Jumawa Lawan Negara dengan Militer Pas-pasan, China Beri Opsi Bunuh Diri pada India atas Konflik di Perbatasan, Nasib Negeri Bollywood di Ambang Kekalahan

Selasa, 04 Agustus 2020 | 14:42
Business Standard

Ilustrasi - Konflik antara India vs China.

Sosok.ID- Konflik di perbatasan antara India dengan China, sampai saat ini masih belum menemui solusi.

Perjanjian yang dibuat di masa lalu dianggap sudah tak relevan dengan kondisi dunia saat ini.

Akibatnya, kedua negara tersebut masih terus berkonflik, meski muncul upaya perdamaian antar keduanya.

Dilansir dariasiatimes.com pada Selasa (4/8/2020), salah satu alasan belum selesainya masalah ini karena susahnya memahami taktikjangka pendek danjangka panjang China.

Baca Juga: Baru Kemarin Sore Sepakat dengan India untuk Tarik Prajuritnya dari Lembah Galwan, Kini China Kembali Kirim 20.000 Tentara ke Ladakh Timur

Sistem pemerintahan Chinadianggap sulit untuk dipahami.

Kendati demikian, kebijakan China tentang India setelah kebuntuan soal militer di Lembah Ladakh tampak jelas dan sangat langsung.

China telah mengirim pesan tegas ke India bahwa demarkasi dan finalisasi batas-batas mereka, baik di peta atau di tanah, tidak mungkin terjadi dalam waktu segera.

Duta Besar China untuk India, Sun Weidong, menyampaikan pesan seperti itu kepada India.

Baca Juga: Dipecundangi pun Timor Leste Tak Tinggal Diam! Dosa Besar Autralia di Masa Lalu Kini bak Bukti Munafiknya Negeri Kanguru atas Klaim China

Menanggapi pertanyaan tentang mengapa China tidak ingin menyelesaikan Garis Kontrol Aktual (LAC) dengan pertukaran peta, Sun mengatakan Beijing masih tidak tertarik untuk memulai kembali proses demarkasi perbatasan dengan India.

The Wire mengutip Sun yang mengatakan, “Tujuan klarifikasi LAC adalah untuk menjaga perdamaian dan ketenangan."

"Ketika kita melihat kembali sejarah, jika satu pihak secara sepihak menyatakan persepsinya sendiri tentang LAC selama negosiasi, itu akan menyebabkan perselisihan."

"Itu sebabnya proses ini tidak bisa terus berjalan. Saya pikir ini adalah penyimpangan [dari] tujuan awal."'

Baca Juga: Tak Jadi Pecah Perang, India dan China Telah Sepakat Lakukan Gencatan Senjata, Setelah Konflik Berdarah di Lembah Galwan Digadang-gadang Bakal Picu Perang Nuklir

Proses demarkasi dan klarifikasi perbatasan China-India dihentikan pada tahun 2002.

China dan India sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral dalam perdagangan dan kerja sama ekonomi, dan membangun konsensus tentang masalah-masalah global, mengesampingkan perbedaan mereka pada masalah perbatasan.

Pernyataan Sun Weidong, seperti yang dilaporkan oleh The Wire, mendukung kesimpulan bahwa ahli strategiChina tidak menganggap penyelesaian akhir perbatasan sebagai prioritas saat ini.

Menurut Sun, masalah utama adalah bagi India dan China untuk menjaga perdamaian dan ketenangan di perbatasan sejalan dengan perjanjian tahun 1993 dan 1996 dan langkah-langkah membangun kepercayaan lainnya.

Baca Juga: Xi Jinping Putus Asa, Pamer Otot Militer Cuma Kedok Agar Tidak Terlihat Lemah, Agresi Lawan India dan Gempuran Konflik Ini Bukti Terpuruknya Negeri Panda!

Sun juga mengisyaratkan bahwa para ahli strategi China berpandangan bahwa perjanjian tahun 1993 dan 1996 dengan India adalah hasil dari konteks historis tertentu pada 1990-an.

Dan penyelesaian perbatasan tidak dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang dicapai di masa kini karena keadaansekarang berbeda dengan di masa lalu.

Artinya, konteks masalah bisa berubah dan tidak relevan lagi.

Dengan kata lain, duta besar China untuk India telah mengindikasikan bahwa Beijing ingin mempertahankan perdamaian dan ketenangan di perbatasan sebagai taktik jangka pendek.

Baca Juga: Bikin Geram Seantero India, Begini Cara Tentara China Bunuh dan Mutilasi 20 Prajurit India, Pakar: Tindakan Biadab yang Harus Dikutuk!

Tetapi tidak mencari solusi permanen sekarang atau dalam waktu dekat tetapi hanya sebagai jangka panjang strategi.

Jadi China telah meninggalkan India untuk memilih di antara dua opsi berdasarkan take-it-or-leave-it.

Opsi pertama adalah untuk memenuhi "perjanjian dan konsensus" yang dicapai antara India dan China pada pertemuan puncak informal mereka di Wuhan, Cina, pada April 2018 dan di Mahabalipuram, India, pada Oktober 2019.

Beijing ingin New Delhi memisahkan diri dari aliansi strategisnya dengan Washington.

Baca Juga: Kebohongan Besah China Dibalik Bentrok di Himalaya Lawan India, Foto Satelit Satu Dasawarsa Ungkap Perlakuan Curang Tiongkok Termasuk Bendung Sungai

Ia juga ingin India bergandengan tangan dengan China dalam membangun tatanan ekonomi global yang terbuka, multipolar, pluralistik, dan partisipatif.

Opsi kedua adalah dengan membatasi perbatasan dengan China secara paksa.

Itu berarti melakukan perang skala penuh dengan China, dan memenangkan pertempuran, memaksa Beijing menerima perbatasan seperti yang didefinisikan oleh New Delhi.

Namun, jika India memilih opsi kedua ini, itu akan menjadi bunuh diri.

Baca Juga: China dan India Kini Saling Tuding Soal Penyebab Bentrokan Berdarah di Perbatasan Himalaya, Masing-masing Ngotot Tuduh Lawannya Telah Kobarkan Api Perang

Sebab India tidak mampu melakukan perang melawan China karena terdapat perbedaan besar dalam kekuasaanserta dalam hal kemampuan ekonomi dan militer.

Biaya militer dan ekonomi perang akan jauh lebih tinggi untuk India daripada untuk China, terutama di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul: Bak Dipaksa Makan Buah Simalakama, India Diberi Pilihan Sulit Terkait Perbatasan oleh China, Salah Satu Opsi Malah Seperti Bunuh Diri

(Mentari DP)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya