Pelajari dari Sekarang, Tips dan Trik Agar Peluang Lolos CPNS 2021 Lebih Terbuka Lebar

Selasa, 25 Mei 2021 | 20:18
dok.TribunTimur

Tips dan trik peluang lolos CPNS 2021 lebih besar

Sosok.ID -Tinggal menghitung hari, jika sesuai jadwal yang dirilis, pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka akhir Mei 2021 ini.

Sambil menunggu pembukaan pendaftaran, simak tips sukses lolos CPNS 2021 berikut ini.

Bagi yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mempersiapkan mengikuti seleksinya mulai dari sekarang.

Pasalnya untuk sukses lolos dari seleksi CPNS 2021 harus bersaing dengan banyak pelamar di seluruh wilayah Indonesia.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti seleksi CPNS 2021, simak tips sukses lolos CPNS yang telah dirangkum berikuti ini. Paling utama adalah tahu diri dan ukur diri dari sekarang.

Inilah cara tahu diri dan ukur diri yang dirangkum Warta Kota dari berbagai sumber tentang cara mengukur kemampuan sebagai kunci lolos CPNS 2021:

Baca Juga: Dijamin Tak Banyak Saingan, Inilah 10 Formasi CPNS 2021 yang Sepi Peminat Sesuai Catatan BKN, Begini Cara Daftarnya

1. Kondisi fisik harus prima untuk konsentrasi

Kondisi fisik yang prima menjadi modal untuk mengerjakan tes SKD dan SKB. Tips yang paling utama adalah menjaga kesehatan karena jika kondisi kita tidak fit maka saat mengerjakan soal pun tidak akan fokus.

2. Cari tahu tipe soal

Lalu, cari tahu tipe-tipe soal SKD dan SKB yang diujikan sehingga Anda lebih fokus mempelajari materinya. Untuk sukses lolos seleksi CPNS diharuskan untuk mempersiapkan jauh-jauh hari dengan melakukan latihan soal – soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

-Mengukur Kemampuan SKD

Paling pertama adalah mengukur kemampuan dalam mengerjakan soal-soal seleksi kompetensi dasar (SKD). Hal ini amat penting sebab akan berkaitan dengan pilihan instansi.

Cara mengetesnya mudah. Anda bisa membeli buku-buku tes SKD CPNS, dan menghitung sendiri hasil SKD anda. Biasanya buku-buku panduan CPNS akan menyertakan cara penghitungan nilai SKD. Calon peserta dapat mempelajari soal – soal CPNS terdahulu karena soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Biar Tak Kaget, Kenali Fitur Baru Portal SSCASN Pedaftaran CPNS, Dapat Mencegah Terjadinya Tindak Percaloan

Tes SKD merupakan tes awal CPNS dimana banyak peserta akan gugur di tes ini. Setelah itu simpan hasil tes SKD anda. Tapi tentunya jangan hanya mengambil satu kali hasil ujicoba. Cobalah beberapa kali dan bahkan disarankan sangat banyak.

-Petakan hasil SKD CPNS tahun lalu (CPNS 2018 dan CPNS 2019) di instansi yang anda incar

Bagian ini sebenarnya mengawinkan antara hasil tes SKD anda berdasarkan soal-soal dari buku tes CPNS dengan hasil real nilai para peserta yang lolos di SKD CPNS 2018 atau CPNS 2019.

Mengapa harus begitu? Sebab sebenarnya nilai para pendaftar CPNS di tiap instansi dari tahun ke tahunnya cenderung berada di level yang sama. Beberapa instansi dengan nilai SKD yang tinggi ada di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Pemprov DKI, Pemkot Bandung, dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Sementara itu, tugas anda adalah mencari ada di level mana nilai SKD anda. Apabila nilai SKD anda jauh dari level nilai peserta CPNS 2018 atau CPNS 2019 di instansi yang anda incar, sebaiknya pikir dua kali untuk melamar disana.

Sebab artinya kemungkinan anda gugur di tes SKD akan amat besar.

Baca Juga: Lulusan SMK Bisa Daftar, CPNS 2021 Dibuka 31 Mei,Berikut Syarat dan Dokumentasi yang Harus Dipenuhi Pelamar PPPK

-Pelajari Materi SKB dari Sekarang

Apa pentingnya memantapkan pilihan formasi dari sekarang? Jawabannya adalah agar bisa menyiapkan belajar materi SKB dari sekarang.

Banyak orang menyebut bahwa yang penting lolos SKD dulu. Namun, jangan salah, setelah kalian lolos SKD, maka SKB jadi masalah selanjutnya.

Dan banyak peserta CPNS tidak siap ketika dihadapkan dengan materi SKB. Itulah mengapa kalian harus memantapkan formasi apa yang akan dipilih pada CPNS 2021 dari sekarang.

Dengan begitu kalian dapat mencari kisi-kisi materi SKB dari sekarang. Ingatlah bahwa nilai SKB memiliki bobot 60 persen saat akumulasi nilai SKD dan SKB. Sehingga memenangkan SKB mutlak harus dilakukan apabila ingin lolos CPNS 2021.

