Hukuman Mati Bakal Diterapkan Pada Koruptor, Wakil Ketua DPR Minta Presiden Maklumi Khilaf Korupsi Kecil-kecilan

Selasa, 10 Desember 2019 | 20:00
(Sekretariat Kabinet RI) dan (KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI)

Hukuman Mati Bakal Diterapkan Pada Koruptor, Wakil Ketua DPR Minta Presiden Maklumi Khilaf Korupsi Kecil-kecilan

Sosok.ID - Belakangan kabar terkait penerapan hukuman mati bagi para koruptor tengah jadi perbincangan hangat publik Tanah Air.

Banyak pro dan kontra yang terjadi terkait rencana penerapan hukuman mati bagi para koruptor yang baru saja direncanakan oleh Presiden Jokowi.

Salah satu sosok yang ikut berkomentar terkait rencana penerapan hukuman mati bagi para koruptor ini adalah Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco.

Baca Juga: Suami Sah Nikah Lagi, Wanita Ini Pilih Jadi Istri Siri Anggota DPRD, Tapi Ditelantarkan Usai Lahirkan Bayi Perempuan, Kini Hanya Bisa Ngemis Minta Keadilan

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco ikut bersuara terakait penerapan hukuman mati bagi koruptor yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sufmi Dasco mengatakan dirinya sepaham dengan Jokowi soal koruptor dikenakan hukuman mati.

Dikutip TribunWow.com dari Kompas.com, Selasa (10/12/2019), namun Sufmi Dasco meminta agar Jokowi tidak menghukum mati seluruh oknum koruptor.

Baca Juga: Terlalu Sibuk Bercinta dengan Selingkuhan, Polwan Cantik Ini Tak Sadar Telah Memanggang Anaknya Sendiri Hingga Tewas di Dalam Mobil Patroli yang Terparkir di Bawah Cuaca Terik

Ia mengatakan ada orang yang melakukan korupsi karena kekhilafan, dan korupsi tersebut juga dilakukan dalam skala kecil.

"Ya jangan disamaratakan. Kan juga ada kekhilafan ya... kecil-kecil gitu, lho," kata Dasco di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Namun Sufmi Dasco kembali menyatakan sikapnya yang sejalan dengan kebijakan Jokowi menghukum mati koruptor.

Baca Juga: Turun Motor Langsung Toyor Kepala Pasien yang Diduga Kabur Tak Bisa Bayar Tagihan, Petugas Security RS di Grogol Dituntut Publik Minta Maaf

Sufmi Dasco kemudian mencontohkan orang-orang yang mengkorupsi anggaran yang diperuntukkan oleh warga koban bencana alam.

Menurutnya hal tersebut adalah pelanggaran yang berat dan setuju agar tersangka korupsinya dihukum mati.

"Kalau itu saya setuju. Karena bencana alam adalah urgensi, ketika bencana alam, ada orang-orang yang susah dan menderita," kata Sufmi Dasco.

Baca Juga: Pernah Punya Skandal dengan Pemuka Agama 9 Tahun Lalu Hingga Frustasi Dihujat Jadi Pelakor, Pedangdut Ini Malah Dibully Saat Coba Bunuh Diri Sambil Live di IG

"Kalau kemudian bantuan atau pengelolaan anggaran itu dikorupsi, itu kelewatan. Saya setuju kalau itu," tambahnya.

Sufmi Dasco mengatakan pernyataan Jokowi adalah pernyataan tegas perang melawan korupsi.

Ia memuji keberanian Jokowi menyuarakan hal tersebut.

Baca Juga: Betah Nguli Selama 10 Tahun, Rupanya Wanita Cantik Ini Dapat Bayaran Fantastis, Bisa Kumpulkan Rp 25 Juta Hanya untuk Angkat Benda-benda Ini

Kendati demikian, Sufmi Dasco tetap meminta Jokowi untuk berpikir ulang untuk pemberian hukuman mati terhadap seluruh koruptor, karena tidak menurutnya tidak seluruh koruptor memiliki beban pelanggaran yang sama.

