Berbeda dengan Jakarta, Surabaya Kebanjiran Hanya 3 Jam Surut, Begini Rupanya Cara Bu Risma Mengatasinya

Kamis, 16 Januari 2020 | 16:17
Surya

Berbeda dengan Jakarta, Surabaya Kebanjiran Hanya 3 Jam Surut, Begini Rupanya Cara Bu Risma Mengatasinya

Sosok.ID- Sebagian kawasan di Surabaya kebanjiran.

Pasalnya hujan mulai mengguyur kotaPahlawan itu sejak pukul 17.00 WIB.

Walhasil banjir mulainampak di sana-siniusai satu jam hujan deras disertai angin.

Banjir mulai menggenangi sejumlah jalan protokol di wilayah barat ibukota Jawa Timur ini salah satunya adalah kawasan Mayjend Sungkono, Ketintang dan Darmo Park II Surabaya.

instagram

Foto Keadaan Pasca Banjir

Banjir di kawasan Mayjend Sungkono memiliki tinggi mencapai 1 meter dan mengakibatkan sebagian kendaraan terendam.

Beberapa kendaraan yang mencoba menerobos banjir pun mogok karena tidak mampu melewati genangan air yang cukup tinggi.

Baca Juga: Dipaksa Polisi untuk Mengakui Kejahatan Orang Lain, Remaja 16 Tahun Ini Terpaksa Habiskan 14 Tahun Masa Mudanya di Penjara untuk Temukan Bukti Bahwa Dirinya Tak Bersalah

Berbeda dengan Jakarta, banjir di Surabaya surut hanya dalam waktu 3 jam.

Walikota Surabaya,Tri Risma Harini mengatakan bahwa banjir yang mengenangi sebagian wilayah di Surabaya diakibatkan dari timbunan sampah yang tersumbat di saluran air hingga membuat saluran tidak mampu menampung air hujan.

Hal ini dibenarkan dengan keterangan dari Kepala BPB Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto yang mengatakan bahwa hujan deras terjadi sejak sore hari terjadi diikuti angin kencang.

Baca Juga: Tinggal Tulang Belulang Dibalut Jas Hujan Ponco, Warga Geger Temukan Kerangka Manusia dalam Posisi Duduk, Polisi: Hanya Menyisakan Rambut

twitter

Banjir Wilayah Surabaya barat

"Disini genangan air sekitar 1 meter. Setelah saya cek pengelola ruko pengelolaan sampahnya peru dievaluasi" Dikutip dari Kompas.

Ia juga membenarkan bahwa banjir di Surabaya surut dengan sangat cepat setelah hujan berhenti, kurang dari 3 jam aktivitas berjalan seperti semula.

Baca Juga: Kalah Rebutan Janda dengan Ayah Sendiri, Pria di Balikpapan Nekat Tikam sang Wanita Pujaan Hingga Tewas di Siang Bolong: Pilih Bapak Atau Aku!

Beberapa saat pasca banjir surut, nama Risma menjadi trending topic teratas di Twitter.

Sebagian besar netizen mengomentari kerja cepat Risma dalam mengatasi banjir yang mengenangi sebagian wilayah di Surabaya.

Risma juga langsung terjun ke lokasi banjir dan mengerahkan petugas kebersihan dan beberapa dinas terkait untuk membantu membersihkan sisa sampah yang terbawa banjir.

Risma juga terlihat membantu mengatur arus lalu lintas yang macet pasca banjir surut.

twitter

Risma Atur Lalu Lintas

Baca Juga: Dipaksa Polisi untuk Mengakui Kejahatan Orang Lain, Remaja 16 Tahun Ini Terpaksa Habiskan 14 Tahun Masa Mudanya di Penjara untuk Temukan Bukti Bahwa Dirinya Tak Bersalah

Sebagian besar netizen mengapresiasi Risma serta memberikan dukungan penuh untuk Risma.

twitter

Komentar Warganet

Seperti cuitan seorang netizen di twitter @jr_kw19 yang menyertakan video Risma tampak membantu mengatur arus lalu lintas hingga malam hari. Ia memuji kinerja Risma sebagai pemimpin yang berhasil membuat banjir surut dengan cepat.

Hal serupa juga disampaikan beberapa netizen twitter @a_arsono yang mengatakan "Bu Risma Oke" dan @rrrrawr yang mengatakan "Orang kalo amanah sama jabatan, emang beda kok. Hati & hidupnya buat rakyat, ga salah kalo di sayang sama semua warganya. Sehat2 nggih bu Risma"

Artikel ini pernah tayang di Grid Fame dengan judul "Begini Kalau Surabaya Kebanjiran, Bu Risma Malah Tuai Pujian Netizen dan Jadi Trending Twitter"

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : Surya

Baca Lainnya