China Enyah Dulu, Turki Produksi Drone Bersenjata yang Mampu Guncang Keseimbangan Militer Timur Tengah, Indonesia Jadi Pasarnya

Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:42
Assia Nikkei

Drone militer Turki di Paris Airshow 2019: Perusahaan pertahanan Turki menantang pembuat drone mapan dari China, Israel, dan AS.

Sosok.ID - Meningkatnya ekspor ke Timur Tengah dan Kaukasus telah mengguncang keseimbangan kekuatan regional di wilayah tersebut.

Dikutip dari Nikkei, Kamis (8/10?2020), ekspor drone militer Turki meningkat, menyaingi sektor drone milik China dan mengguncang keseimbangan kekuatan militer di Kaukasus, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Sejak akhir September, media Turki dan Azerbaijan ramai dengan video yang menunjukkan drone bersenjata menyerang pasukan Armenia yang terletak di dalam wilayah Nagorno-Karabakh, daerah kantong milik Azerbaijan tetapi diperintah oleh etnis Armenia yang memisahkan diri.

"Jika kami tidak memperoleh kemampuan (pesawat tak berawak) ini, akan jauh lebih sulit bagi Azerbaijan untuk menghancurkan penumpukan militer selama 30 tahun, termasuk tank dan artileri," kata Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev kepada saluran TV milik negara Turki, TRT, Senin.

Baca Juga: Tuding Turki Sebagai Dalang di Balik Pertempuran Sengitnya dengan Azerbaijan, PM Armenia Sebut Ankara Sudah Kerahkan Tentara Bayaran ke Kawasan Konflik

Namun, beberapa negara khawatir.

Pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Kanada Francois-Philippe Champagne mengumumkan penangguhan izin ekspor untuk komponen terkait pesawat tak berawak ke Turki.

Hal itu dimaksudkan untuk menilai "tuduhan yang dibuat mengenai teknologi Kanada yang digunakan dalam konflik militer di Nagorno-Karabakh."

Ini hanyalah satu contoh perusahaan pertahanan Turki yang telah menjadi pembuat dan eksportir drone terkenal, dengan negara yang sekarang menantang pembuat drone mapan seperti China, Israel, dan AS.

Baca Juga: Gembar-gembor Turki Bantu Azerbaijan Hancurkan Armenia, Erdogan Bakal Kicep Gegara Vladimir Putin Siapkan Pasukan Rusia Demi Pastikan Armenia Aman

Perusahaan pertahanan Turki Baykar Defense secara resmi mengumumkan ekspor drone TB-2 ke Qatar dan Ukraina pada 2018.

Namun, menurut banyak analis pertahanan dan keamanan, drone tersebut juga saat ini terbang di Libya dan Azerbaijan.

Chief Technology Officer Selcuk Bayraktar mengatakan kepada media lokal pada September bahwa perusahaan telah mengekspor drone ke empat negara, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Industri Dirgantara Turki juga dilaporkan telah mengamankan pelanggan.

Baca Juga: Bukan Hanya Pertikaian 2 Negara, Pertempuran Armenia-Azerbaijan Ternyata Jadi Perang Dunia III, Tak Hanya Turki Tapi Beberapa Negara Lain Ikut Berperang, Ini Buktinya!

Defense News melaporkan pada bulan Maret bahwa TAI telah memenangkan pesanan dari pemerintah Tunisia untuk enam drone ANKA-S dan tiga stasiun kontrol darat, termasuk transfer teknologi senilai $ 240 juta. Pejabat TAI menolak berkomentar.

Ismail Demir, pejabat tinggi pemerintah yang bertanggung jawab atas industri pertahanan, mengatakan kepada Nikkei Asia, "Saya tidak tahu ada negara lain yang lebih dermawan dari Turki, terutama dalam hal transfer teknologi."

Dia juga mengatakan pembuat drone Turki sedang berbicara dengan setidaknya tujuh negara tentang ekspor drone.

Perusahaan Turki melihat Asia sebagai pasar potensial.

Baca Juga: Turki Diambang Sanksi Berat, Kenekatan Erdogan Dukung dan Fasilitasi Perang Antara Azerbaijan Lawan Armenia Dikecam Uni Eropa

CEO Dirgantara Turki Temel Kotil mengatakan kepada Nikkei, "Di Asia, kami secara khusus melihat Pakistan, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina sebagai pasar strategis."