Pada akhirnya dengan mengetahui formasi jabatan sejak dini, calon peserta juga dapat menilai dirinya bisa lolos atau tidak. Sebab dia bisa melakukan latihan soal, dan mencocokannya dengan hasil SKB di instansi dan formasi jabatan yang ingin ia pilih.

Baca Juga: Lulusan SMK Bisa Daftar, CPNS 2021 Dibuka 31 Mei,Berikut Syarat dan Dokumentasi yang Harus Dipenuhi Pelamar PPPK

Sebenarnya ada beberapa keuntungan apabila kita memilih formasi yang masih cukup jarang materinya di internet. Hal itu membuat formasi tersebut jadi gelap dari informasi materi SKB, sehingga pada akhirnya nilai para peserta tidak terlalu tinggi.

Sementara itu, Jika memilih formasi yang materinya sudah banyak di internet, maka para pesertanya dari tahun ke tahun akan cenderung memiliki nilai SKB yang tinggi. Jadi, pilihkan formasi dari sekarang.

-Memilih Formasi Jabatan

Lalu bagaimana memilih formasi jabatan. Beruntung sscn.cpns.go.id membuat fitur yang baik untuk membantu para pelamar. Kita bisa memantau jumlah pelamar di setiap formasi jabatan.

Artinya anda bisa berselancar melihat-lihat di setiap formasi jabatan untuk menentukan pilihan sambil melihat calon rival saat tes SKD. Sebaiknya manfaatkan sampai hari terakhir, teruslah memantau formasi jabatan yang anda incar.

Lihat jumlah pelamarnya dari hari ke hari. Apabila formasinya yang akan diterima ada 3, dan pendaftarnya hanya 20, segeralah ambil formasi jabatan itu.

Baca Juga: Update Pemberitahuan Terkait Jadwal Seleksi CPNS 2021 dan PPPK, Pendaftaran Segera Dibuka

Tapi apabila formasi jabatannya 1 dan pelamarnya sudah 40 atau 50 orang, maka pertimbangkan ulang. Cari pertimbangannya adalah dengan melihat nilai simulasi SKD anda, dan bandingkan dengan nilai tertinggi di tes SKD CPNS 2018 di formasi tersebut.

Cara mencarinya mudah, buka website instansi tersebut, carilah disana berkasnya.

3. Mengenali kisi-kisi dan materi CPNS

Selalu update mengenai kisi – kisi dan materi CPNS dari tahun sebelumnya. Materi CPNS banyak sekali dijumpai melalui buku-buku dan aplikasi yang dapat menjadi pedoman untuk belajar tes CPNS.

4. Selalu update mengenai informasi Seleksi CPNS (Tahapan Seleksi dan Pendaftaran)

Selalu cek informasi seputar seleksi CPNS seperti informasi pendaftaran, pemberkasan, dan informasi formasi instansi yang diinginkan dan sesuai dengan bidang kemampuan.

Pastikan seluruh berkas valid dan tepat dalam pemilihan formasi yang diinginkan. Jangan sampai salah memilih formasi yang sesuai dan berkas tidak mendukung.

Baca Juga: Aturan Baru Daftar CPNS 2021, Pelamar Wajib Isolasi Mandiri Sebelum Ujian Hingga Peserta Positif Covid-19 Bisa Ikut Tes, Berikut Syarat yang Harus Diikuti

5. Teliti

Saat mengerjakan soal – soal SKD dan SKB, peserta harus selalu teliti dalam mengerjakannya. Sebab banyak sekali pertanyaan – pertanyaan menjebak dengan jawaban yang satu sama lain hampir mirip. Apabila tidak teliti, bisa aja hasil mengerjakan tes tidak akan maksimal.

6. Memperhatikan waktu mengerjakan

Saat mengerjakan soal tes, tidak hanya tepat dalam menjawab soal-soal, namun harus cepat. Selalu perhatikan waktu dalam mengejakan soal tesnya.

Jangan sampai memakan waktu lama dalam mengerjakan soal dalam jenis soal tertentu yang sulit untuk dikerjakan yang menyebabkan tidak cukup waktu untuk mengerjakan keseluruhan soal.

7. Mengerjakan dengan tenang

Kerjakan soal dengan tenang dan tidak gugup karena gugup akan menyebabkan hilangnya konsentrasi yang mengakibatkan mengerjakan soal tidak maksimal.

Baca Juga: CPNS 2021 di Depan Mata, BKN Tawarkan Simulasi Tes CAT Gratis Tiap Hari untuk 2 Ribu Pendaftar, Begini Cara Daftarnya!

8. Pahami kondisi lokasi tes

Datang lebih awal ke lokasi tes CPNS dapat menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terkena kemacetan, tersesat menuju lokasi, dan kendala terhadap kendaraan yang digunakan untuk menuju lokasi. Datang lebih awal agar kondisi lebih tenang dan akan lebih siap untuk mengerjakan seluruh soal tes CPNS

9. Selalu doa dan meminta restu orangtua

Doa merupakan kunci keberhasilan selain berjuang dengan sekuat tenaga. Selalu berdoa untuk meminta kemudahan dalam mengerjakan soal dan juga meminta doa restu kepada orangtua, saudara dan keluarga.

(*)

Editor : Rina Wahyuhidayati

Sumber : Tribun Bali

Baca Lainnya