Nyala Api Kian Tinggi! Ekspansi China Terendus 'Masuk' ke Geopolitik Samudra Hindia, Negeri Bollywood Jiper Dibayangi Konflik LAC

Jumat, 12 Juni 2020 | 14:35
via Intisari

Ilustrasi - pangkalan tengah laut militer China

Sosok.ID - Angkatan Laut India, membutuhkan strategi proyeksi daya yang lebih jauh untuk melawan China.

Konflik India dan China di Garis Kontrol Aktual (LAC) bukan satu-satunya hal yang perlu dikhawatirkan.

Menurut laporan media baru-baru ini, China juga meningkatkan kehadiran militernya di Samudera Hindia.

Gambar satelit pada bulan Mei menunjukkan pangkalan militer China di Djibouti sedang dimodernisasi.

Baca Juga: Rongrongan Militer Tiongkok Kian Menguat, India Ketar-ketir Beijing Caplok Wilayah Teritorial Ladakh, Indonesia Dijadikan Permisalan

Fasilitas yang didirikan pada tahun 2017 sebagai unit pendukung logistik itu sedang ditingkatkan menjadi pangkalan angkatan laut penuh dengan dermaga 1.120 kaki yang dapat menampung kapal perang China, termasuk kapal induk Liaoning.

Hal ini berkaitan dengan ekspansi China atas sebuah pulau buatan di Maladewa.

Sebuah pembangunan dengan nuansa strategis membuat beberapa orang mengklaim bahwa China melanggar batas pengaruh India.

Sementara kabar yang beredar menyebutkan China sedang dalam upaya untuk militerisasi pelabuhan Gwadar di Pakistan.

Baca Juga: Terungkap Alasan Kenapa Amerika dan Sekutu Harus Segera Melenyapkan China Jika Tak Mau Sang Naga Semakin Besar

Gambar satelit baru-baru ini menunjukkan adanya tanggul anti-kendaraan, pagar keamanan, pos jaga dan menara jaga di dalam pelabuhan, yang memicu spekulasi China sedang melakukan pembangunan fasilitas militernya.

Melansir The Print, laporan lain menyebut China membantu Bangladesh membangun pangkalan angkatan laut di Cox Bazaar, termasuk dermaga, barak, depot amunisi, dan halaman perbaikan kapal angkatan laut.

Tentara Pembebasan Rakyat Djibouti adalah yang paling jelas menunjukkan ambisi China atas Samudra Hindia.

Dengan perkiraan luas hampir 250.000 kaki persegi, kompleks Djibouti di China bukanlah pangkalan militer biasa.

Baca Juga: China Laksanakan Operasi Militer Kilat Menyambut Api Peperangan Melawan India

Tempat itu penuh dengan dinding perimeter luar, menara pengawal, dan markas bawah tanah yang mampu menampung sekitar 10.000 tentara.

Fasilitas ini adalah garnisun militer yang sesungguhnya.

China menegaskan proyek itu adalah "fasilitas pendukung" yang dimaksudkan ke dalam misi anti-pembajakan di Tanduk Afrika.

Namun analis mengklaim pangkalan tersebut mampu mendukung misi utama lainnya seperti pengumpulan intelijen, operasi evakuasi non-tempur, dukungan operasi penjaga perdamaian dan kontra-terorisme.

Baca Juga: Dalam Hitungan Hari, 10.000 Tentara China Terobos Wilayah India, Rusia Sampai Khawatir Akan Pecah Perang

Ancaman yang meningkat ke India

Ketika China pertama kali mulai mengerahkan kapal perang di lepas pantai Somalia untuk patroli anti-pembajakan satu dekade lalu, analis India percaya kepentingan keamanan maritim China bersifat komersial.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat atau serangan PLAN terutama didorong oleh kebutuhan untuk melindungi Beijing.

Hal ini menunjukkan adanya kepentingan perdagangan dan energi.

Baca Juga: Lebih Berpengalaman dari China, India Ternyata Lebih Dulu Punya dan Operasikan Kapal Induk Daripada Negeri Tirai Bambu

Kendati demikian, banyak yang melihat ekspansi regional China yang cepat sebagai bagian dari upaya memperluas kekuatan Tiongkok ke dalam geopolitik Samudra Hindia.

Penempatan maritim China yang terus berkembang - termasuk kapal selam dan kapal intelijen , menunjukkan minat Beijing yang semakin besar terhadap kawasan pesisir Indian Ocean Region (IOR).

Banyak yang mengatakan kehadiran kapal penelitian Tiongkok di zona ekonomi eksklusif India pada bulan September tahun lalu menandakan proyeksi kekuatan Tiongkok yang lebih besar ke Samudra Hindia, yang menimbulkan kekhawatiran akan pengepungan strategis.

Baca Juga: Siap Baku Hantam, 9 Brigade Gabungan PLA Army China Akan Berhadapan dengan Divisi Infantri India di Perbatasan Kedua Negara

Nahasnya, meskipun mengakui tantangan mendesak yang dihadapi China, India belum mampu meresponnya.

Bahkan ketika India telah berusaha memperluas kehadiran regional melalui patroli angkatan laut berbasis misi, AL Negeri Bollywood masih belum cukup menyamai tempo operasional China di Samudera Hindia.

Kesenjangan kritis dalam kemampuan tempur juga menjadi hambatan.

Khususnya kapal selam konvensional, helikopter anti-kapal selam, dan kapal penyapu ranjau, sedangkan anggaran yang terus menyusut telah membatasi kemampuan Angkatan Laut India untuk melawan Tiongkok.

Baca Juga: Tekad Menangi China! Australia India Segel Kerja Sama Militer dan Maritim, Manifestasi Amarah atas Setiran Beijing di Indo-Pasifik

Beberapa menyarankan agar India melakukan kompleks penolakan laut di Kepulauan Andaman untuk melawan China.

Namun strategi itu dinilai tidak bakal berhasil, sebab tantangan maritim paling mendesak di India - nexus Pakistan-China - belum melibatkan ancaman fisik terhadap aset India. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : The Print

Baca Lainnya