Diduga Tagih Utang Rp 279 Juta, Mantan Tim Sukses yang Menangkan Bupati Ini Malah Diajak Baku Hantam, Videonya Saat Dipukul dan Dilempar Kursi hingga Babak Belur Viral

Jumat, 21 Februari 2020 | 16:40
Pixabay

Ilustrasi baku hantam

Sosok.id - Mencalonkan diri sebagai pemimpin memang diperlukan pengorbanan yang besar.

Bukan hanya materi, waktu dan tenaga pun juga terkuras selama masa kampanye.

Tim sukses yang kuat juga diperlukan untuk membantu mensukseskan pemilu.

Sebuah video yang memperlihatkan aksi duel Bupati Aceh Barat Ramli MS dengan sekelompok warga diduga penagih utang viral di media sosial.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Artis Kontroversial, Vicky Prasetyo Disebut Ahli Bidang Pariwisata Dan Perdagangan Hingga Nekat Maju Jadi Calon Wakil Bupati di Pilkada 2020

Peristiwa itu terjadi di Pendopo Aceh Barat, pada Selasa (18/2/2020).

Dalam video yang berdurasi 01.34 menit itu terlihat sebelumnya beberapa warga duduk semeja di Pendopo Bupati Aceh Barat menjelaskan terkait masalah uang, di tengah pembicaraan terjadi adu mulut hingga berujung adu jotos.

Setelah video itu viral, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat berencana melaporkan pelaku penyebar video tersebut.

"Pemkab Aceh Barat berencana akan membawa masalah ini ke ranah hukum. Akibat penyebaran video tersebut dinilai telah mencemarkan nama baik bupati dan pemerintah daerah," kata Kabag Humas Pemkab Aceh Barat Amril Nuthihar, Rabu (19/2/2020) dikutip dari Antara.

Baca Juga: 10 Tahun Ditutup Rapat, Sosok Penyebar Video Panas Ariel Noah-Luna Maya-Cut Tari Akhirnya Terungkap, Diduga Anak Pejabat Kepolisian yang Kebal Hukum

Ia menduga, video tersebut sengaja direkam menggunakan telepon seluler dan kemudian disebar luaskan melalui media sosial, sehingga menimbulkan kegaduhan publik di daerah ini.

Menurutnya, cara pelaku saat merekam kericuhan di pendopo diduga mengambil video untuk menunjukkan adanya pemukulan. Padahal, sambungnya, sama sekali tidak ada.

Diakuinya, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan ahli hukum terkait delik aduan yang akan dilaporkan kepada polisi.

Pemkab Aceh Barat berharap kepolisian dapat segera mengungkap siapa pelaku yang diduga merekam dan menyebarkan video itu ke publik, sehingga diharapkan kasus ini menjadi terang dan jelas nantinya.

Baca Juga: Mulan Jameela Diperolok Sebagai Pelakor, Dul Jaelani Iba dan Jengah Hingga Pasang Badan: Singkirkan Rasa Sinisme Kalian Pada Tante Mulan

Sebelumnya diberitakan, video aksi duel Bupati Aceh Barat Ramli MS dengan sekelompok warga yang diduga penagih utang menjadi viral di media sosial.

Dalam video yang berdurasi 01.34 menit itu terlihat sebelumnya beberapa warga duduk semeja di Pondopo Bupati Aceh Barat menjelaskan terkait masalah uang sehingga terjadi adu mulut hingga berujung adu jotos.

"Bupati tidak memukul duluan, dan sekarang kasus itu sudah dilaporkan ke Polres Aceh Barat oleh Zahidin yang mengaku sebagai korban," Kata Kabag Humas Pemkab Aceh Barat Amril Nuthihar saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu.

Menurut Amril, tiga saksi didampingi kabag humas telah melakukan klarifikasi sejak Selasa (18/02/2020) malam hingga dini hari di Polres setempat terkait aksi duel yang telah dilaporkan ke Polres setempat.

