Klaim Mampu Libas Amerika Serikat, Kapal Perang Iran Karam Tertembak Rudal Rekan Sendiri dalam Latihan Misil di Teluk Oman

Selasa, 12 Mei 2020 | 09:25
tehrantimes.com

Sebuah kapal perang Iran, dikabarkan tenggelam di Teluk Oman setelah secara tak sengaja tertembak oleh rudal rekannya sendiri

Sosok.ID - Sebuah kapal perang Iran, dikabarkan tenggelam di Teluk Oman.

Bukan karena di rudal oleh Amerika Serikat, kapal itu secara tidak sengaja tertembak oleh rekannya sendiri.

Insiden salah tembak itu terjadi di kawasan selatan Iran pada Minggu (10/5/2020) waktu setempat.

Dilansir dari South China Morning Post, kapal perang Iran telah tidak sengaja diserang tembakan misil di Teluk Oman.

Baca Juga: Bukan Hanya dengan Asia Tenggara dan Jepang, Militer China Juga Terlibat Bentrokan dengan India di Perbatasan

Armada kapal yang terbunuh ada sekitar 19 orang.

Penembakan tersebut menggasak hubungan Iran dengan Amerika yang sudah tegang di perairan tersebut.

Disebut penembakan bersahabat, insiden tersebut melibatkan kapal Konarak pada Minggu siang di dekat Bandar - e Jask, sebelah selatan pantai Iran.

Salah satu laporan jelaskan jika kapal kemudian tenggelam setelah dihancurkan oleh misil yang ditembakkan oleh kapal perang Iran lainnya.

Baca Juga: Australia Sanjung Anies Baswedan Setinggi Langit karena Tanggap Corona, Presiden Jokowi Dianggap Lelet?

"Kapal tersebut ditembak setelah bergerak ke titik tembak dan tidak ciptakan jarak yang cukup antara kedua kapal," ujar pernyataan dari siaran televisi negara Iran.

Selain menewaskan 19 orang, ada 15 orang yang dinyatakan cedera.

Tembakan tak sengaja ini terjadi saat Iran melakukan latihan misil untuk kapal perangnya.

"Pada Minggu siang, selama latihan oleh sejumlah angkatan laut di perairan Jask dan Chabahar, kapal Konarak mengalami kerusakan," jelas pernyataan dalam situs resmi militer Iran.

Baca Juga: 39 Kali Lakukan Operasi Militer di Dekat Perairan China, Militer Negeri Panda Hanya Bisa Diam Saat Digertak AS

"Jumlah martir dalam kecelakan ini adalah 19 dan 15 juga cedera," tambahnya.

Kapal Konarak sendiri telah ditarik ke tepi pantai.

Konarak adalah kapal pendukung logistik ringan yang dibuat di Belanda dan dibeli Iran sebelum revolusi Islami tahun 1979.

Memiliki berat 447 ton dan panjang 47 meter, kapal kelas Hendijan itu dilengkapi dengan empat misil.

Baca Juga: Tersirat dalam Diksi, Mendadak Via Vallen Singgung Soal Hubungan Sedarah dan Keinginan Bunuh Diri: Haruskah Aku Minta Tuhanku agar Mengambilku?

Kapal yang menembakkan misil kepada Konarak adalah kapal Jamaran.

Iran dan musuh abadinya Amerika telah lakukan perdagangan yang sama-sama merugikan tahun lalu karena serangkaian insiden yang melibatkan pasukan mereka di perairan Teluk Persia yang sensitif.

Ketegangan meningkat sejak 2018 ketika Amerika menarik diri dari perjanjian multinasional yang membekukan program nuklir Iran dan terapkan kembali sanksi yang lumpuhkan ekonomi Iran.

Baca Juga: Roy Kiyoshi Sempat Terlibat Ritual Sesat Sebelum Terciduk Narkoba, Mbak You Ngaku Pernah Lihat Gelagat Aneh Rekan Sesamanya : Kalau Mau 'Belok' Diluruskan Dulu

Berita ini juga dilaporkan oleh agen berita Tasnim dalam tweet berbahasa Inggris jika Konarak telah tenggelam setelah ditembaki misil oleh kapal perang Iran lainnya.

"Konarak telah tenggelam karena 'tembakan bersahabat' setelah kapal perang kelas Moudge 'Jamaran' tidak sengaja menembak Konarak dengan misil pada latihan penembakan di area Jask, Teluk Persia pada Mei 10."

Pasukan bersenjata Iran pada Januari lalu tidak sengaja menembak pesawat Boeing 737 yang baru mengangkasa dari Teheran menuju Kiev, Ukraina.

Baca Juga: Nyaris Umumkan Vaksin Virus Corona Temuannya, Ilmuwan Ini malah Ditemukan Tewas, Netizen: Dibunuh Pemerintah yang Korup

Mirror
Mirror

Qasem Soleimani, Pimpinan Jenderal Tertinggi Iran yang gugur dalam serangan udara oleh Amerika Serikat pada Jumat (3/1/2020)

Penembakan tersebut membunuh 176 orang di dalam pesawat tersebut.

Militer Iran mengakui kesalahan fatal mereka, sembari mengatakan hal tersebut datang setelah angkatan udara Iran dalam posisi waspada pasca tembakan misil pangkalan militer Amerika di Irak.

Baca Juga: Egois! Sadar Betul Dirinya Sudah Positif Virus Corona, Ketua RW Ini Tetap Ngotot Ikut Salat Tarawih Berjamaah, 28 Warga Langsung Diisolasi

Iran meluncurkan misil setelah Amerika membunuh jenderal top mereka Qasem Soleimani dengan serangan drone beberapa hari sebelumnya.

Artikel ini telah tayang di Intisari.ID dengan judul: Ironis, Lakukan Latihan Misil, Iran Justru Serang Kapal Perangnya Sendiri dan Tewaskan 19 Anak Buah Kapal dalam 'Penembakan Bersahabat' yang Buat Panas Hubungan Iran dan Amerika

(Maymunah Nasution)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya