Taipe Ngacir Duluan? F-16 Taiwan Adu Sangar dengan Su-30 China di Udara, Eks Pilot: Kita Berharap Bisa Sembunyi di Balik Punggung Musuh..

Minggu, 18 Oktober 2020 | 19:25
rosoboronexport

Ilustrasi - F-16 Taiwan Adu Sangar dengan Su-30 China di Langit Taipe.

Sosok.ID - F-16 Taiwan diadu dengan Su-30 dalam deretan peristiwa yang terjadi belum lama ini di Laut China Selatan.

Ketika Angkatan Udara PLA (PLAAF) mencoba masuk ke pulau-pulau Taiwan selama kunjungan seorang diplomat top Amerika, laporan mengungkapkan bahwa pertempuran udara singkat terjadi antara F-16 Taiwan dan PLAAF Su-30MKK, di mana yang pertama memaksa yang terakhir mundur.

Dikutip dari Eurasian Times, menurut laporan yang diterbitkan oleh kantor berita Taiwan, Su-30MKK sedang menyediakan pengawalan ke pesawat angkut Shaanxi Y-8, ketika para pejuang pulau itu bergegas untuk mencegatnya di pagi hari.

Baca Juga: Main Halus,China Tuduh Taiwan Kirim Mata-mata Lewat Tayangan Film, Pemerintah Taipei Naik Darah: Ini Politik Jahat!

Perebutan jet tempur adalah hal biasayang dilakukan oleh Taipei setiap kali PLAAF menyusup ke wilayah udaranya.

Meski demikian insiden kali ini menandai sesuatu yang berbeda dan lebih menarik.

Pada 15 Oktober, dalam sebuah wawancara dengan TVBS, seorang pensiunan pilot ROCAF (Taiwan) mengungkapkan bahwa insiden itu terjadi pada 10 September, ketika dua F-16 mengejar pesawat PLAAF Y-8 untuk memaksa mundur dari Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ).

Jao Tzu-Chiang, mantan pilot yang mengungkapkan insiden tersebut, menggambarkan bahwa Su-30MKK Tiongkok kemudian turun dari ketinggian dan mendekati untuk mencegat F-16 Taiwan, untuk melindungi Y-8.

Baca Juga: Berkedok Latihan Militer, China Kepung Wilayah Taiwan dengan Jet Tempur Sukhoi

Sebagai tanggapan, F-16 naik, meningkatkan ketinggiannya, merebut posisi superior, dan mengusir Su-30.

Meskipun tidak ada konfirmasi dari Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan, berita tersebut telah menjadi sorotan dan topik pembicaraan di kalangan pertahanan.

Jao lebih lanjut menjelaskan bahwa pesawat perang China terbang pada ketinggian 30.000 kaki dan dengan cepat turun untuk mencegat F-16.

Ada 2 F-16 melawan Su-30, dan pilot Taiwan menjebaknya dari kedua sisi.

Baca Juga: Tiga Perintah Xi Jinping Kepada Militer China, Bersiap Perang Menghadapi Amerika!

“Jika pesawat kita bertemu dengan pesawat mereka, kita harus berharap bahwa kita bisa bersembunyi di balik punggung musuh dan dari atas, kemudian masuk dan menjebaknya."

"Ketika Anda menjebaknya ke arah ini dan ketika dia mencoba bergerak ke kiri atau kanan atau ke atas dan ke bawah, dia tidak punya cara untuk bereaksi, ”jelasnya.

Namun, Jao juga menambahkan bahwa Su-30MKK memang pesawat yang sangat kuat dan dapat membawa muatan persenjataan yang jauh lebih tinggi daripada F-16.

Ini lebih besar dan lebih berat, juga lebih bermanuver, menjadikannya dogfighter yang mumpuni.

Baca Juga: Media Tiongkok Bocorkan Militer China Segera Bumi Hanguskan Taiwan, AS Sarankan Taipei Adopsi Pertahanan Anti-Akses Untuk Tangkal Serangan PLA

Kendati demikian, F-16 mengimbangi hal ini dengan kelincahan yang lebih tinggi, senjata yang lebih canggih, dan avionik yang lebih unggul.

“Ketika F-16 dan Su-30 bertemu satu sama lain di udara, keduanya mungkin bisa menang. Itu tergantung pada ketepatan pelatihan dan bakat serta reaksi para pilot,” kata Jao.

Baca Juga: Perkara Rubah Nama Pulau Bikin Sensitif, China Disebut Berniat Kirim Serangan Besar-besaran ke Jepang Hingga Sepakat Bersekutu dengan Taiwan

Peristiwa ini, jika dan ketika dikonfirmasi secara resmi, menandai babak baru dan memberikan wawasan tentang tingkat permusuhan yang dihadapi PLAAF dan ROCAF di Selat Taiwan.

Negara-negara baru-baru ini merayakan hari-hari nasional mereka, di mana intrusi semakin meningkat. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Eurasian Times

Baca Lainnya