Meninggal Dunia di Dalam Sel Tahanan, Terungkap Penyebab Tewasnya Tersangka Pembunuh Rangga Sekaligus Pemerkosa Ibu Muda di Aceh Timur

Minggu, 18 Oktober 2020 | 18:13
Serambinews

Pelaku pemerkosa ibu dan pembunuh Rangga meninggal di penjara, terungkap penyebabnya.

Sosok.ID -Belakangan masyarakat Indonesia dihebohkan dengan kasus pembunuhan seorang bocah yang membela ibunya dari seorang pelaku pemerkosa.

Kini, kabar mengejutkan datang dari pelaku yang telah ditetapkan statusnya sebagai tersangka, SB (41).

Warga Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur itu dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (18/10/2020) dini hari.

Kapolres Langsa, AKBP Giyarto SH SIK, melalui Kasat Reskrim, Iptu Arief Sukmo Wibowo SIK, dalam keterangan tertulis kepada Serambinews.com, Minggu (18/10/2020) SB meninggal dunia sekitar dini hari dikarenakan dugaan sakit sesak dan jarang mau makan.

Baca Juga: Disuruh Kabur Selamatkan Diri, Bocah 10 Tahun Pilih Bertahan Bela Ibunya dari Pemerkosa, Nahas Nyawanya Melayang Usai Dibacok Pelaku

Kasat Reskrim menyebutkan, sehari sebelum tersangka meninggal, Sabtu (17/10/2020) dini hari SB sempat dibawa petugas ke RSUD Langsa karena mengeluh sesak napas, sehingga dia dibawa ke RSUD Langsa.

Lalu, setelah berada ke RSUD Langsa, SB dilakukan tindakan medis berupa cek suhu (hasil normal 36,7), cek tensi (hasil normal 107/68), cek kadar oksigen (hasil 97 persen).

"Setelah dicek suhu, cek tensi, dan cek kadar oksigen tersangka SB, semuanya normal. Petugas medis saat itu memberikan infus selama satu malam kepada tersangka SB," ujarnya.

Iptu Arief menambahkan, karena kondisi tersangka SB sudah membaik, Sabtu (17/10/2020) sekira pukul 06.00 WIB dokter memperbolehkan SB dibawa pulang ke Polres Langsa.

Baca Juga: Dikira Lambungnya Bermasalah Gegara Sering Ngeluh Sakit Perut, Saat Diperiksa Gadis 13 Tahun Ini Ternyata Hamil 7 Bulan, Terungkap Perbuatan Bejat sang Ayah Tiri

"Sejak Kamis (15/10/2020) sebelumnya tersangka SB mulai susah atau jarang mau makan. Terakhir pada Sabtu (17/10/2020) sekitar pukul 20.00 malamnya, tersangka SB ada memakan nasi yang telah lama disediakan di sel," jelasnya.

Selanjutnya, sambung Kasat Reskrim, Sabtu (17/10/2020) sekira pukul 23.30 WIB tersangka mengeluh sesak, petugas jaga tahanan langsung melaporkan kondisi tahanan (tersangka SB) kepada petugas piket.

Namun di waktu akan dibawa kembali ke RSUD Langsa malam itu juga, tersangka SB sudah terbujur kaku (diduga sudah meninggal) di dalam sel tahanan Mapolres Langsa ini.

Sehingga petugas kepolisian setempat memasuk sekitar dini hari Minggu (18/10/2020), langsung membawa tersangka SB ke RSUD Langsa, dan pihak medis menyatakan tersangka telah meninggal dunia.

Baca Juga: Korban Pemerkosaan Gugat Kapolri dan Kapolres, Kuasa Hukum: Dengan Gugatan Ini, Biarlah Kita Saling Terbuka

Seperti diberitakan sebelumnya, tersangka Samsul Bahri (41) terlibat sebagai pelaku tunggal pembunuhan terhadap bocah Rg (10) dan memperkosa ibu bocah itu, Rn (28).

Menurut Iptu Arief Sukmo, tersangka Samsul Bahri ditangkap hidup-hidup Minggu (11/10/2020) pukul 09.00 WIB oleh Tim gabungan di areal perkebunan sawit.

Persisnya saat ia bersembunyi di bawah pohon besar milik masyarakat yang di Dusun kumbang Gampong Alue Gadeng Kampung.

Saat itu tersangka yang tidak menggunakan baju hanya menggunakan jelana Jeans warna biru, dan ia memegang senjata tajam jenis samurai.

Baca Juga: Panik Gegara Ketangkap Basah Hendak Perkosa Janda Muda, Pria Ini Lari Terbirit-birit dalam Kondisi Setengah Telanjang Gegara Lupa Pakai Celana

Ketika dilakukan penangkapan oleh tim turut dibantu oleh masyarakat, tersangka Samsul Bahri sempat melakukan perlawanan.

"Sehingga petugas beberapa kali memberikan tembakan peringatan ke atas agar pelaku menyerahkan diri kepada pihak kepolisian," sebut Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim juga menyebutkan, pada saat tersangka Samsul Bahri akan dibawa ke Polres Langsa, pelaku sempat memberikan perlawanan kembali.

Karena membahayakan keselamatan petugas, akhirnya pelaku dilumpuhkan dengan memberikan tindakan tegas berupa tembakan ke arah kaki sebanyak 3 kali.

Baca Juga: Tiap Bulan Selama Tiga Tahun Dipenjara Selalu Mati-matian Kirim Duit ke Pacar Tapi Malah Diberikan kepada Selingkuhan sang Gadis, Pria Ini Nekat Perkosa dan Begal Kekasihnya Sendiri

(Zubir)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Ini Kronologi dan Penyebab Tewasnya Tersangka Pembunuh Rangga dan Pemerkosa Ibu Muda di Langsa

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Serambinews.com

Baca Lainnya