Baca Juga: Berdalih Cari Biaya untuk Pengobatan Ayahnya yang Sedang Sakit di Indonesia, WNI Ini Nekat Maling Masker di Hong Kong yang Kini Jadi Barang Langka dengan Harga Selangit Gegara Virus Corona

Video aksi adu jotos itu telah tersebar luas di jejaring media sosial. "Kami sudah mengklarifikasi tadi malam, dan kami dampingi tiga saksi hingga dini hari tadi," katanya.

Amril pun mengaku tidak mengetahui persis pemicu pertengkaran itu hingga berujung duel.

"Saya tidak tahu masalah utang seperti yang berkembang sekarang, tapi Bupati bukan yang memulai terjadi aksi adu jotos itu, " ujarnya.

Kronologi Kejadian

Baca Juga: Kondisi Mental Kim Jong Un Diketahui Dinas Intelijen AS, Presiden KorutItu Sampai Gugup Hingga Syok

Dihimpun dari berbagai sumber adu jotos tersebut terjadi di Pendopo Bupati Aceh Barat, Selasa (18/2/2020)

Perkelahian ini terjadi antara dua sahabat yang dulu pernah bersama yaitu; Ramli MS, Bupati Kabupaten Aceh Barat versus Zahidin, tim pemenangan Ramli saat maju sebagai Bupati Aceh Barat pada Pilkada 2017 lalu.

Peristiwa ini kabarnya dipicu persoalan hutang antara Ramli dengan korban.

Ramli disebut berhutang dana Rp 200 juta setelah unggul dalam Pilkada 2017 lalu.

Baca Juga: Disekolahkan dari Uang Hasil Peluh Jualan Gado-gado, Sosok Polisi Ini Reflek Cium Kaki Ayahnya saatTiba-tiba Datang JengukAnaknya Latihan Kerja

Dana itu digunakan Ramli untuk menyantuni anak yatim sebagai bentuk syukurnya, usai terpilih sebagai Bupati Aceh Barat.

Namun hingga kini atau memasuki tahun ketiga Ramli menjadi Bupati Aceh Barat, hutang tersebut tak kunjung dibayar.

Berdasarkan laporan polisi, Nomor: BL/29/II/2020/ACEH/Res ABAR/SPKT, tanggal 18 Februari 2020 menyebutkan.

Korban bernama Zahidin, seorang ustad atau mubalig. Dia beralamat di Gampong Darul Islam, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan.

Baca Juga: Dulu Sempat Ramai Dihujat Netizen Gegara Dianggap Ngajarin Mesum, Pedangdut Ini Ngaku Pernah Sampai Ditawar Mahal oleh Oknum Pejabat

Sebelum kejadian sekira pukul 18.00 WIB, pelapor bersama saksi Safrizal dan Tgk Azis menemui terlapor (Ramli MS) di Pendopo Bupati setempat.

Tujuan mereka menagih hutang kepada terlapor Rp 279 juta.

Saat pelapor dan saksi bertemu terlapor, terjadi adu mulut dan terlapor memukul pelapor di bagian wajah sebelah kiri dengan tangan.

Lalu, salah seorang rekan terlapor melempar kursi ke arah pelapor sehingga mengenai rusuk sebelah kiri pelapor.

Baca Juga: Diragukan Ilmuwan Karena Selamat dari Virus Corona, Terawan Sebut Khatulistiwa Berhutang pada Tuhan: Katakan pada Harvard untuk Datang ke Indonesia, Kami Membuka Pintu Selebar-lebarnya

Akibat kejadian itu, pelapor mengalami luka memar pada bagian pipi kiri dan luka memar di bagian rusuk sebelah kiri.

Atas kejadian tersebut, pelapor menderita sakit (pusing) di bagian kepala. Selanjutnya melaporkan kejadian ini pada SKPT Polres Aceh Barat.

Memang, apa yang dilaporan saksi korban Zahidin tak jauh beda dengan video (rekaman) yang kini beredar luas di masyarakat.(Sally Siahaan)

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Bupati Ini Baku Hantam dengan Mantan Tim Suksesnya, Dipicu Utang Rp 200 Juta saat Pilkada

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Tribun Medan

Baca Lainnya