Menurut analis pertahanan Arda Mevlutoglu: "Banyak negara Asia memiliki kebutuhan pengintaian, pengawasan dan pengumpulan intelijen yang mencakup wilayah darat dan laut yang luas."

"Turki memiliki hubungan budaya, politik dan militer yang kuat dengan negara-negara (Muslim) seperti Pakistan, Indonesia dan Malaysia."

Musim panas lalu, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengunjungi Turki dan memeriksa fasilitas Baykar Defense dan TAI. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menemani Mahathir dalam salah satu kunjungannya.

Baca Juga: Armenia Punya Bukti Jika Militer Turki Turut Campur Membantu Azerbaijan dalam Perang

Turki sebelumnya mengandalkan pesawat tak berawak Israel dalam perangnya melawan kelompok bersenjata Kurdi separatis. Tetapi sejak pertengahan 2010-an, ia mulai memproduksi sendiri setelah AS menolak menjual drone bersenjata ke Turki.

Drone baru tersebut telah diuji di lapangan dalam perang melawan militan Kurdi di Turki, Suriah, dan Irak, serta dalam misi pengintaian terkait Mediterania Timur.

Drone Turki mulai dikenali setelah angkatan bersenjatanya mulai membagikan video serangan drone-nya.

Rekaman drone TB-2 Baykar yang menghancurkan beberapa sistem pertahanan rudal Pantsir buatan Rusia di Suriah dan Libya tahun ini meningkatkan visibilitas global mereka.

Baca Juga: Turki Dijatuhi Sanksi Uni Eropa Atas Provokasi Perang Terhadap Yunani

Menteri Luar Negeri Inggris untuk Pertahanan Ben Wallace mengatakan pada bulan Juli di sebuah konferensi online bahwa drone Turki di Suriah dan Libya "mengubah permainan."

Menurut Mevlutoglu, "Mampu menguji drone di medan perang nyata memberikan peluang untuk meningkatkan dan meningkatkan platform. Dan itu lebih menarik bagi pelanggan."

Dia menambahkan bahwa karena negara-negara Barat dan Israel memberlakukan persyaratan ketat pada penjualan drone mereka, banyak negara Timur Tengah dan Afrika Utara beralih ke China. "Pesaing utama Turki adalah China."

Pada hari Senin, Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan kepada wartawan bahwa negaranya sedang bernegosiasi untuk membeli TB-2 dari Turki, menyusul kedatangan drone bersenjata CH-92A China ke Serbia pada Juli - yang pertama untuk negara Eropa.

Baca Juga: Bisa Merembet ke Mana-mana dan Timbulkan Perang Dunia, Armenia Ungkap Erdogan Ikut Campur Bantu Azerbaijan dengan Kirimkan Ahli Militer dan Jet Tempur

Dalam perang saudara Libya, sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pemerintah yang berbasis di Tripoli didukung oleh drone TB-2 Turki, sementara pasukan Libya timur menerima drone yang dibuat oleh Kelompok Industri Pesawat Chengdu Tiongkok dari Uni Emirat Arab.

Can Kasapoglu, direktur program keamanan dan pertahanan di Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Luar Negeri Turki mengatakan: "Drone buatan Turki dianggap lebih mahal daripada drone China tetapi lebih murah daripada drone Israel dan Amerika."

"Namun, pabrikan China tidak terlibat setelah itu- layanan penjualan seperti perusahaan Turki, jadi mereka melewatkan umpan balik untuk meningkatkan produk mereka. "

Menurut Kasapoglu, industri drone Turki mungkin menghadapi tantangan baru setelah AS memutuskan untuk melonggarkan pembatasan ekspor pada beberapa jenis kendaraan udara tak berawak militer pada Juli.

Baca Juga: Turki Dituding Kirim 4 Ribu Milisi Bersenjata untuk Bantu Azerbaijan Perangi Armenia

Selain itu, kebijakan luar negeri Turki yang baru tegas dapat menghambat ekspor, karena Ankara menemukan dirinya berselisih dengan negara-negara barat yang merupakan pemasok teknologi utama, yang dapat memberlakukan pembatasan ekspor pada komponen.

Risiko semacam itu memaksa Turki untuk mempertimbangkan lokalisasi atau mendiversifikasi rantai pasokannya.

Tapi Kotil dari TAI tidak menunda, mengatakan kepada Nikkei, "Kami yakin dengan semua proyek kami, termasuk persaingan dengan China." (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Asia Nikkei

Baca Lainnya