Tak Peduli Perang Akan Meletus, Amerika Recoki Latihan Militer China di Pasifik

Sabtu, 04 Juli 2020 | 15:13
FB US PACIFIC FLEET

Tak Peduli Perang Akan Meletus, Amerika Recoki Latihan Militer China di Pasifik

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) serasa ditantang China.

Pasalnya PLA Navy sedang melangsungkan latihan militer di lautan Pasifik.

Tak peduli resiko perang akan meletus, Washington perintahkan US Navy mengerahkan dua kapal induk siap tempur untuk recoki latihan militer PLA Navy.

Amerika Serikat (AS) mengirim dua kapal induk ke Laut China Selatan saat China melakukan latihan militer di perairan yang disengketakan.

Baca Juga: Potongan Tubuhnya Ada di Lubang-lubang Tertutup Beton, Terbongkar Misteri Hilangnya Seorang Tentara Wanita, Dibunuh Rekan Seprofesi Diduga karena Hal Ini

MengutipWall Street Journal, Reutersmelaporkan, USS Ronald Reagan dan USS Nimitz akan berada di Laut China Selatan mulai Sabtu (4/7).

"Tujuannya adalah untuk menunjukkan sinyal yang tidak ambigu kepada mitra dan sekutu kami, bahwa kami berkomitmen terhadap keamanan dan stabilitas regional," kata Komandan Kelompok Tempur USS Ronald Reagan Laksamana Muda George M. Wikoff.

Latihan itu, Wikoff mengatakan, bukan respons terhadap latihan militer China, yang minggu ini Pentagon kritik sebagai "kontra-produktif terhadap upaya meredakan ketegangan dan menjaga stabilitas".

China menepis kritik AS terhadap latihan militernya pada Jumat (3/7) dan menyebut Amerika Serikat yang harus disalahkan karena meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan.

Baca Juga: Mager Tingkat Dewa, Pria Asal Magelang Ini Pilih Tiduran dan Tak Bicara Selama 10 Tahun, Bahkan Makanpun 4 Hari Sekali, Begini Kondisinya Sekarang!

Wikoff tidak memberikan lokasi latihan AS. Hanya,Wall Street Journalmelaporkan, latihan tersebut melibatkan dua kapal induk dan empat kapal perang lainnya termasuk penerbangan 24 jam.

Pekan lalu, China mengumumkan, mereka merencanakan latihan militer selama lima hari mulai 1 Juli di dekat Kepulauan Paracel, yang diklaim oleh Vietnam dan Tiongkok.

Vietnam dan Filipina juga mengkritik rencana latihan China itu, memperingatkan kegiatan tersebut bisa membuat ketegangan di kawasan dan berdampak pada hubungan Beijing dengan tetangganya.

Baca Juga: Patahkan Tudingan Terhadap Eropa, Peneliti Harvard Sebut Kemungkinan Virus Corona yang Kembali Mewabah di Beijing Berasal dari Asia Tenggara

AS menuduh China mencaplok Laut China Selatan dan mencoba mengintimidasi tetangga Asia, yang mungkin ingin mengeksploitasi cadangan minyak dan gas di perairan tersebut.

China mengklaim 90% dari Laut China Selatan yang berpotensi kaya energi, tetapi Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam juga mengklaim bagian-bagiannya, di mana sekitar US$ 3 triliun perdagangan lalu-lalang setiap tahun di perairan itu.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Tegang, AS kirim dua kapal induk ke Laut China Selatan saat China latihan militer"

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : Kontan.co.id

Baca Lainnya