'Jika Tak Sanggup Mundur Saja!' Kader Gerindra Disanksi Partai Usai Kritik Anies Baswedan

Rabu, 27 Januari 2021 | 15:45
Dok. Pemprov DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinyatakan negatif virus corona setelah satu bulan melakukan isolasi mandiri.

Sosok.ID- Gerindra dikenal sebagai partai koalisi yang mendukung Anies Baswedam pada Pilkada 2017 silam.

Tetapi baru-baru ini, kadernya melontarkan kritikan tajam, meminta Gubernur DKI Jakarata Anies Baswedan mundur dari jabatannya.

Kritikan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Jakarta Timur, Ali Lubis, ketika menanggapi berita bahwa Anies Baswedan meminta pemerintah pusat mengambil alih penanganan Covid-19 di Jakarta.

Menurut Ali Lubis, jika sekiranya sudah tidak sanggup menangani pandemi Covid-19 di wilayah yang dipimpinnya, akan lebih baik jika Anies Baswedan melepaskan jabatan Gubernur DKI Jakarta.

Baca Juga:Gubernur DKI Jakarta Terapkan PSBB Demi Nyawa Warganya, Wakil Ketum Gerindra: Anies Layak Dinonaktifkan!

Kritik Ali Lubis mulanya disampaikan via media sosial Twitter.

Jika sudah tak sanggup, sebaiknya mundur saja dari jabatan Gubernur..simple kan," tulisnya di akun @AliLubisACTA.

Melansir tayanganKompas TVSenin (25/1/2021) viaKompas.com, Ali menilai penerapan aturan-aturan yang diberlakukan Anies di Jakarta tidak menunjukkan hasil yang memuaskan.

"Karena apa? Selama ini kan yang kita ketahui Pak Anies tampil gagah, perkasa, dan hebat ketika berbicara di hadapan media massa terkait penanganan Covid-19 di DKI."

Baca Juga:Gerindra dan PDIP Dimabuk Asmara, Bau-bau Prabowo Subianto Maju Pilpres Gandeng Kader Banteng Moncong Putih, Pengamat: Mereka Lagi Mesra-mesranya

"Nah, kok sekarang tiba-tiba mengeluh bahkan melempar wacana agar pemerintah pusat mengambil alih."

"Bahkan ada istilah rem darurat yang sempat viral. Beliau lakukan juga, tapi hasilnya pun tidak maksimal seperti yang kita ketahui," papar Ali Lubis.

Sementara itu mengutipTribunnews.com, melalui keterangan tertulis, Ali Lubis mempertanyakan komitmen Anies Baswedan dalam memerangi virus corona.

"Ini menimbulkan pertanyaan besar apakah Anies menyerah lawan Covid-19? Jika seperti itu maka sebaiknya mundur saja dari jabatan gubernur," katanya, Senin.

"Seharusnya warga Jakarta itu taat dan patuh, tapi sejauh ini malah meningkat warga Jakarta yang terpapar Covid-19," ujarnya.

"Jangan-jangan warga Jakarta sudah tidak mendukung Anies sebagai gubernur," tambahnya.

Baca Juga:Ketum Gerindra Nyalon Presiden Diyakini Bakal Kalah Lagi, Wakil Partai Tak Setuju: 1,5 Tahun Jelang Pilpres Nama Prabowo Pasti Menguat!

Dijatuhi sanksi

Pada akhirnya Ali Lubis dijatuhi sanksi oleh petinggi partai Gerindra.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, pihaknya telah memberikan teguran kepada Ali Lubis.

Menurutnya, setiap kader perlu berkoordinasi dengan partai jika hendak berkomentar tentang Pemprov DKI Jakarta.

“Itu kan sudah kami sanksi dan diingatkan untuk koordinasi dulu,” ujarnya dalam tayanganKompas TV.

Habiburokhman menyebut kritikan Ali Lubis terlalu keras, sehingga Gerindra menindaklanjuti pernyataannya.

"Kepada Pak Ali Lubis, kami akan memperingatkan, tetapi kami juga tidak melarang orang bersikap kritis," ucapnya.

Gerindra juga menegaskan bahwa apa yang disampaikan Ali Lubis merupakan opini pribadi tanpa mewakili partai.

Baca Juga:Natalius Pigai Diolok-olok Secara Rasis gegera Tolak Vaksin Pemerintah, Refly Harun Kecewa Tak Ada Tindakan: Kalau yang Dihina Pendukung Jokowi Langsung Ditangkap

Anies Baswedan koordinasi masalah Covid-19 dengan Pusat

Sebelumnya, pada Selasa (19/1/2021), Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan bahwa Pemprov DKI sedang berdialog dengan pemerintah pusat mengenai penangananan pandemi corona.

Anies Baswedan kata Riza, meminta Presiden Joko Widodo campur tangan meningkatkan fasilitas kesehatan di wilayah Jakarta.

"Pak gubernur berkoordinasi dengan pemerintah pusat berharap pemerintah pusat bisa mengambil alih, memimpin agar ada peningkatan fasilitas di sekitar Bodetabek," ucap Riza dikutip dariTribunnews.com.

Riza yang juga merupakan politisi dari Partai Gerindra mengatakan, Jakarta saat ini membutuhkan lebih banyak fasilitas kesehatan karena banyak warga di daerah memilih dirawat di Ibu Kota.

"Harapan kami tidak hanya substansi dan waktu saja, fasilitas di daerah juga ditingkatkan, khususnya di sekitar Jakarta," kata dia.

"Karena kalau sekitar Jakarta tidak mendapat dukungan lebih dari pemerintah pusat, itu akan berdampak pada ketersediaan fasilitas di Jakarta yang memang Covidnya masih tinggi," pungkasnya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya