Vladimir Putin Harus Hati-hati, AS Terang-terangan Beri Bantuan Militer Ukraina Termasuk Kapal Tempur dan Senjata Berat yang Bisa Seketika Pecundangi Tentara Rusia di Perbatasan

Minggu, 12 Juli 2020 | 14:00
U.S. Navy

Vladimir Putin Harus Hati-hati, AS Terang-terangan Beri Bantuan Militer Ukraina Termasuk Kapal Tempur dan Senjata Berat yang Bisa Seketika Pecundangi Tentara Rusia di Perbatasan

Sosok.ID - Militer Rusia belum lama ini dikerahkan di perbatasan antara negara Beruang Madu dengan tetangganya Ukraina.

Memang diketahui bahwa hubungan dua negara yang bersebelahan ini sedang tidak akur.

Bahkan bisa dikatakan justru lebih buruk dari sebelumnya lantaran bisa pecah perang kapan saja.

Namun Ukraina diketahui tak gentar dengan gertakan Vladimir Putin yang mengirim pasukan sekaligus sejumlah senjata berat ke perbatasan.

Baca Juga: Lompatan Teknologi, Militer Israel Luncurkan Satelit untuk Memata-matai Negara Musuh

Meski tak memiliki alutsista setara dengan Rusia, tetapi Ukraina tak mundur dengan gertakan tersebut.

Bukan hanya di daerah perbatasan di daratan saja, tetapi kedua negara ternyata juga bersitegang di wilayah perairan.

Perseteruan di perbatasan tersebut ternyata telah berlangsung setidaknya dua tahun ini.

Pada tahu 2018 silam tepatnya di bulan Desember bahkan terjadi konfrontasi kecil di Laut Azov atau yang lebih dikenal dengan sebutan Laut Hitam.

Baca Juga: Peduli Setan dengan Militer China, India dan Filipina Siap Ambil Tindakan Keras Jaga Kedaulatannya dari Rongrongan Sang Naga

Akibat kejadian tersebut Ukraina harus mengalami kerugian termasuk kapal rusak dan prajurit militer ditahan oleh Rusia.

Penahanan dari beberapa orang Ukraina itupun juga cukup lama dirasakan.

Kala itu sebuah kapal milik penjaga pantai Rusia menabrak kapal berbendera Ukraina, yang langsung melancarkan tembakan ke dua kapal tersebut.

Insiden itu mengakibatkan 24 anggota dinas Ukraina, bersama dengan tiga kapal mereka, dibawa ke tahanan Rusia.

Baca Juga: Rusia Sedang Persiapkan Uji Coba Rudal Balistik Antar Benua, Warganya Langsung Dievakuasi

Baik pelaut dan kapal dikembalikan ke Ukraina musim gugur lalu setelah berbulan-bulan di Rusia.

Dan tepat di akhir bulan kemarin, hubungan kedua negara semakin memanas.

Tak ingin dipecundangi di wilayah laut seperti dua tahun yang lalu, Ukraina pun mencari bantuan pada negara dengan kekuatan militer luar biasa seperti Amerika Serikat.

Pada bulan Juni, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan telah menyetujui penjualan hingga 16 Kapal Patroli Mark.

Mark VI adalah kapal bersenjata berat yang sama yang digunakan oleh Riverines Angkatan Laut AS.

Baca Juga: Disebut Cuma Macan Kertas, US Air Force Terbangkan Pembom Nuklir B-52 Satroni Wilayah China

Versi AS mengemas dua MK 50, kaliber 50 Gun Weapon Systems yang distabilkan, dioperasikan jarak jauh, dipandu secara optik; dua MK 38 Mod 2 (25mm) Gun Weapon Systems (juga dioperasikan dari jarak jauh dengan sistem optik canggih); dan dua senapan mesin kaliber .50 kru yang dilayani.

Kapal itu dapat mengalami baku tembak hingga 45 menit, kata seorang operator kepada Defense News pada tahun 2019.