"Warning yang keras itu merupakan suatu sinyal bahwa Pak Presiden tidak akan pandang bulu dan akan tegas memberantas korupsi," kata Dasco.

"Itu yang pertama kehendak masyarakat, kalau masyarakat berkehendak seperti itu dalam rancangan UU pidana tipikor, itu (bisa) dimasukkan," papar Jokowi.

Baca Juga: Niat Uangkan Motor Curian, Pria Ini Malah Menjual Kembali ke Pemiliknya, Nasib Apesnya Menimpa Gegara Lakukan Cara Ini untuk Tawarkan Barang Curian

"Ya bisa saja kalau itu memang kehendak dari masyarakat, tapi tergantung yang ada di legislatif."

Sebelumnya terkait hukuman mati bagi para koruptor sempat disinggung oleh seorang siswa SMK bernama Harley Hermansyah dalam acara tersebut.

Saat itu Jokowi menghadiri pentas drama "Pentas Tanpa Korupsi" yang diselenggarakan di SMK Negeri 57, Pasar Minggu, Jakarta bersama sejumlah menteri.

Baca Juga: Kesal Ayamnya Tak Pernah Bertelur Selama 5 Tahun, Wanita Ini Jadi Kaya Mendadak Setelah Menyembelih Unggasnya Gegara Temukan Benda Seharga Rp 4 Miliar di Tubuh Si Hewan

Ia lalu meminta sejumlah siswa maju ke depan untuk mengajukan pertanyaan padanya.

Kesempatan itupun tidak disia-siakan oleh Harley Hermasyah.

Harley pun bertanya pada Jokowi mengenai penegakan hukuman yang tegas bagi koruptor saat acara peringatan Hari AntiKorupsi Sedunia yang diselenggarakan di sekolahnya.

"Kenapa negara kita dalam mengatasi koruptor tidak terlalu tegas? Kenapa tidak berani seperti di negara maju, misalnya dihukum mati?," tanya siswa kelas XII jurusan tata boga tersebut.

Baca Juga: Pura-pura Meninggal Selama 7 Tahun, Guru SD Ini Berhasil Kumpulkan Gaji Hingga Rp 435 Juta Tanpa Mengajar di Kelas, Begini Caranya!

Mendengar pertanyaan Harley tersebut membuat seluruh siswa di ruangan itu bertepuk tangan.

Jokowi kemudian mengungkapkan hukuman mati bagi koruptor dapat dilakukan apabila ada undang-undang yang mengaturnya.

"Ya kalau di undang-undangnya memang ada yang korupsi dihukum mati itu akan dilakukan, tapi di UU tidak ada yang korupsi dihukum mati," jawab Jokowi.

Baca Juga: Tanpa Sebab Pasti, Mahasiswi Cantik Ini Menghilang, Ketika Ditemukan Terkubur Membusuk di Belakang Kos

"Itu kita apresiasi walaupun mungkin untuk hukuman mati perlu kemudian ditimbang tingkat kesalahannya, seberapa berat yang dilakukan," tambahnya.

Jokowi Tegaskan Hukuman Mati untuk Koruptor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai menghadiri peringatan Hari AntiKorupsi Sedunia di SMK Negeri 57, Jakarta disinggung soal hukuman bagi para koruptor.

Dikutip dari tayangan YouTube tvOneNews, Senin (9/12/2019), presiden menyatakan apabila terdapat masukan dari masyarakat soal hal itu akan direalisasikan oleh pemerintah.

Baca Juga: Tanpa Sebab Pasti, Mahasiswi Cantik Ini Menghilang, Ketika Ditemukan Terkubur Membusuk di Belakang Kos

Namun hal tersebut tergantung pada keputusan dan mekanisme di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. (Anung Aulia Malik/Tribun Wow)

Artikel ini sudah pernah tayang di Tribun Wow dengan judul: Soal Hukuman Mati, Sufmi Dasco Minta Jokowi Maklumi Korupsi Kecil Kecilan: Kan Juga Ada Kekhilafan

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Tribun Wow

Baca Lainnya