Dilambungkan Tinggi-tinggi Langsung Dihempas ke Bumi, Bocah 12 Tahun Mirip Jack Ma Dikembalikan ke Gubuk Reyotnya setelah Ketenarannya 4th Dieksploitasi

Minggu, 21 Februari 2021 | 18:45
Global Times | World Economic Forum at en.wikipedia

Fan Xiaoqin dan Jack Ma

Sosok.ID - Seorang bocah 12 tahun dengan rupa mirip dengan pengusaha Jack Ma, pernah viral di China karena mendadak hidup mewah.

Tetapi hal itu tak bertahan lama, ia kini kembali ke kehidupannya dulu, membuat netizen China mengasihani sosoknya.

Dikutip dari Global Times, Minggu (21/2/2021), bocah itu bernama Fan Xiaoqin.

Ia terlihat sangat mirip dengan miliarder China Jack Ma Yun.

Baca Juga: Jack Ma Dicoret Pemerintah Beijing dari Daftar Wirausahawan Sukses China

Fan Xiaoqin telah kembali ke desa asalnya setelah empat tahun menjalani "kehidupan mewah" yang disponsori oleh sebuah perusahaan yang mencari keuntungan dari ketenarannya yang tiba-tiba.

Sementara netizen mengasihani ketenaran yang berumur pendek itu karena tidak bisa mengubah kehidupan miskin anak berusia 12 tahun tersebut.

Berasal dari sebuah desa di Provinsi Jiangxi, China Timur, Fan, saat itu berusia 8 tahun, menjadi sorotan pada tahun 2016 karena terlihat sangat mirip dengan pendiri Alibaba Group, Jack Ma.

Baca Juga: Dua Bulan Menghilang Tanpa Kabar Setelah Kritik Pemerintahan Xi Jinping, Jack Ma Akhirnya Muncul Lagi ke Publik, Ini yang Terjadi pada Perusahaannya

Anak laki-laki itu kemudian menerima undangan untuk syuting iklan, mempromosikan produk dan berakting dalam film, sementara rumahnya, yang hanya memiliki satu bohlam lampu, menjadi tempat yang ditinggalkan.

Fan dibawa ke Shijiazhuang, Hebei China Utara oleh "bos" bernama Liu Changjiang pada tahun 2017.

Liu berjanji untuk mengirim Fan ke sekolah dan memberi keluarga sekitar 10.000 yuan ($ 1.542) setahun. Liu juga memasang furnitur dan toilet untuk rumah Fan di desa.

Di Shijiazhuang, anak laki-laki yang berpakaian seperti "bos" kecil, muncul di program TV dan streaming online.

Baca Juga: Perusahaan Alibaba dan Ant Group Dirampas Pemerintah China dari Jack Ma yang 'Menghilang'

Dia tinggal di rumah yang dihias dengan baik dan dirawat oleh seorang pengasuh muda, menurut klip video yang membagikan kehidupan Fan yang masih tersedia secara online.

Fan juga didorong untuk bersekolah. Namun, Fan tampak kesusahan di sekolah. Dia ditemukan bertanya-tanya selama jam pelajaran oleh penjaga sekolah dan secara teratur bolos sejak Desember 2019.

Setelah sempat disorot hingga merubah hidupnya, pada akhirnya gaya hidup "boros" Fan di Shijiazhuang berakhir awal tahun ini.

Bocah itu pulang ke rumah pada Januari 2021 dengan tas sekolah dan beberapa pakaian, yang merupakan miliknya dalam beberapa tahun terakhir, menurut laporan media.

Baca Juga: Bakal Jadi Miskin Lagi, China Benar-benar Serius Hancurkan Bisnis Jack Ma, Kini Xi Jinping Ambil Alih 2 Perusahaan Alibaba

Wanita yang merawat Fan membawa anak laki-laki itu kembali ke desa asalnya.

Ayah Fan, yang kaki kanannya diamputasi beberapa tahun lalu karena kecelakaan, mengatakan kepada media bahwa dia berencana mengirim bocah itu untuk belajar di kelas empat sekolah dasar, tetapi bocah itu bahkan belum belajar pertambahan dan pengurangan.

Fan juga tampaknya tetap memiliki tinggi yang sama selama empat tahun terakhir, dan wanita yang merawat Fan mengatakan kepada keluarga bahwa anak laki-laki tersebut memiliki dwarfisme.

Situasi terbaru Fan dan keluarganya beredar di media sosial dengan banyak yang mengungkapkan belas kasihan kepada anak laki-laki yang "ditinggalkan setelah nilai komersialnya dieksploitasi".

Baca Juga: Imbas Hilangnya Jack Ma, Pemerintah China Minta Tak Liput Alibaba, Perusahaan Terbesar di Asia Bakal Dipaksa Gulung Tikar?

"Keluarga Fan gagal mengidentifikasi dunia tempat mereka mengirim anak itu ... Itu bukan masa depan yang cerah tetapi hanya menghasilkan uang cepat dengan ketenarannya yang seperti meteor," kata seorang pengguna internet di Sina Weibo

"Dia tidak mendapatkan apa-apa pada akhirnya,” tambahnya.

Beberapa netizen juga mengkritik "Bos Liu" karena menggunakan Fan sebagai alat dan tidak merawatnya dengan baik.

“Apapun kesehatan anak laki-laki itu, menipu anak laki-laki dari keluarganya adalah tindakan tidak bermoral!” kata pengguna Weibo lainnya.

Baca Juga: Dunia Sedang Heboh! Bos Alibaba Jack Ma 'Menghilang' Setelah Mengkritik Pemerintah China, Fotonya Bahkan Dihapus dari Web Penjurian

Ayah Fan memberi tahu China Youth Daily bahwa "Bos Liu" dulu telah berjanji akan membawa bocah itu ke Shijiazhuang dan membantunya masuk perguruan tinggi. Jika Fan gagal dalam ujian, dia dapat bekerja di perusahaan Liu.

Beberapa berspekulasi bahwa Fan mungkin memiliki keterbelakangan mental dan situasi keluarga sedikit banyak membaik dengan sponsor Bos Liu.

Ayah Fan tidak menerima banyak pendidikan dan hampir tidak dapat menghidupi keluarga.

“Apakah tinggal di desa selalu menjadi alternatif yang lebih membahagiakan bagi Fan? Bisakah bocah itu menanggung kehidupan yang buruk ketika dia melihat dunia di luar? " seorang netizen bertanya.

Baca Juga: Batang Hidungnya Jadi Pertanyaan Seluruh Warga Dunia, Teka-teki Keberadaan Jack Ma Dibongkar Sosok Ini, Sebut sang Miliarder Kemungkinan sedang Sembunyi di Tempat Ini

Sementara itu, diketahui pemerintah China beberapa bulan terakhir sedang terlibat maslah dengan Jack Ma.

Miliader pendiri Alibaba itu bahkan sempat digaungkan menghilang setelah mengkritik kebijakan pemerintah.

Tak sedikit yang menduga Fan 'ditelantarkan' beriringan dengan merosotnya nama Jack Ma dan perusahaannya.

Fan yang tenar secara mendadak, telah kembali ke gubuknya di desa. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times

Baca Lainnya