Kesepakatan itu bernilai sekitar $ 600 juta. Penjualan ini mencakup 32 sistem senjata A2 MSI Seahawk; 20 radar elektro-optik / inframerah, atau sistem FLIR; 16 Perangkat Akustik Jarak Jauh Sistem loudspeaker jarak 5 kilometer; 16 sistem identifikasi, teman atau musuh; 40 meriam 30 mm MK44; dan peralatan pendukung dan komunikasi yang tidak ditentukan.

Namun penjualan Mark VI yang tertunda bukan satu-satunya peningkatan kemampuan maritim Ukraina.

Baca Juga: Ketegangan Hampir Berbuah Perang Samudera, Militer AS dan Tiongkok Gelar Latihan di Laut China Selatan Saling Berhadapan: Mereka Melihat Kami dan Sebaliknya

Langkah ini mengikuti dua Mark VI yang diberikan ke Ukraina sebagai bagian dari paket bantuan senilai $ 250 juta yang baru - baru ini diumumkan dan transfer dua kapal patroli kelas Pulau dari US Coast Guard.

Mereka umumnya dilengkapi dengan senapan 25mm dan dua senapan mesin kaliber .50. Tiga kapal kelas Pulau selanjutnya sedang dalam negosiasi.

Angkatan Laut AS juga membantu Ukraina mengembangkan program intelijen dan pengintaian untuk meningkatkan kemampuan mereka mengawasi perairan di Laut Hitam dan Laut Azov, menurut sumber yang mengetahui program yang berbicara di latar belakang.

Program ini juga akan membantu Ukraina bekerja melalui masalah pengadaan dan pelatihan untuk pasukan maritim mereka.

Baca Juga: Ada Udang di Balik Batu, Pemuda Tampan Nikahi Sepupu Sendiri yang Lebih Tua 57 Tahun, Sudi Rawat Istri yang Sakit-sakitan Biar Bisa Mangkir dari Wajib Militer

Ukraina pada Juni mengambil status "mitra peluang yang ditingkatkan" NATO, yang berarti "Ukraina akan mendapat manfaat dari peluang yang dibuat khusus untuk membantu mempertahankan kontribusi tersebut.

Ini termasuk peningkatan akses ke program dan latihan interoperabilitas, dan lebih banyak berbagi informasi, termasuk pelajaran yang didapat, ”kata siaran pers NATO.

Bagi AS, perubahan status itu akan berarti hubungan yang lebih dalam antara Ukraina dan Armada ke-6 AS, terutama ketika menyangkut kerja sama di Laut Hitam, tempat AS berpatroli secara teratur.

"Ukraina sekarang adalah salah satu dari enam negara mitra peluang yang ditingkatkan untuk NATO, di samping Australia, Finlandia, Georgia, Yordania, dan Swedia, dan saya dapat menambahkan, itu adalah perusahaan yang cukup bagus," kata Laksamana James Foggo, kepala Pasukan Angkatan Laut Eropa, di podcast terbaru.

Baca Juga: Perhatikan! Imbauan Keliru WHO Bak Persulit Keadaan Dunia, Inilah 2 Kesalahan yang Jangan Sampai Terulang di Masa Depan, Baru Direvisi Usai Dihujani Bukti Ilmiah

“Masing-masing mitra memiliki hubungan yang dibuat khusus dengan NATO berdasarkan bidang yang menjadi kepentingan bersama.

“Jadi, intinya, keamanan di Laut Hitam tetap menjadi salah satu kepentingan bersama kami. Inilah sebabnya kami beroperasi secara teratur di Laut Hitam. Baik pasukan AS maupun NATO secara rutin beroperasi di sana untuk mengirim pesan bahwa kami akan menjunjung tinggi hukum dan norma internasional. Upaya kolektif kita akan menghasilkan Ukraina yang lebih baik dan lebih aman, yang berarti Laut Hitam yang lebih baik dan lebih aman bagi kita semua. ” (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Defense News.com

Baca Lainnya