Kisah Orang Tua di Polewali Yakini Miliki Anak Berwujud Buaya Berkaki Lima Hingga Ogah Melepasnya ke Penangkaran: Kami Miliki Saudara dalam Wujud Lain

Minggu, 08 Maret 2020 | 12:13
Kolase (Kompas.com/Junaedi)

Kisah Orang Tua di Polewali Yakini Miliki Anak Berwujud Buaya Berkaki Lima Hingga Ogah Melepasnya ke Penangkaran: Kami Miliki Saudara dalam Wujud Lain

Sosok.ID - Memelihara hewan peliharaan memang suatu kebahagian tersendiri bagi sebagian orang.

Bahkan tak sedikit pula yang menganggap hewan tersebut sudah seperti anggota keluarganya sendiri.

Kasih sayang dicurahkan penuh seperti halnya anak ataupun saudara bagi hewan-hewan tersebut.

Tak jauh beda dengan kisah buaya berkaki lima di Polewali Mandar ini yang diyakini adalah kembaran anaknya yang lama hilang.

Baca Juga: Duduk Bersanding di Pelaminan dengan Istri Madu, Wanita di Bulukumba Viral Usai Antar Suami Nikah Lagi, Anak-anaknya Diajak Hadiri Pernikahan sang Ayah

Buaya berjari lima kembali muncul di Dusun Gusung, Desa Panyampa, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu (04/03/2020).

Sama seperti sebelumnya, buaya ditemukan oleh Jamaluddin (44), warga setempat, saat menangkap ikan. Bukannya takut, dia justru bahagia seperti bertemu anaknya yang lama tak pulang.

Uniknya, buaya tersebut jinak dan tak mau menyerang manusia.

Istri Jamaluddin, Hasnia, pun ikut senang dengan kedatangan buaya berjari lima itu.

Baca Juga: Mau Beli Sepatu Mahal Malah Dijutekin SPG, Adik Syahrini Tersinggung Sampai Mau Muntah Saat Dikasih Diskon: Belanja loh Bukan Mau Maling!

Seperti anaknya sendiri, buaya itu dipeluk, dicium dan dielus-elus pada bagian punggungnya.

Mereka menamai reptil karnivora itu dengan sebutan Ainun, nama yang biasa disandang seorang perempuan.

(KOMPAS.COM/JUNAEDI)
(KOMPAS.COM/JUNAEDI)

Buaya Berjari 5 yang Terperangkap Jaring Nelayan ini Diberi Nama Ainun

Hilang dan datang secara misterius

Kejadian penemuan itu bukanlah yang pertama kali dialami keluarga Jamaluddin.

Baca Juga: Banting Tulang Jadi TKI Malah Ditinggal Selingkuh, Pria Ini Robohkan Rumah Hasil Jerih Payahnya dengan Eskavator, Sempat Diajak Damai Tapi Tak Ada Hasil

Tahun lalu dan beberapa tahun sebelumnya, mereka juga menemukan buaya berjari lima yang sama.

Entah kebetulan atau tidak, buaya itu muncul menjelang bulan Ramadhan.

Hasnia dahulu menemukan buaya itu di atas lemarinya dan memeliharanya selama berbulan-bulan hingga kemudian hilang secara tiba-tiba.

Rabu (4/3/2020) kemarin, Jamaluddin menemukan buaya itu lagi di muara sungai di desanya.

Baca Juga: Makan Lesehean Sepiring Berlima Bareng Karyawannya, Nagita Slavina Cuek Taruh Tas Mewah Senilai Jutaan Rupiah di Lantai, Netizen: Dianggap Tas Kresek!

Seperti sudah kenal, Jamaluddin waktu itu menangkapnya tanpa ragu dan memasukkannya ke dalam styrofoam yang ditutup dengan jaring.

(KOMPAS.COM/JUNAEDI)
(KOMPAS.COM/JUNAEDI)

Buaya Berjari 5 yang Terperangkap Jaring Nelayan ini Diberi Nama Ainun

Yakin buaya Ainun adalah kembaran anaknya

Bukan hanya dianggap seperti anak, buaya Ainun bahkan diyakini sebagai saudara kembar anak pasangan Jamaluddin-Hasnia, Faisal (13).

Salah satu keanehan buaya itu, antara lain tidak mau dilepas ke alam.

Saat dilepas ke muara sungai, buaya itu justru mengarah ke tuannya.

Baca Juga: Negaranya Diduga Masih Bersih dari Kasus Virus Corona, Korea Utara Tak Segan-segan Bakal Tembak Warga China yang Berani Langgar Perbatasan Negara

"Itu memang kembaran anak saya yang sudah berulang kali datang dan pergi dari rumah. Karenanya saya memperlakukannya sama tak berbeda dengan anak saya lainnya,”jelas Jamaluddin.

Selain itu, jari yang berjumlah lima juga merupakan hal yang tidak biasa bagi buaya, sehingga mereka semakin yakin Ainun bukan buaya sembarangan.

Saudaranya, Nurharyani, juga menceritakan bahwa ada kerabat bermimpi akan hadirnya anak-anak yang harus dirawat seperti anak sendiri.

Diyakini, mimpi tersebut mengisyaratkan kehadiran buaya Ainun.

Baca Juga: Asyik Bercinta dengan Anak Tiri Sampai Suaranya Terdengar Suami, Wanita Ini Langsung Digugat Cerai, Sempat Bangga Akui Percintaannya Tanpa Risih

(KOMPAS.COM/JUNAEDI)
(KOMPAS.COM/JUNAEDI)

Buaya Berjari 5 yang Terperangkap Jaring Nelayan ini Diberi Nama Ainun

"Sebelumnya, salah seorang kerabat juga memimpikan seseorang yang menyampaikan pesan bahwa akan ada anak-anak yang datang di kampung kami, orang tersebut meminta agar anak itu dirawat layaknya anak sendiri," tutur Nurhayani meyakini.

Tidak akan diserahkan ke dinas terkait

Kemunculan buaya Ainun menghebohkan warga sekitar.

Warga kemudian beramai-ramai melihat langsung buaya tersebut.

Baca Juga: 10 Tahun Berjualan Baru Kali Ini Dikira Gubernur DKI yang Lagi Nyamar, Tukang Nasi Goreng Ini Mendadak Viral Gegara Wajahnya Mirip Anies Baswedan

Nurharyani pun memperkenalkan buaya Ainun sebagai seorang kerabat yang berwujud lain.

"Ini bukan buaya sembarangan, Pak, ini kerabat kami, kami berkeluarga memang memiliki beberapa saudara, namun dalam wujud yang lain " ungkap dia.

Mereka menyatakan tidak akan menyerahkan buaya itu kepada dinas terkait.

Baca Juga: Diancam Bakal Diperkosa dan Diculik Berkali-kali,Syifa Hadju Malah Cabut Laporan Polisi, Pelaku Teror Ternyata Alami Keterbelakangan Mental

Mereka yakin buaya akan hilang secara sendirinya ketika sudah melepas rindu bersama keluarganya. (Junaedi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diyakini Kembaran Anaknya, Buaya Berjari Lima Ini Selalu Datang dan Hilang Misterius"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya