut China Selatan dan mengirim kapal perang secara teratur melalui jalur perairan strategis tersebut.

Baca Juga: Punya 140 Hulu Ledak Nuklir yang Dapat Bunuh Jutaan Orang, Ini Alasan Mengapa India Harus Dirakuti, Bahkan Kembangkan Rudal Mirip Tomahawk AS!

Sementara China juga keberatan dengan latihan perang AS di Laut China Selatan dan mengatakan penolakan AS atas klaimnya di Laut China Selatan telah meningkatkan ketegangan dan merusak stabilitas di kawasan.

Selama ini, China mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan yang kaya akan sumber daya.

Baca Juga: Tak Usah Repot-repot Perang, Indonesia Bisa Bisa Bikin Malaysia Jatuh MiskinHanya dengan Tempatkan Militernya di Natuna

Kawasan ini juga merupakan jalur perdagangan yang nilainya mencapai sekitar US$ 3 triliun per tahun.

Brunei, Malaysia, FIlipina, Taiwan dan Vietnam juga memiliki klaim wilayah yang tumpang tindih dengan China di Laut China Selatan.

(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Ketegangan dengan China meningkat, Kapal Induk AS gelar latihan di Laut China Selatan"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kontan.co.id

Baca Lainnya