Sempat Jadi Istri TNI sebelum AHY Nyemplung Politik, Annisa Pohan Kenang Momen Upacara Militer Pernikahan: Makna Prosesi Pedang Pora...

Sabtu, 10 Juli 2021 | 19:08
Instagram @annisayudhoyono

Acara pernikahan Annisa Pohan dan Agus Harmurti Yudhoyono dengan prosesi pedang pora

Sosok.ID - Menikah pada 8 Juli 2005, Annisa Pohan dipersunting Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 16 tahun silam.

Belum lama ini keduanya merayakan hari jadi pernikahan, di mana Annisa mengenang momen pernikahannya dengan AHY di masa lalu.

Saat itu, Annisa dinikahi AHY dengan menggelar prosesi upacara militer "Pedang Pora".

Tak lagi menjadi istri anggota TNI, Annisa Pohan mengenang momen bersejarah di bulan Juli ini.

Baca Juga: AHY Kalah Telak, Inilah Sosok Pengganti Sarwo Edhi di Kopassus, Ternyata Bukan Orang Sembarangan di Kalangan Prajurit TNI AD!

Bertepatan pada 9 Juli kemarin, Annisapun mengunggah foto resepsi pernikahannya yang berbalut busana pengantin bernuansa hijau.

"Resepsi Pernikahan dengan upacara militer “Pedang Pora” 9 Juli 2005," tulis keterangan.

"Prosesi Pedang Pora memiliki makna yang mendalam bagi pasangan pengantin.Posisi dua pasukan yang membentuk gapura yang dilewati kedua mempelai menggambarkan kedua pasangan siap memasuki pintu gerbangkehidupan rumah tangga,"ungkap @annisayudhoyono, pada Sabtu (10/7/2021).

Dalam keterangannya, Annisa menyebut bahwa pedang terhunus dalam upacara itu memberi makna jiwa kstaria.

Baca Juga: 16 Tahun Berkiprah sebagai Prajurit hingga Rela Mengabdi untuk Pasukan Perdamaian di Lebanon, AHY Sakit Hati dan Sampaikan Hal Ini saat Netizen Sebut TNI RI Kerjanya cuma Tidur-tiduran Saja

Instagram @annisayudhoyono
Instagram @annisayudhoyono

Pernikahan AHY dan Annisa Pohan

"Pedang terhunus mengandung makna bahwa dengan jiwa ksatria kedua mempelai siap menghadapi segala rintangan yang akan mereka hadapi dalam kehidupan.Saat pasangan pengantin melewati gapura pora, menjadi cerminan doa agar keduanya mampu bergandengan tangan dalam menghadapi dan mengatasi semua rintangan,"terang Annisa Pohan.

"Adapun makna di balik bentuk Payung Pora adalah bahwa Tuhan Yang Maha Esa akan senantiasa melindungi kedua mempelai dalam menghadapi segala rintangan kehidupan dan selalu ingat untuk memohon lindungan dan petunjuk kepada-Nya."

Di akhir keterangan, Annisa Pohan menyertakan beberapa tagar yang menunjukkan bahwa ia sedang mengenang momen masa lalu.

"#throwbackJuly#kilasbalikJuli#nostalgiaAnnisa#UltahPernikahanAgusAnnisa#16YearsofLoveAndTogetherness#16tahunAgusAnnisa,"tulis dia.

Baca Juga: Ubah Penampilan Secara Drastis, AHY Tuai Komentar Saat Istrinya Angkat Bicara, Annisa Pohan: Aku kan Nikahi Hatinya, Bukan Penampilannya

Selain itu, Annisa kembali mengunggah beberapa potret rangkaian pernikahannya yang tak pernah terekspos.

Termasuk momen pengajian jelang pernikahan, pada 7 Juli 2005.

Instagram @annisayudhoyono
Instagram @annisayudhoyono

Acara pengajian jelang pernikahan Annisa Pohan dan Agus Harimurti Yudhoyono

Dalam acara pengajian tersebut, paras Annisa tampak polos tak terlihat riasan makeup yang menor.

"Pengajian pernikahan 7 Juli 2005.no make-up make-up kayaknya prinsip saya dulu yaaaa walau acara special teteup make-up sendiri untung acara-acara lain ada perias pengantin, itu pun Bunda dan Memo yg pilihkan dan siapkan,"tulis @annisayudhoyono.

Dilansir dari Grid.ID,pada 8 Juli 2021, Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohanmerayakan hari jadi pernikahannya yang ke 16 tahun.

Baca Juga: Batal Masuk Kabinet Kerja Jokowi, Begini Gaya AHY Beri Ucapan Selamat Kepada Para Menteri Terpilih: Saya Doakan Sukses

Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan menikah pada 8 Juli 2005 di Istana Bogormenggunakan upacara militer pedang pora. Saat itu AHY masih menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Setelah lulus Angkatan Militer (AKMIL), AHY diketahui bergabung dalam Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Kostrad) sejak tahun 2001.

Ia juga sempat bertugas sebagai Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kemuning (Danyonif 203), salah satu pasukan elit pengaman Ibu Kota.

Instagram @annisayudhoyono
Instagram @annisayudhoyono

Acara pedang pora di pernikahan Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan

Namun, di tahun 2017, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memutuskanmundur untuk mengikuti pencalonan Gubernur DKI Jakarta.

Sejak saat itu AHY mengawali karirnya di bidang politik. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Instagram, Grid.ID

Baca Lainnya