Cuma 3 Soal tapi Sukses Buat Mahasiswa Universitas Top Amerika Pusing Tujuh Keliling, Inilah Tes IQ Tersingkat dan Tersulit di Dunia, Hanya Ada 13 Persen yang Berhasil Memecahkannya

Kamis, 24 Desember 2020 | 17:35
Gambar ilustrasi/Pixabay

Inilah tes IQ tersingkat dan tersulit di dunia, terdiri dari 3 soal dan hanya bisa dipecahkan 13 persen orang yang mengerjakannya.

Sosok.ID - Inilah tes IQ tersingkat dan tersulit di dunia yang hanya bisa dipecahkan oleh 1 di antara 5 orang yang mengerjakannya.

Untuk menyelesaikan tes IQ ini, seseorang hanya perlu memecahkan tiga soal matematika.

Kendati hanya tiga soal, tapi nyatanya tes IQ ini sukses membuat lebih dari 80 persen orang yang mengerjakannya pusing tujuh keliling.

Dilansir Sosok.ID dari Daily Mail, tes IQ yang disebut sebagai Cognitive Reflection Test (CRT) ini merupakan hasil penelitian di tahun 2005 silam.

Baca Juga: Petantang-petenteng Ajak Ribut Pengemudi Mobil di Jalan, Dua Pria Ini Langsung KO hanya dalam Waktu 10 Detik, Ternyata yang Ditantang adalah Pelatih Tinju

Dalang di balik penelitian itu sendiri adalah seorang guru besar dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), yakni Profesor Shane Frederick.

Namun, makalah penelitiannya kembali menjadi perbincangan publik tahun lalu setelah beredar luas di dunia maya.

Karena itu, banyak orang yang kemudian dibuat penasaran dan ingin mencoba menyelesaikan tes IQ tersebut.

Dalam makalah yang beredar, dilaporkan bahwa Profesor Frederick telah menguji tes IQ tersebut kepada lebih dari 3.000 partisipan yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Baca Juga: Belum Genap Sejam Sah Jadi Istri Orang, Wanita Ini Harus Terima Nasib Jadi Janda Usai Ditalak Suami 15 Menit Setelah Ijab, Masalah Mas Kawin Jadi Penyebabnya

Beberapa di antara mereka yang merupakan mahasiswa dari universitas top di Amerika, seperti Yale dan Harvard, mengaku pusing tujuh keliling saat mengerjakan tes IQ tersebut.

Hasilnya, hanya 17 persen dari lebih dari 3.000 partisipan yang berhasil memecahkan 3 soal matematikan dalam tes IQ tersebut.

Artinya, sebanyak 83 persen partisipan gagal menyelesaikan tes IQ itu.

"Tiga soal di CRT tersebut 'mudah' dalam arti bahwa solusi mereka mudah dipahami ketika dijelaskan," ungkap Profesor Frederick.

Baca Juga: Empot-empotan Kirim Uang Bulanan tapi Istri Protes Kurang Melulu, Pria Ini Nekat Pura-pura Meninggal Dunia, Tak Disangka Akal Bulusnya Terbongkar Gegara Hal Tak Terduga

"Namun untuk menentukan jawaban yang benar, seringkali dibutuhkan penindasan terhadap jawaban yang salah yang muncul 'secara impulsif' di pikiran," tambahnya.

Ketiga pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sebuah topi dan sebuah bola harganya jika ditotal adalah $1.10. Harga topi $1 lebih mahal dari bola. Berapakah harga bola?

2. Jika dalam membuat 5 widget memerlukan waktu 5 menit dengan 5 buah mesin, maka berapa waktu yang diperlkan untuk membuat 100 widget dengan 100 mesin?

Baca Juga: Kamera CCTV Jadi Saksi, Viral Rekaman Bikin Emosi Tunjukkan Detik-detik Seorang Guru TK Banting Muridnya di Hadapan Seluruh Siswa, sang Bocah Terluka Parah Sampai Harus Dapat 8 Jahitan

3. Di sebuah danau, ada sepetak bunga lily yang menutupi permukaannya. Setiap hari, ukurannya bertambah luas sebanyak dua kali lipat. Jika untuk menutup seluruh permukaan danau dibutuhkan waktu 48 hari, berapa lama waktu yang diperlukan untuk menutup setengah dari luas danau?

Berikut adalah jawaban yang biasanya dituliskan oleh peserta tes:

1. 10 sen

2. 100 menit

Baca Juga: Belum Genap Sedekade Hirup Oksigen Dunia, Bocah 9 Tahun Ini Sudah Bisa Cetak Uang Lebih dari Rp 3 Triliun, Kini Dinobatkan Sebagai YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi

3. 24 hari

"Siapa pun yang merenungkannya, walaupun hanya sesaat akan menyadari bahwa perbedaan antara $1 dan 10 sen hanyalah 90 sen, bukan $1, sesuai dengan masalah yang ditentukan," kata Profesor Frederick.

"Dalam kasus ini, menangkap kesalahan itu sama saja dengan menyelesaikan masalah", tambahnya.

Namun, kebanyakan orang-orang tidak memperhatikan hal tersebut.

Baca Juga: Sebelum Tidur Perut Masih Rata, Gadis 19 Tahun Syok Bangun-bangun Perutnya Sudah Buncit, 45 Menit Kemudian Tiba-tiba Sudah Melahirkan

Sementara orang-orang yang memperhatikan hal tersebut adalah yang memberikan jawaban yang benar.

Berikut adalah jawaban benar dari ketiga pertanyaan tersebut:

1. 5 sen

2. 5 menit

Baca Juga: Sudah Bosan Jadi Manusia, Pria Ini Nekat Serahkan Nyawanya Demi Jadi Dewa, Akhirnya Dikubur Hidup-hidup oleh Warga Sekampung

3. 47 hari

Masih bingung kenapa jawabannya bisa seperti itu?

Presh Talwalkar, penulis The Joy of Game Theory: An Introduction to Strategic Tinking menjelaskan bagaimana cara untuk mengerjakan soal-soal tersebut.

1. Sebut saja harga bola adalah X. Kemudian harga topi lebih mahal $1, kita tuliskan sebagai X + 1. Jadi topi+bola = X + (X+1)= 1.1 karena total harga keduanya adalah $1.1. Artinya,

Baca Juga: Hidup Bertetangga Tapi Tak Pernah Saling Sapa, Tiga Wanita Ini Syok Saat Tahu Suaminya adalah Orang yang Sama, Ternyata Suaminya Diam-diam Poligami

2X + 1 = 1.12x = 1.1 - 12x = 0.1x=0.05

Itu berarti, harga bola adalah 5 sen dan harga topi adalah $1.05

2. Jika dibutuhkan 5 mesin dan waktu 5 menit untuk membuat 5 benda, maka dibutuhkan 1 mesin dan waktu 5 menit untuk membuat 1 benda (setiap mesin membuat widget dalam 5 menit). Jika kami memiliki 100 mesin yang bekerja bersama, maka masing-masing dapat membuat widget dalam 5 menit. Jadi akan ada 100 benda dalam 5 menit.

3. Setiap MAJU satu hari, ukuran petak menjadi dua kali lipat. Jadi setiap MUNDUR satu hari, ukuran petak berkurang setengahnya. Jadi pada hari ke-47 danau itu menjadi setengah penuh.

Baca Juga: Rasa Sayangnya Kebablasan Sampai Berubah Jadi Cinta Beneran, Selebgram Ini Nekat Ceraikan Suaminya untuk Nikahi Anaknya, Kini Sedang Hamil Besar

(*)

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Daily Mail

Baca Lainnya